Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 – Halo Pembaca! Nggak cuma Pemilu dan Pilpres 2019, saat ini Xiaomi Redmi Note 7 emang lagi jadi bahan perbincangan. Redmi Note 7 ini adalah smartphone perdana Redmi yang kini sudah merdeka dan menjadi subbrand dari Xiaomi. Kamera dengan resolusi 48 megapiksel dan ditenagai chipset Snapdragon 660 AIE dengan harga yang sangat kompetitif membuat popularitas Redmi Note 7 melejit, ngalahin elektabilitas capres kemaren dah! hahahaa… Gimana nggak, spek gahar begini cuma dijual dengan harga mulai Rp 1.999.000!

Selain dilengkapi dengan kamera belakang 48MP, smartphone ini juga ghoib kayak Redmi Note 5 dulu hahahaha… Pendukung 01 maupun 02 pasti sepakat kalau Redmi Note 7 ini ghoib, ye kan? wkwkwkw… Pas flash sale, itungan detik langsung ludes. mencoba beli offline via Mi Store, stoknya juga masih terbatas. Beruntung, Tuxlin Blog kemarin dapat Redmi Note 7 pas flash sale! Pasti pembaca Tuxlin penasaran kayak gimana sih kameranya? Simak review kamera Xiaomi Redmi Note 7 oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Spesifikasi kamera belakang yang meningkat pesat emang menjadi hal yang menonjol pada review Xiaomi Redmi Note 7. Seperti yang udah Tuxlin Blog ulas sebelumnya, Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro mengusung spesifikasi kamera belakang yang sama persis, meski karakter hasil jepretannya berbeda. πŸ€” Bagaimana dengan Redmi Note 7?

Xiaomi membekali Redmi Note 7 dengan kamera belakang dengan resolusi 48 megapiksel! Sensor yang digunakan adalah Samsung ISOCELL Bright GM1 yang berukuran 1/2 inci 0,8um piksel. Sensor ini dilengkapi dengan teknologi quad bayer filter dan tetracell yang menggabungkan empat buah piksel menjadi satu piksel besar 1,6um piksel yang menghasilkan foto berkekuatan 12 megapiksel! 😎

Itulah kenapa secara default kita motret pakai Redmi Note 7 hasil fotonya cuma beresolusi 12 megapiksel, karena penggabungan piksel dari teknologi tetracell itu tadi genks. kenapa musti digabung sih? Konon katanya gabungan empat piksel menjadi satu piksel berukuran besar dapat menyerap cahaya lebih banyak. Tentu saja hal ini bikin foto makin detail dan josss… Apalagi kondisi low-light. 😍

Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 7 di Sini (Klik)

Selain itu, kamera Redmi Note 7 ini dilengkapi lensa aperture f/1.8, serta ditandemkan fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan didukung LED flash. Sedangkan kamera kedua berkekuatan 5 megiksel yang berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh saat portrait mode.

Kalau ngomongin kamera depan, jelas pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Redmi Note 6 Pro! Redmi Note 7 cuma mengandalkan kamera depan berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor OmniVision OV13855 dengan lensa aperture f/2.0. Jelas, soal selfie masih unggul pendahulunya si Redmi Note 6 Pro. Baik kamera depan maupun kamera belakang udah dilengkapi fitur AI (Artificial Intelligence). Sayangnya nih, Xiaomi Redmi Note 7 belum bisa merekam video 4K, cuma mentok di full HD saja. πŸ˜₯πŸ˜₯

Antarmuka & Fitur Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Antarmuka & Fitur Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 oleh Tuxlin Blog kali ini, aplikasi kamera bawaannya masih sama dengan generasi sebelumnya, yakni MIUI Camera. Fitur yang dibawa MIUI Camera di Redmi Note 7 ini juga nggak jauh berbeda dengan pendahulunya, cuma ada tambahan beberapa fitur baru seperti Night mode dan mode 48MP.

Aplikasi kamera Redmi Note 7 ini hadir dengan tampilan viewfinder yang diapit oleh dua menu pada sisi kanan dan kirinya. Sisi kiri terdapat pengaturan LED flash (On, Off, Auto, dan Torch), HDR (On, Off, dan Auto), efek filter, dan tombol untuk mengakses mode. Sedangka pada sisi kanan terdapat beberapa mode yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni Short Video, Video, Photo, Portrait, Night, Square, Panorama, dan manual.

Baca juga: Gaming dan Editing Menjadi Murah dengan Laptop Terbaru Ini!

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 1

Mode yang disediakan pada pada aplikasi kamera Redmi Note 7 ini sama dengan smartphone Xiaomi lainnya, seperti mode Timer, Straighten, Beautify, Tilt Shift, HHT, dan Scene. Mode Scene terdapat beberapa opsi seperti Portrait, Landscape, Sports, Night, Night Portrait, Beach, Snow, Sunset, Fireworks, Backlight, dan Flowers.

Nah yang menarik bagi Tuxlin Blog adalah hadirnya mode manual yang lengkap di review kamera Xiaomi Redmi Note 7 kali ini! 😍 Mode manual di Xiaomi Redmi Note 7 ini menyediakan banyak opsi yang bisa diatur, sebut saja ISO (hingga 3200), White Balance, Shutter Speed (hingga 32s), dan Focus distance… Keren kan? Selain itu, di mode ini kita juga bisa aktifin mode 48MP lho… 😎

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 2

Sedangkan fitur lain yang terdapat pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 ini antara lain adalah image adjustment (Contrast, Saturation, Sharpness), Face detection, Anti banding, camera frame, kualitas gambar, gridlines, dan banyak lagi.

Penasarankan dengan hasil foto atau jepretan pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 ini?  Foto telah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar lebih mudah proses unggahnya.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 7

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Anda mungkin suka:Review Kamera Asus Zenfone Max Pro M2: Meningkat Signifikan!

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 HDR

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 HDR
HDR Off
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 3

Mode HDR (High Dynamic Range) pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 ini memang menghasilkan perbedaan signifikan, terutama pada bayangan di area jendela. Namun, saturasi warnanya terkena dampak dan menjadi lebih putih dari aslinya. πŸ™„

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 12MP vs 48MP

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 12MP vs 48MP
Sampel 1
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 12MP vs 48MP
Sampel 1 di-crop (12MP)
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 12MP vs 48MP
Sampel 1 di-crop (48MP)

Meski secara default kamera Redmi Note 7 menghasilkan foto 12MP, kita tetep bisa jepret dengan mode 48MP melalui mode manual atau pro. Terus hasilnya? Berdasarkan foto di atas, mode 48MP ini menawarkan perbedaan yang nggak terlalu signifikan gaes!

Tuxlin Blog nggak sarankan pakai mode 48MP, mengapa? Perbedaan detail dan kualitas nggak jauh beda, tapi ukuran file fotonya jauh berbeda. Mode 48MP sekali jepret 12 – 15MB, kalau mode 12MP sekali jepret paling 3 – 5MB. πŸ€”

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 Siang Hari

Saat siang hari, kamera belakang Xiaomi Redmi Note 7 memang mampu menghasilkan kualitas foto yang mantap, tetapi nggak signifikan jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya seperti Redmi Note 6 Pro dan Redmi Note 5. 😢

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 Portrait Mode

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 13
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 14

Mode portrait yang diusung oleh kamera belakang Xiaomi Redmi Note 7 ini lumayan rapi separasi subyek dengan background-nya. Efek blur atau bokehnya juga nggak lebay… 😎

Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 7 Macro

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 15
Sampel 1 macro
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 16
Sampel 1 macro di-crop

Foto macro pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 cukup memuaskan Tuxlin Blog gaes! Fokusnya akurat dan detail yang ditangkap terbilang tinggi. Hasil crop di atas, tubuh laba-labanya terlihat cukup detail πŸ˜πŸ‘

Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Pendekar Bermata Tiga!

Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 7 Malam Hari

Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 7 Malam Hari
Sampel 1 malam hari
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 26
Sampel 1 malam hari di-crop

Foto malam hari atau low-light dari kamera 48MP besutan Xiaomi Redmi Note 7 ini terbilang mantap dan lebih bagus ketimbang Redmi Note generasi sebelumnya. Detail yang ditangkap juga udah di atas rata-rata smartphone di kelasnya. πŸ€”

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 Night Mode

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 Night Mode
Night mode off
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 7 Night Mode
Night mode on

Mode Night yang disematkan di Xiaomi Redmi Note 7 memang cukup membantu memotret saat kondisi low-light. Namun, hasilnya masih belum memuaskan dan perlu ditingkatkan lagi menurut Tuxlin πŸ€”

Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 7 Malam Hari dengan LED Flash

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 36
LED flash off
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 37
LED flash on

LED flash bawaan Xiaomi Redmi Note 7 ini lumayan terang dan sangat membantu untuk memotret dengan kondisi cahaya yang sangat gelap seperti di atas. πŸ˜€

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 7

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 42
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 43
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 44

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 7 Portrait Mode

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 45
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7: 48MP Bersensor Samsung GM1 46

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi Note 7 Full HD

Anda mungkin suka:Review Kamera Samsung Galaxy M20: Mantul dengan Lensa Wide Angle

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Awalnya, Tuxlin Blog berharap kamera Redmi Note 7 ini bakal spektakuler dan mengalami kemajuan pesat jika dibandingkan dua pendahulunya. Namun setelah menggunakan selama kurang lebih 2 minggu, tampaknya hasilnya nggak sesuai harapan Sob! Bukannya jelek, tapi peningkatannya nggak terlalu signifikan daripada Redmi Note 6 Pro. Malah kamera depannya nggak sebagus pendahulunya itu.🀨

Satu hal lagi, Xiaomi musti meningkatkan performa dan optimasi MIUI Camera-nya di Redmi Note 7. Tuxlin Blog sering mengalami aplikasi kamera mendadak tertutup saat memotret menggunakan mode 48MP. Semoga ini bisa diperbaiki di upgrade MIUI masa mendatang.

Hasil jepretan pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 kali ini sebenarnya memuaskan, tetapi masih belum sesuai dengan perkiraan Tuxlin Blog. Saat siang hari, warna yang dihasilkan cukup natural. Ketika AI diaktifkan, warna jadi lebih vivid. Sayangnya, detail yang dihasilkan masih kurang joss menurut Tuxlin. Saat di zoom, kadang kelihatan efek cat air. Masih kalah kalau dibandingkan Redmi Note 6 Pro atau bahkan Mi A2 yang sensornya lebih kecil.πŸ˜’

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi S2 dengan Sensor Sony IMX486

Mode HDR yang diusung oleh Redmi Note 7 ini mampu mendongkrak dyinamic range dan mengoreksi bayangan yang terlalu gelap. Sayangnya, mode HDR ini tampak berdampak pada saturasi warna yang jadi agak pudar atau menjadi terlalu putih dari aslinya.

Kecepatan fokus kamera Redmi Note 7 ini laik mendapat acungan jempol genks! Saat digunakan untuk memotret macro, fokusnya cepat dan akurat. Hasil jepretan macro Redmi Note 7 ini memuaskan dan anehnya, detailnya bagus. πŸ€” Mode portrait Redmi Note 7 ini nggak jauh berbeda dengan Redmi Note 6 Pro, sudah cukup rapi di kelasnya.

Saat malam hari atau low-light adalah salah satu keunggulan pada review kamera Xiaomi Redmi Note 7 kali ini. 😎 Ukuran sensor yang besar dengan teknologi tetracell tampaknya berbicara di sini. Hasil jepretan malam hari Redmi Note 7 ini terbilang detail, warnanya nggak pudar, dan noise masih aman terkendali.

Xiaomi juga membekali Redmi Note 7 dengan Night mode yang cara kerjanya menjepret 8 foto sekaligus dengan eksposure yang berbeda dan digabung jadi satu. Mode ini memang efektif membuat foto lebih terang dalam kondisi yang memang sangat minim cahaya, meski detailnya merosot dan noise terbilang tinggi.

Kamera depan Xiaomi Redmi Note 7 ini sebenarnya terbilang B aja menurut Tuxlin Blog karena fotonya cenderung soft dan kadang warnanya agak pudar. Mode HDR pun nggak sebagus Redmi Note 6 Pro. Meski demikian, kamera depan Redmi Note 7 ini bisa diandalkan lho untuk foto selfie ditempat minim cahaya. πŸ€”

Secara umum, kamera Xiaomi Redmi Note 7 ini memang menawarkan kemampuan yang oke dengan hasil jepretan di atas rata-rata ponsel di kelasnya. Performanya saat kondisi low-light juga sangat bisa diandalkan.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, peningkatan kamera belakangnya nggak terlalu signifikan. Bagi penggemar foto selfie tanpe mempertimbangkan aspek lain, mending angkut Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang jelas kamera depannya lebih baik dari Redmi Note 7. Sampai di sini dulu review kamera Xiaomi Redmi Note 7 kali ini, semoga bermanfaat πŸ™‚

Anda mungkin suka:Review Kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Andal untuk Selfie!

6 COMMENTS

  1. kalau menurutku sih iya…. Soalnya resolusi 48MP nggak serta merta bikin kualitas meningkat pesat. Malah, pakai teknologi tetracell, resolusinya jadi 12MP. Kualitas jepretan secara umum oke kok di kelas menengah πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here