Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review ZNT ThunderBar, Speaker Bluetooth 200 Ribuan Tahan Air yang Enak!

4 min read

Review ZNT ThunderBar, Speaker Bluetooth 200 Ribuan Tahan Air yang Enak! 1

Review ZNT ThunderBar, Speaker Bluetooth 200 Ribuan Tahan Air yang Enak! – Halo Pembaca yang budiman! Eh Budiman itu apanya Spiderman ya? Ehehehe… Kali ini Tuxlin Blog bakal review ZNT ThunderBar! Sebuah speaker berdesain unik dengan kemampuan tahan air. Nggak tanggung-tanggung lho, speaker ZNT ThunderBar ini nggak sekadar tahan terhadap cipratan air aja, tetapi juga tahan ditenggelamkan karena udah mengantongi sertifikat IP67. Bagi sebagian pembaca, brand ZNT ini pasti terdengar agak asing… ya nggak sih? 🤔Sama kok, Tuxlin juga merasa asing dengan brand ZNT ini, makanya review salah satu produknya sebagai perkenalan hehehe… 😅

Kalau berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun dari Mbah Gugle, ZNT ini adalah brand asal Tiongkok yang produk utamanya berbau audio, terutama headset TWS (True Wireless Stereo). Berhubung nggak ada akses atau nggak beli headsetnya, Tuxlin Blog memilih membahas produk speakernya saja, ya si ZNT ThunderBar ini. Harga speaker ZNT ThunderBar ini bisa dikatakan terjangkau lho, cuma 200 ribuan! Ya tepatnya 299 ribu sih hehehe… Lalu sehebat apakah speaker Bluetooth tahan air ini? Simak review ZNT ThunderBar oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review ZNT ThunderBar, Speaker Bluetooth 200 Ribuan Tahan Air yang Enak!

Spesifikasi ZNT ThunderBar

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 53mm x 2 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 5W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 80Hz – 18KHz
  • Signal to noise ratio 65dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Waterproof dengan sertifikat IP67
  • Baterai built-in 3,7V/2200mAh lithium battery, hingga 16 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 63 mm x 42 mm x 162 mm
  • Berat 350 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Hitam

Anda dapat membeli atau cek promo ZNT ThunderBar di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan ZNT ThunderBar

Paket Penjualan ZNT ThunderBar
  • Speaker ZNT ThunderBar Bluetooth Speaker
  • Kabel USB
  • Manual
  • Hook

Desain ZNT ThunderBar

Desain ZNT ThunderBar

Desain atau tampak fisik memang menjadi salah satu keunikan pada review ZNT ThunderBar kali ini. Berbeda dengan kebanyakan speaker lain di pasarang dengan bentuk kotak atau tabung, ZNT ThunderBar ini malah mengusung bentuk trapesium. Anti mainstream emang 😎 Eh tapi nggak cuma ZNT doang sih yang mengusung gaya trapezoid begini, merk lain kayak Mifa A10 Plus, Oontz Angle atau Eggel Fit 3 juga mengusung gaya kayak gini.

Bagian depan speaker nirkabel ZNT ThunderBar ini terdapat speaker gril yang terbuat dari bahan metal yang kokoh. Sebenarnya speaker ini ada dua varian warna, yakni Camo dan Black. Nah Tuxlin Blog dapat varian warna Black yang lumayan elegan. Bodi speaker ini cukup kuat dengan balutan lapisan kayak karet atau rubberized gitu. Bagian atas juga ada tombol-tombol kontrol yang terbuat dari karet, sehingga empuk dipencet.

Sisi kiri speaker ZNT ThunderBar ini terdapat gantungan yang bisa kita sambungin dengan Hook atau carabiner yang ada dalam paket pembelian, sehingga bisa digantung di tas, sepeda, dan tempat lain yang dikehendaki. Build quality speaker besutan ZNT ini solid banget dan sama sekali nggak berasa murahan. Oiya, speaker ini juga tahan air dengan sertifikat IP67, sehingga dapat ditenggelamkan hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Berikut lebih dekat dengan desain speaker ZNT ThunderBar.

Baca juga:Review Mifa A20, Speaker Berdesain Mewah Bertenaga 30W

Seperti yang udah Tuxlin Blog singgung di atas, bagian depan cuma ada speaker grill dengan logo ZNT segede gaban. Sedangkan tombol power, tombol volume minus, play/pause, volume plus, dan tombol untuk pairing ditemnpatkan pada sisi belakang. Sisi kiri ada strap gantungan dan sisi kanan terdapat port USB microUSB untuk mengisi daya dan slot microSD.

Video Unboxing ZNT ThunderBar

Review ZNT ThunderBar

Review ZNT ThunderBar

Desainnya yang unik memang bisa jadi daya tarik tersendiri pada review ZNT ThunderBar ini gaes! Ya sebenarnya nggak oroginal banget sih desainnya, speaker lain kayak Mifa A10 Plus atau Oontz Angle juga bentuknya kayak gini. Eh tapi apakah ZNT ThunderBar cuma ngandelin desain unik dan tahan air aja? Nggak Sob! Kualitas suaranya ternyata di luar dugaan Tuxlin Blog.

Baca juga:Choetech PD6008 100W Review, Charger Berteknologi Gallium Nitride (GaN)

Kualitas Suara

Jadi speaker Bluetooth ZNT ThunderBar ini dipersenjatai dengan dua buah driver dengan daya masing-masing 5W, sehingga daya totalnya adalah 10W. Guna mendongkrak performa low frequency alias bass, speaker tahan air besutan ZNT ini juga diperkuat dengan sebuah passive bass radiator. Pas pertama Tuxlin nyobain, ternyata ZNT ThunderBar ini mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan nyaring lho… 🤔

Clarity atau kejernihan suarayang dihasilkan oleh speaker wireless ZNT ThunderBar ini layak mendapat acungan jempol gaes… Apalagi Tuxlin pas nyoba muter lagu Angels Fall First milik Nightwish, beuh petikan gitar akustiknya enak banget, bening! Kayak yang gitar ada di depan kita hehehe… 😆

Treble atau high yang dihasilkan pada review ZNT ThunderBar ini bisa dikatakan mantap menurut Tuxlin. Karakternya itu crip alias renyah dengan tingkat detail yang memuaskan untuk harga segini, serta enak di kuping. Nggak nusuk gitu. Tuxlin coba buat dengerin lagunya Trivium yang berjudul Sever The Hands, suara cymbal, crash cymbal, dan hi hat itu berasa beda… Keren ini. 😎 Speaker ini cocok banget buat kalian yang sering dengerin lagu berkarakterbright, akustik atau yang banyak treblenya deh.

Sektor mid, speaker ZNT ThunderBar ini mampu menyajikan kualitas yang terbilang lumayan oke. Pas Tuxlin dengerin lagu-lagu metalcore, suara distorsi gitar terasa begitu detail dan bertekstur. Nggak cuma itu, suara vokal pria juga terdengar detail dan asik kok. Apalagi yang demen sama suara scream, begh…! Berasa gahar dan kasar gitu ehehehe… Suara vokal cewek juga oke, nyatanya lengkingan nada tinggi Tarja Turunen di lagu Angels Fall First terdengar merdu dan bikin merinding.

Soal bass memang bukan sektor yang diunggulkan pada speaker Bluetooth dengan desain unik besutan ZNT ini. Kalau kita setel volume di atas 50%, bass yang dihasilkan lumayan bertenaga dan punchy. Jadi kalau diajak ngebut dengan dobel kick drum cepat kayak di lagu Nemesis milk Arch Enemy, ZNT ThunderBarmasih bisa ngejar. Sayangnya sih emang kurang mendalam bass-nya, jadi kurang cocok buat musik jenis EDM. Apalagi kalau dengerin musik dengan volume rendah, bass-nya langsung nggak berasa hehehe…

Baca juga:Oi Teno 3 Review, Headset TWS Keren Bersuara Ngebass!

Separasi antar instrumen terbilang lumayan lah di review ZNT ThunderBar kali ini, nggak jelek-jelek amat. Kalau dengerin lagu yang instrumennya banyak kayak Storytime milik Nightwish atau The Essence of Silence milik Epica, masih bisa dinikmati dan nggak terlalu ramai atau ngumpul di tengah gitu.

Daya tahan baterai menjadi salah satu keunggulan review ZNT ThunderBar kali ini. Berbekal baterai 2200mAh, speaker ini bisa tahan hingga lebih dari 10 jam nonstop dengan volume di atas 60%, kece kan? Klaim ZNT sendiri sampai 16 jam sih. bagi Tuxlin Blog, daya tahan baterai lebih dari 10 jam itu udah ampuh banget!

Kesimpulan

Secara umum, speaker ZNT ThunderBar ini mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan cukup detail untuk kelas harga di bawah 300 ribu. Daya tahan baterainya cukup panjang dan memiliki kemampuan tahan air, sehingga layak dipertimbangkan. Minusnya cuma bass kurang bertenaga, terutama saat volume rendah.

Kelebihan ZNT ThunderBar

  • Kualitas suara baik dan jernih
  • Tahan air dengan sertifikat IP67
  • Harga terjangkau

Kekurangan ZNT ThunderBar

  • Bass kurang bertenaga pas volume kecil

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Tronsmart Element T6 Review: Speaker Bluetooth Idola Basshead!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.