Review Lumia 430, Ponsel Windows Phone Termurah

24

Tampilan Antarmuka Ponsel Lumia 430

Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog12 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog13 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog22

Ngomongin ponsel Lumia, nggak bisa dilepaskan dari Windows Phone yan merupakan sistem operasi besutan Microsoft. Antarmuka Lumia 430 ini jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan smartphone yang dulu direview Tuxlin, yang mana rata-rata menggunakan OS Android. Ponsel dengan OS Windows Phone 8.1 dengan update Lumia Denim ini hadir dengan antarmuka yang disebut dengan LiveTile UI.

Ponsel ini menyediakan Lockscreen dengan wallpaper yang dapat diganti sesuai selera. Di Windows Phone tidak ada menu drawer, melainkan Start Screen seperti screenshot tengah di atas. Sedangkan daftar aplikasi yang terinstal di Lumia 430 dapat diakses dengan menggesek layar Start Screen dari kanan ke kiri.

Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog14 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog15 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog20

Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog17 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog18 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog23

Ponsel Lumia 430 ini telah hadir dengan beberapa aplikasi bawaan, antara lain adalah BBM, Line, Flipboard, HERE Maps, HERE Drive+, dan aplikasi layanan Microsoft. Windows Phone memiliki aplikasi Music untuk memutar musik dan Video untuk memutar video. Aplikasi Music bawaan Lumia 430 ini sama seperti yang ada di Lumia 520, cukup mudah digunakan tetapi fiturnya kurang.

Tidak disediakan fasilitas equalizer. Tampilan kontak dan aplikasi dapat disortir berdasarkan huruf depannya untuk akses cepat pengguna, seperti pada screenshot kanan bawah di atas. Sayangnya, tampilan menu Settings agak rumit karena menyediakan banyak opsi yang tidak ditampilkan secara berurutan/dalam kategor, sera tidak bisa disortir seperti tampilan kontak.

Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog25 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog26 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog27

Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog19 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog21 Screenshot Lumia 430 Tuxlin Blog28

Salah satu hal yang Tuxlin suka dari Windows Phone adalah disediakan aplikasi Office mobile yang terdiri dari PowerPoint, Word, dan Excel. Tak seperti Office di Android, Office di Windows Phone ini dapat menyimpan file dokumen langsung di memori ponsel. Meski demkian, kemampuan Office mobile ini masih terbatas.

Internet Explorer adalah browser default Lumia 430 yang memiliki kinerja yang cukup gegas. Tak banyak pilihan browser bagus di Windows Phone 🙂 Bagi pengguna yang baru pertama kali pegang Lumia atau Windows Phone, perlu sedikit penyesuaian dan adaptasi agar lancar 🙂

24 COMMENTS

  1. Wah, nama saya disenggol disini, hehe.

    Tentang frame samping yang lebih tebal mungkin bisa dilihat di image ini bagaimana bentuknya, beda antara 2 ponsel ini paling sekitar 1mm tapi sangat berasa “perasaan lebih kokohnya” yang 435 saat dipegang, apalagi dengan sudut siku di keempat ujungnya.

    https//goo.gl/F9R3PK

    Realitanya sih sama2 kokoh, hanya lebih tebal dan sudut siku itu saja pembeda “perasaan kokohnya”, tetapi soal kenyamanan dipegang masih lebih nyaman 430 dibanding 435.

  2. wah akhirnya di review jg.
    oiya mas, untuk awal pemakaian apakah harus ada Wifi buat update aplikasinya atau bisa ditunda dulu updatenya ?

  3. bang Tuxlin, layar 430 kalau dipasangin tempered glass berpengaruh kagak ? biar awet 🙂
    kalau dipakaiin tempered glassnya 435, samakah bentuk dan ukurannya ?
    thx

  4. Bro, bagaimana caranya kok bs daya tahan baterai awet sampai seharian lebih. Saya pakai single sim mode 3g bertahan 9 jam lebih doang. Pemakaian line bbm, itu jg krg aktif.

    Udh pakai mode batery saver. Kurangi kecerahan dan lain lain

    • Nah BBM nya tuh yang boros baterai gan… Saya nggak pakai BBM di Lumia soalnya… Dulu pas pakei Lumia 520 dengan BBM malah cas dua kali sehari 😆

  5. Gan lumia 430.ku kok sering restart sendiri yaa. Apalagi pas lagi sibuk hpnya buka semua sosmed. Tp skrg wlpun g d pake srg diem2 restart sendiri. Gimna dong gan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here