Aspire One 531H, Netbook Tipis Dari Acer

24

acer

Halo Pembaca! Pada posting sebelumnya berikutnya, saya membahas tentang pameran komputer bertajuk APKOM JOSS 2009 yang diadakan di Diamond Convention Center tanggal 5-10 desember 2009. Bersamaan dengan adanya pameran komputer, babeh ternyata membutuhkan sebuah netbook untuk sarana belajar agar mampu mengoperasikan komputer dengan baik. Wah mumpung pameran nih! Langsung saja, hari kamis tanggal 10 desember yang merupakan hari terakhir ajang APKOM JOSS, saya dan babeh lansung menuju ke TKP APKOM JOSS untuk memilih netbook yang sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia. Babeh telah menetapkan budget untuk netbook dan printer adalah 4 juta, printer+ infus harganya sekitar 77ribu, jadi sisan anggaran untuk netbook hanya sekitaar 3,3 juta saja. Sampai di TKP, ternyata parkirnya hampir penuh! Ramai rupanya di hari terakhir pameran.

Setelah berkeliling sambil mengumpulkan brosur dari berbagai toko, saya dan babeh mulai memilih netbook sesuai. Secara umum, fitur yang dibawa tiap merk netbook hampir sama, hanya harga yang berbeda. Setelah memilah-milah dan konsultasi dengan mbah google, ada 3 kandidat terkuat, HP Mini Note, Dell Inspiron Mini dan Acer 531H. Ketiga netbook ini berada dikisaran harga yang sama, 3,3 jutaan, ketiganya juga dilengkapi baterai 6 cell dan bundle OS windows XP SP3. Karena HP tidak memiliki bluetooth internal, saya mencoretnya dari daftar kandidat netbook babeh. Tinggal tersisa Dell dan Acer, saya lebih memilih acer karna desain nya yang tipis sedangkan babeh lebih memilih Dell karena warnanya yang cerah dan menarik. Disinilah yang membuat lama, karena masing-masing kubu tidak ada yang maumengalah. Babeh ternyata tidak suka acer AO531H karena tuts keyboard yang lebih kecil dibanding Dell. Setelah negosiasi antara ayah-anak, akhirnya Acer AO 531h yang dipilih, harga 3,3 juta+Mouse. Btw, kenapa gak milih merk lokal aja kek axioo, forsa dll? Hm… merk lokal sebenarnya cukup menarik, dengan harga dibawah 3 merk diatas, kita dapat spek netbook yang lebih bagus, contohnya axioo pico, ada yang seharga 2,8jt dengan hardisk 250GB, baterai 6 cell. Saya dan babeh kurang suka desain netbook lokal ini.

Sampai dirumah, langsung deh saya oprek netbook-nya. Netbook Acer Aspire One 531H ini menggunakan prosesor Intel Atom N280 1,66GHz, 1GB Ram DDR2-PC5300, Harddisk Sata 160GB, Wlan a/b/g/n, bluetooth, card reader, webcam resolusi VGA serta bundle OS Windows XP Home SP3. Saya juga mendapatkan bundle antivirus Kaspersky 2009 untuk gratei berlangganan selama 1 tahun. Berikut tampang Acer AO531h…

aspire oneSaat mengoprek perlengkapan, saya tidak menemukan CD driver. Wah gawat nih kalo tar install ulang, pikirku. Langsung saja saya telepon toko tempat saya membeli, jawabanya? Hahahaha… ternyata AO531h ini memang tidak dilengkapi CD driver, karena di dalaam netbook tersebut telah ada partisi yang berisi master dari windows XP beserta aplikasi bawaanya. Desain netbook ini cukup cantik dan tipis, bagian depan terdapat tulisan acer dengan background warna merah maroon glossy. Keyboard AO531h ini cukup kecil, paling kecil jika dibandingkan HP Mini Note dan Dell Mini Inspiron, namun masih cukup nyaman digunakan untuk mengetik. Berikut tampang AO531h dari depan…

baterai

Baterai terlihat menonjol keluar jika dilihat dari belakang, namun menurut saya hal tersebut tidak terlalu mengganggu.

adaptor

Bentuk adaptor chargernya kecil, hanya seukuran hp siemens yang saya gunakan, A70.

Performa

Performa netbook ini gak beda dengan netbook kebanyakan yang sama-sama menggunakan prosesor Intel Atom. Performa Intel Atom sendiri seperti apa?? Kalo soal performa, tentu saja Atom ini memiliki performa terbatas, karena prosesor ini ditujukan untuk penggunaan standar (office, internet dan editing ringan). Seseorang di forum pernah membandingkan Atom dengan Pentium 4 northwood 2,4Ghz HT, menurut dia, Atom hanya sedikit lebih lambat di bandingkan P4HT. Saya belum pernah melakukan , namun saya hanya menggunakan feeling aja, menurut saya, Atom cukup mumpuni untuk urusan office dan keperluan komputasi ringan.

Kesimpulan

Netbook Acer Aspire One 531H ini merupakan netbook yang cukup kompetitif dan memberikan kelengkapan fitur yang sesuai dengan harganya. Fitur yang dibawa cukup lengkap serta daya tahan baterai yang cukup lama. Salah satu kekurangan netbook ini adalah ukuran keyboardnya yang kecil, meski begitu, masih cukup nyaman bagi saya. Selain itu, netbook ini telah dibundle dengn OS Windows XP Home SP3, yang bagi sebagian orang merupakan salah satu kelebihan. Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat. Salam!

24 COMMENTS

    • @reza
      secara kualitas sie sama bro, cm layanan after salesnya yang beda… ane se lebih prefer Acer ini, tergantung selera juga sie. Kelebihan HP Mini note, tuts keybord nya lebar, jd enak ngetiknya, kekuranganya sie keknya HP lum da bluetooth nya kalo gak salah… ente suka yang mana emang??

  1. kk , itu saya baca dari artikel nya bahwa..

    “ternyata AO531h ini memang tidak dilengkapi CD driver, karena di dalaam netbook tersebut telah ada partisi yang berisi master dari windows XP beserta aplikasi bawaanya”

    .. itu gmn cara recovery dari awalnya? ada tombol khusus ??

    tolong dijawab ya kk. sms 085693529394 plzzz klo bisa, butuh recovery nih, netbook ku dah kemasukan yang aneh2 T_T..
    plz help

    • @irma
      kalo yang dimaksud drivernya, silahkan instal terlebih dahulu drivernya. jangan lupa jika akan menggunakan wifi, hidupkan dulu modulnya di kiri bawah keyboard. jika wifi aktif, ada led indikator berwarna orenge menyala… 🙂

  2. wah..
    punya mas warna merah..saya yg itemnya mas…
    hha*

    emang asik mas…pake tas kecil masuk dianya..
    jd comfort dbawa kmana mana..
    🙂

  3. saya punya acer aspire one….trus mau d format tpi ga ada cd drivernya…trus gmna tuh??emang setiap pembelian netbook acer aspire one ga ada cd drivernya ya??

    • @ferry
      iya, saya juga gak dapat driver kok.. tapi kan udah dibikinin image nya di hardisk, tinggal tekan alt+f10 pas boot kalo mo instal ulang. oya, driver dapat di download di situs resmi acer…

  4. Saya tahu ini postingan lama, sekedar sharing, bagi yg tertarik dgn OS linux, netbook Acer AO 531H dan 532H, tested di Ubuntu 10.04 (Lucid lynx) semua jalan ga usah install driver apa2 lagi (out of the box) dari Webcam, trackpad, Wifi, ethernet, Display, pokoknya semuanya. Pakai modem 3G Huawei E220 (Vodafone) maupun E620 (Paket broadband 3, tertulis di body e1550 kalo ga salah) tinggal colok, dan set APN nya, langsung connect. browsing di Ubuntu lebih cepat.

    • @budirj
      nice sharing bro!!! saya juga pengguna notebook ini 😀 pake pclinuxos gnome juga gak perlu instal macem2 lagi 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here