Menjajal Windows XP SP2 X64 Edition

37

x64

Setelah sebelumnya saya ceritakan perjuangan mati-matian (halah!) untuk mendapatkan intaller win XP x64, kini saatnya menceritakan bagaimana ‘rasa’ OS 64bit ini. sebenarnya tidak ada alasan khusus saya mati-matian download OS ini, hanya saja performa OS win XP SP2 yang telah terinstal telah menunjukan gejala-gejala minta diinstal ulang. Saya merasa bosan dengan OS win XP yang itu-itu saja, namun setelah saya mendengar cerita adek tingkat saya mengenai OS win XP x64, saya tertarik dan kini telah tersedia installernya. Installer yang saya miliki adalah versi ‘pak tani’ aka b*jakan, downloadnya aja dari situs yang agak serem, hehehe… banyak pop-up hot-nya, hahahaha…! Di artikel ini saya tidak melakukan benchmarking tapi hanya dengan feeling, karena saya masih terlalu sibuk mengerjakan tugas kuliah yang banyaknya tidak berprikemahasiswaan, hehehe… Saya berkata demikian agar nanti pembaca tidak protes seperti posting sebelumnya, tapi percayalah jika saya memiliki modal dan waktu yang cukup, saya akan lakukan sendiri benchmarking apapun yang dibahas di blog ini. btw kapan punya modalnya yak? Modal-madul sih iya! Hahaha…

Oke setelah instaler win XP x64 sampai dirumah, saya segera ekstrak dan burn to cd. Setelah itu saya menginstal XP x64 sampai pada saat saya diminta memasukan serial number, setelah saya masukan serial number apa yang terjadi? Tidak valid! Waduh gimana ini baru setengah instalasi dudul! Saya teringat saat mengekstrak file iso milik win XP x64 terdapat keygen serial numbernya. Tapi bagaimana caranya? Keygenya di hardisk sedangkan saat itu OS yang masih bisa dijalankan hanya linux, emang bisa linux jalanin keygen? WINE! Saya ingat wine bisa jalanin keygenya adobe master collection tentu juga bisa jalanin keygenya win XP x64. Apa yang terjadi setelah masuk linux? Ternyata partisi dimana keygen berada tidak dapat dimount dan saya coba force lewat shell bash, hasilnya sama. Hanya ada satu cara, yaitu menginstal win XP 32bit dan jalanin keygen win XP x64 kemudian catat serial numbernya. Tapi kan memakan waktu lama? Duh kenapa gak dicoba dulu di virtual box saat win XP 32bit masih ada? Akhirnya saya memutuskan untuk menginstal Vista saja, karena di komputer saya, instalasinya cukup cepat, sekitar 30 menit. Setelah menginstall vista, saya langsung menjalankan keygen win XP x64 dan mencatat serial numbernya (pembajak banget ye!). Setelah itu segera saya lakukan instalasi win XP x64 dan ketika diminta memasukan serial numbernya, saya memasukan serial dari keygen yang telah saya catat, ternyata valid! Kemudian instalasi berjalan seperti biasa. 45 menit kemudian instalasi selesai, saya mendapati tampilan desktop yang sama dengan windows XP 32 bit hanya berbeda wallpapernya. Setelah itu langsung saya instal berbagai driver yang dibutuhkan sistem dan program yang saya perlukan.

dxdiag

dx diagnostic x64

sistem-propertis

 

Diatas adalah tampilan sistem properties sistem saya yang menggunakan windows XP x64. dari keterangan diatas terluhat bahwa windows XP x64 dikembangkan dari windows server 2003 64 bit (atau sebaliknya?). Setelah beberapa hari menggunakan windows XP x64 saya dapat mengambil kesimpulan bahwa OS ini sedikit lebih cepat dari sodaranya, windows XP 32bit. Mengapa hanya sedikit? Karena dari aplikasi yang sering saya gunakan (photoshop, corel, premiere, super 2008) tidak terdapat perbedaan kecepatan yang berarti (apa karena aplikasinya 32bit?). Perbedaan terasa ketika saya memainkan Call of duty 5:World at war dan beberapa game lainya yang terasa lebih cepat. Di COD5, ketika terjadi ledakan dahsyat dan full asap terjadi lag yang amat sangat mengganggu saat memainkanya di win XP 32 bit. Saat memainkan COD5 di win XP x64, terasa lebih cepat, ledakan dahsyat pun terasa lancar/lag masih dapat ditoleransi (saya menggunakan onboard radeon HD3200). Di COD4 pun demikian, lebih enteng. selain itu perpindahan menu-menu di lingkungan desktop terlihat lebih responsif. Terus kelebihanya apa dong? Yah terlihat keren aja, lain dari yang lain, x64 Edition gitu,hehehe….

Kesimpulanya, OS ini memang sudah ketinggalan jaman karena munculnya generasi baru (vista dan win 7). Namun menurut saya OS ini lebih nyaman dibanding windows XP 32bit yang dulu saya pakai. Mungkin berikutnya saya akan mencoba menggunakan windows vista 64bit edition, namun tidak dalam waktu dekat, karena saya tidak memiliki instalernya, jika donlod di situs langganan ukuranya mencapai gigabyte, menyeramkan bagi pelanggan warnet seperti saya. Oya sebenarnya saya telah mencoba windows 7 beta build 7000 dan telah saya buat artikelnya, namun saya belum sempat mengupload ke blog ini, mungkin waktu dekat ini… dah dulu yah, see u!

37 COMMENTS

  1. Saya sudah mencoba Windows 7 x-64 dan hasilnya sangat memuaskan…meskipun masih terdapat banyak BUG….Tapi untuk kecepatan memang lebih cepat..Untuk software juga lebih banyak yg compatible…untuk game juga HDR dan tekstur juga depth of Fieldnya lebih terasa,,,dan yg paling penting …lebih ringan daripada windows vista…untuk yg mau share silahkan YM ke sulivan_s58…

    • @gde
      setau saya prosesor celeron tidak mendukung… karena tidak memiliki set instrusi x86_64/AMD64 yang digunakan untuk menjalankan windows xp x64. spek lain sudah oke…..

  2. Aq uda pake win xp x64 coz emg dr awal beli dah terinstall,tp masi sp 1.trus kalo mw maenin game kyk farcry 2,ma xblades apa harus update y?coz aq dah coba install tp g bs.

  3. Kebetulan saya menggunakan win xp 64 bit original. Secara umum memang tidak ada kelebihan berarti dibandingkan dengan yang 64 bit, malahan saya pikir kita lebih direpotkan karena harus mencari driver hardware kompute kita yang kompatible dengan OS 64 bit (meski sebenarnya ada beberapa driver hardware 32 bit yang kompatible dengan 63 bit).

    Pada awalnya memang menyenangkan karena saya berasumsi bahwa 64 bit pasti lebih cepat dari 32 bit karena sudah sesuai dengan platform processor yang sudah 64 bit. Namun ternyata sama seperti yang disampaikan penulis sebelumnya bahwa tidak ada beda signifkan dalam hal performa kecepatan antara 32 dan 64 bit.
    Jadi menurut saya, lebih baik langsung meloncat ke Win 7 64 bit karena dari sisi tampilan lebih baik daripada XP 64 bit.

  4. Permasalahannya adalah win 7 msh banyak program yg ga kompatibel….ga tau..mungkin masalah di kernelnya….ini yg membuat win 7 termasuk produk gagal.

    • @endrianur
      setau saya, win 7 salah satu produk yang sukses dipasaran.. Vista yang lebih tepat disebut produk gagal 🙂

  5. sekalipun gunakan mesin 64 bit, tapi saya ttp nyaman aja dgn OS XP SP3 versi 32 bit. pernah suatu kali dibandingkan, selisihnya dikit banget.. kuncinya ada di memori. kalo emang soal alokasi memori yg jd keunggulan mesin 64 bit, itu berarti mesin tersebut baru ada gunanya kalo punya RAM di atas 4 Gb.

  6. mas bisa kirim cd master x64 nya ga? Mw dunlut gak kwat wa kapasitasx…karna rencananya saya mw buat dualboot. X64 ma Win7…tolong ya mas brapa biayanya?

  7. itu download nya gmn gan?
    apa mesti daftar dl?
    trs aq udah download master xp 64bit,tp kenapa autoplay nya sll rusak ya?
    “win 32 not application”
    tau g itu kenapa ya?? uda tak burning itu
    makasih sebelumnya

  8. slm, buat smua.. mw minta tlg nih gan, bwt smuanya.. saya pake windows xp x64, saya pasword administrator nya.. krna saya jarang di rumah dan jarang buka PC, jadinya saya lupa paswordnya… tolong donk buat semuanya solusinya cara nembus pasword administrator di windows xp x64 . . . trmksh sblmnya…

  9. saya mencoba instalasi win XP64 bit tetapi berhubung laptopnya baru model HP 430 cari CD yg 64bit SATA tidak ada. lalu saya akali pake N-Lite bikin CD sendiri. Namun sekarang saya ada masalah di Device Manager dimana drivernya sebagian tidak kebaca dengan baik. Walupun VGA, LAN< suara sudah bekerja namun tetap saja ada tanda kuning pada Device managernya. Bagaimana pendapat teman2 yg sudah pintar. Siapa yg bisa bantu saya neh perlu sekali nanti ada biayanya gpp deh

  10. bang saya pingin upgrade ram sampe 4GB, tapi pingin tetep pake xp2. kata temen ane xp2 64bit jalan keluarnya, secara kalo yg 32bit max cuma 2gb ram maksimal.
    gimana pendapat abang?

    spec kompi ane :

    System Manufacturer: Gigabyte Technology Co., Ltd.
    System Model: G41MT-S2P
    BIOS: Award Modular BIOS v6.00PG
    Processor: Pentium(R) Dual-Core CPU E5700 @ 3.00GHz (2 CPUs)
    Memory: 2046MB RAM
    Card name: NVIDIA GeForce GT 220
    Manufacturer: NVIDIA
    Chip type: GeForce GT 220
    Display Memory: 1024.0 MB
    Current Mode: 1280 x 1024 (32 bit) (60Hz)
    Monitor: Plug and Play Monitor
    Monitor Max Res: 1600,1200

    • @izach

      xp 32bit bisa kok pake ram 4GB, tapi tar hanya kedetek 3,5 GB. Ya solusinya pake win xp yang 64 bit, btw gak pake win 7 x64 aja?

  11. Sekedar sharing. Aku pernah running win 7 32 bit dan 64 bit pake HP 3300 series MT yg RAM sudah 4 GB. Kendala utama pada Win 7 64 bit adalah kompatibilitas, bahkan downlod driver dari web HP ternyata tidak menjamin kompatible. PC yang aku gunakan malah BSOD setelah install driver graphic adapter Intel 64 bit, jadinya balik lagi 32 bit.
    Mungkin ada solusi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here