Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

11 min read

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) – Halo Pembaca! Masih Ingat dengan Mas Yuli? Yoha, Mas Yuli adalah narasumber Tuxlin Blog yang beberapa bulan lalu merintis bisnis plafon PVC dan minuman kekinian. Tuxlin Blog sempat bertemu lagi dan ngobrolin soal perkembangan bisnisnya yang mulai menggeliat. Dalam waktu kurang lebih dua bulan, bisnis plafon PVC Mas Yuli menunjukkan perkembangan menjanjikan. Tuxlin kaget juga, kok cepet banget perkembangannya, rahasianya apa ya? Ternyata Mas Yuli ini banyak belajar mengenai teknik closing.

Apa itu teknik closing? Ya kalau dalam dunia bisnis atau pemasaran, closing artinya adalah tindakan atau proses untuk mengakhiri transaksi antara pembeli dan penjual yang melibatkan produk dan uang. Intinya, terjadi deal dengan konsumen untuk barang atau jasa yang ditawarkan. Nah, ini bikin Tuxlin penasaran, seperti apa sih teknik closingnya Mas Yuli ini? Nah pada posting kali ini Tuxlin bakal sharing bareng Mas Yuli mengenai teknik closing dan bagaimana sebuah laptop canggih yang mendukung 4G LTE seperti ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) akan mempermudah segalanya.

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Perkembangan Bisnis Plafon PVC Mas Yuli

Dua bulan yang lalu, Mas Yuli curhat karena job plafon PVC agak sepi. Eh sekarang udah lumayan rame. Kalau dulu, sebulan paling cuma dapat 1 atau 2 proyek doang. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh Pandemi yang bikin ekonomi masyarakat suram. Selain itu, Mas Yuli saat itu masih merintis dan belum mengetahui banyak tentang teknik pemasaran/closing dan belum punya jaringan yang luas.

Sekarang sih Alhamdulilah sebulan bisa 3 – 4 proyek pemasangan dan kadang sampai keteteran. Hal ini tak lepas dari pandemi yang sudah mulai terkontrol dan kehidupan masyarakat mulai normal. Selain itu, jaringan relasi Mas Yuli terus berkembang dan beliau juga mau belajar ilmu tentang pemasaran. Nggak heran sih kalau sekarang sudah mulai menunjukkan hasilnya.

Proses pemasangan plafon PVC sendiri sebenarnya nggak terlalu rumit, cuma memang butuh waktu dan tergantung luas ruangan yang dimiliki si klien. Kalau ruangannya tidak terlalu luas, paling juga 3 – 4 hari juga udah kelar. Akan tetapi kalau ruangannya luas dan kadang lebih dari satu ruangan yang dipasangin plafon PVC, bisa seminggu lebih baru selesai. Alhasil, sekarang Mas Yuli jarang dapat libur dan cuan terus mengalir… Dompet makin tebel dah wkwkkw…

Teknik Closing yang Digunakan Mas Yuli

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 4
credit: Ekrut.com

Disela-sela ngobrol ngalor-ngidul, Mas Yuli berbagi ‘rahasia’ teknik closing yang udah dipelajari dari para seniornya. Penasaran nggak? Ini rahasianya:

Kenali Selera Konsumen

Mengenali selera konsumen adalah kunci untuk membuka ‘pintu gerbang’ closing kalau kata Mas Yuli, kok bisa? Soalnya lanjut atau tidak diskusi tentang plafon PVC dengan klien atau customer berawal dari selera konsumen. Kalau kita nggak mengenali selera konsumen, kita akan memberikan contoh portofolio yang salah dan akhirnya nggak lama langsung gagal closing.

Mas Yuli bilang kalau pertama kali ketemu konsumen itu jangan langsung buru-buru nawarin, tapi ya ngobrol dulu biar lebih akrab sekaligus diselipkan wawancara singkat untuk menggali selera si klien atau konsumen itu. Selain melalui wawancara, selera konsumen ini bisa dikenali ketika Mas Yuli datang ke rumah klien. Kayak gimana sih desain rumahnya? Nah kayak gitu seleranya. Entah sukanya elegan, colorful atau yang ornamennya rame itui bisa berbeda-beda tiap orang. Setelah itu, baru kumpulin portofolio plafon PVC yang sekiranya desainnya masuk dengan selera klien tadi.

Baca juga:Kian Produktif Mengelola Tech Website dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Presentasi yang Meyakinkan

Setelah mengenai selera konsumen, langsung deh bikin rancangan presentasi buat si klien. Tampilkan portofolio terbaik sesuai selera si klien. Lalu presentasi yang meyakinkan itu gimana? Kalau menurut Mas Yuli itu ya yang jelas menyampaikan pesan dan produk yang ditawarkan. Dalam hal ini adalah plafon PVC, jadi harus menampilkan dengan jelas mengenai wujud produk atau hasilnya. Ini bisa berupa foto dengan resolusi yang tinggi untuk menampilkan portofolio dengan gamblang, cara presentasi yang menarik, dan informasi yang jelas.

Tawarkan Promo

Setelah presentasi dilakukan dan klien merasa tertarik, maka obrolan biasanya bergeser ke harga atau biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan plafon PVC dengan desain yang sesuai selera sang klien. Mas Yuli biasanya langsung tawarkan promo, misal kalau hari ini deal, maka biaya akan dipotong sekian persen gitu. Harga yang ditampilkan di awal adalah harga tanpa diskon, kemudian tampilkan juga harga setelah diskon. Hal ini bikin kita terlihat transparan dan bakal menarik atensi.

Jangan Memaksa

Prinsip Mas Yuli dalam usaha plafon PVC ini adalah tidak memaksa atau menekan klien untuk segera closing. Hal ini dinilai bikin konsumen nggak nyaman dan akhirnya nggak simpati sama Mas Yuli selaku penyedia jasa atau produk. Berikan waktu untuk klien atau konsumen untuk berpikir dan memutuskan. Buat si konsumen ini merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

Dengan demikian, klien atau konsumen akan lebih matang dalam mengambil keputusan dan ketika mereka merasa nyaman dengan pelayanan kita, maka nantinya tak akan ragu lagi untuk memakai jasa kita atau merekomendasikan ke koleganya.

Presentasi Lebih Meyakinkan dengan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 5

Salah satu keunggulan laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini adalah mengusung form factor hybrid, bukan clamshell seperti laptop konvensional. Laptop hybrid ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dibekali dengan layar sentuh yang dilengkapi dengan engsel yang dapat diputar 360 derajat, apa artinya? Artinya penggunaan laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini bakalan lebih fleksibel karena pengguna bisa bekerja dengan mode laptop biasa, mode tablet, mode tent, dan juga presentation.

Nah kalau pakai ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini, Mas Yuli bakal lebih nyaman mempresentasikan portofolionya didepan calon customer yang biasanya perorangan. Tinggal tarik saja engsel layar ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dan jadikan mode Tent atau presentation untuk memamerkan hasil karya plafon PVC andalannya. Layarnya 14 inci jelas mampu menampilkan gambar yang sangat jelas dan mampu menampilkan wujud plafon PVC sesuai dengan aslinya.

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 6

Presentasi dengan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) menggunakan mode tent ini akan membuat relasi antara Mas Yuli dengan klien terasa lebih dekat dan akrab. Mas Yuli juga lebih mudah menampilkan slide presentasi dengan cara geser-geser atau swipe ke kanan atau ke kiri untuk bernavigasi saat presentasi. Gambar masih kurang jelas? Tinggal pinch to zoom beres. Jika ingin mengajak sang klien untuk berinteraksi bersama dalam proses presentasi, langsung aja puter engsel ke mode flatlay, Mas Yuli dan klien bisa berdiskusi bersama mengenai produk yang dipresentasikan. Kayakl di bawah ini 👇🏼

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 7

Proses navigasi presentasi yang lancar ditambah keahlian Mas Yuli merangkai kata persuasif akan lebih mudah mendorong konsumen untuk closing. Kalau proses presentasi nggak lancar dan cenderung ribet, klien malah bakal terdistraksi dan tidak fokus dengan produk yang ditawarkan di presentasi. Selain itu, presentasi pakai ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang elegan bakalan bikin Mas Yuli lebih berkelas dan profesional, sehingga bakalan lebih mudah meyakinkan calon customer. 

Baca juga:Langkah Upgrade Android 11 di Asus ROG Phone II

Perencanaan Lebih Interaktif dengan Stylus Pen Asus Pen

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 8
Credit: Asus

Setelah presentasi yang meyakinkan dan sukses closing, apa langkah selanjutnya yang dilakukan Mas Yuli ini? Biasanya Mas Yuli bakal mencatat apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan klien, meliputi luas ruangan, material yang digunakan, desain dan motif plafon PVC yang diinginkan, dan juga kadang ada request tertentu seperti warna lampu dan sebagainya.

Nah kalau pakai ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini, proses pencatatan bakal lebih interaktif dan menyenangkan, mengapa? Laptop hybrid kelas bisnis ini sudah dibekali dengan stylus pen Asus Pen. Kelebihan stylus di laptop ExpertBook B3 Flip B3402 otomatis diisi dayanya saat disimpan di dalam kompartemen khususnya. Waktu pengisian dayanya pun sangat cepat. Stylus ExpertBook B3 Flip B3402 dapat digunakan selama 45 menit dengan waktu pengisian daya hanya 15 detik saja.

Mas Yuli tinggal memanfaatkan aplikasi yang proper untuk memanfaatkan fitur stylus pen-nya, seperti One Note atau aplikasi lain yang lebih canggih seperti Microsoft Whiteboard dan catat semua informasi secara detail, terasa lebih praktis kan?

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 9

Proses pencatatan proyek pemasangan plafon akan lebih menyenangkan dan interaktif jika menggunakan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang dipadukan dengan stylus pen. Mas Yuli cukup menulis langsun di layar seperti menulis di atas kertas, sehingga nggak perlu ribet mengetik yang malah kadang typo kalau buru-buru hehehe… Selain itu, Mas Yuli bisa bikin sketsa kasar desain plafon PVC atau membuat catatan tambahan memanfaatkan layar sentuh laptop bisnis ini.

Catatan interaktif di atas bisa ditunjukkan kembali ke klien untuk di cek, barangkali ada request yang terlewat. Atau kalau perlu si klien juga boleh ikutan corat-coret di situ biar lebih jelas apa yang diinginkannya, mantap kan? 👍🏼

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 10

Pandemi memang sudah jauh terkontrol, tetapi bukan berarti virus dan bakteri udah nggak ada. Nah Asus paham banget nih pebisnis dengan mobilitas tinggi kayak Mas Yuli bakalan rawan kena virus dan bakteri yanga ada diluaran. Bahkan bakteri dan virus itu suka ngumpul perangkat yang sering dipegang, seperti smartphone, tablet, dan juga laptop.

Nah solusi dari Asus adalah memberikan lapisan antibakteri yang disebut dengan ASUS Antibacterial Guard di area sekitar keyboard dan palmrest yang memang bagian yang paling sering disentuh oleh manusia. Teknologi antibakteri ini teruji mampu menekan pertumbuhan bakteri hingga 99%. Ini nggak sembarangan lho, soalnya udah eruji secara ilmiah berstandar ISO 22196 dan JIS Z 2801.

Menembus Pasar Pelosok dengan 4G LTE

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 11

Sejauh ini pangsa pasar plafon PVC Mas Yuli adalah area Kabupaten Boyolali, Klaten, dan juga Kabupaten Wonogiri. Sebulan lalu bahkan Mas Yuli dapat job pasang plafon PVC di daerah Pantaran, Ampel, Boyolali. Lokasi tersebut agak sulit dijangkau karena tepatnya di kaki gunung Merbabu. Kebetulan ruangan yang dipasang PVC ada beberapa dan lumayan luas, sehingga butuh waktu seminggu di sana.

Masalahnya, di lokasi tersebut tidak ada koneksi internet fiber optic maupun WiFi. Hanya ada sinyal 4G LTE dari salah satu operator seluler ternama. Karena nggak ada WiFi, kadang Mas Yuli harus tethering pakai smartphone untuk mendapatkan koneksi internet.

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 12
Armada plafon PVC Mas Yuli merambah ke pelosok

Banyak yang nanya, kenapa pasang plafon kok butuh internet? Mas Yuli ini kerjanya nggak cuma pasang plafon doang cuy, ada bisnis franchise minuman kekinian dan kerjaan lainnya yang mana laporannya dipantau melalui Google Docs dan aplikasi POS. Sudah barang tentu butuh koneksi internet kan?

Nah ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah laptop bisnis hybrid yang sudah dibekali dengan konektivitas lengkap seperti WiFi 6 dan 4G LTE! Jadi kita bisa masukin SIM card yang tersedia di samping laptop dan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) langsung terhubung ke internet melalui jaringan 4G LTE operator, mantap kan? Mas Yuli nggak perlu repot-repot untuk tethering smartphone yang bikin baterai boros dan panas hehehe…

Baca juga:Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 13

Nggak cuma itu, konektivitas dan port yang disediakan oleh laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini lumayan lengkap lho, ada 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0a, dan 1x 3.5mm Combo Audio Jack. Pokoknya kalau pakai ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini no dongle-dongle club, deh!

Ada Kamera 13MP Lho…!

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 14

Pas selesai ngerjain pemasangan plafon PVC, Mas Yuli biasanya mendokumentasikannya dengan beberapa foto sebagai portofolio untuk nantinya menjadi bahan presentasi ke klien berikutnya. Pas mau motret hasil karya plafon PVC, eh smartphone malah low batt… Mas Yuli nggak perlu panik kalau pakai laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini, karena selain dilengkapi dengan webcam 720p, juga dilengkapi dengan kamera 13MP yang dapat digunakan untuk memotret dan merekam video saat mode tablet, keren kan?

Performa Kencang dan Sat Set!

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 15
Credit: Asus

Bagi seorang pebisnis seperti Mas Yuli, peralatan seperti laptop, mobil, dan alat kerja lainnya adalah investasi untuk memudahkan pekerjaan. Lalu seperti apa investasi dalam bentuk laptop untuk Mas Yuli? Setidaknya laptop tersebut memiliki performa yang kompeten untuk menangani beban kerja Mas Yuli selama 3 – 4 tahun ke depan. Sukur-sukur bisa 5 tahun++ hahaha… Nah ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah sebuah investasi yang menarik karena selain hadir dengan konsep hybrid, laptop ini juga menawarkan performa yang kencang! Jadi kalau kerja tuh sat set sat set gitu… 😂

Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Berdasarkan Informasi yang Tuxlin Blog himpun, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini kencang karena ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1165G7 quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 2.8 GHz dan TurboBoost hingga 4,7GHz.

Sedangkan varian yang lebih murah ditenagai Core i5-1135G7 quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 0.9-2.4 GHz dan TurboBoost hingga 4,2GHz dan TurboBoost hingga 4,7GHz. Laptop bisnis tangguh ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB DDR4-3200Mhz yang masih dapat di-upgrade hingga maksimal 48GB dengan slot SODIMM yang diusungnya.

Sisi grafis, laptop bisnis hybrid terbaru ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dengan desain elegan ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari Intel Iris Xe Graphics G7 tanpa kehadiran GPU diskrit. GPU Intel Iris Xe Graphics G7 yang mengusung 96 execution unit (EUs) dengan kecepatan 200 – 1250MHz.

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 16
Jeroan laptop Asus ExpertBook B3 Flip (credit: asus)

Performa laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini kian kencang dengan dukungan storage SSD jenis PCIe NVMe yang mampu menampung kapasitas total hingga 2TB! Bisa banget tuh buat Mas Yuli nyimpen data ribuan proyek plafon PVC, data pelanggan, koleksi musik atau foto bejibun tanpa khawatir kehabisan ruang simpan.

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 17

Biasanya Mas Yuli pakai laptop untuk menjalankan puluhan tab Chrome, Microsoft OneNote, Microsoft Office, editing foto pakai GIMP, Fastone Image Viewer, jalanin Google Docs, aplikasi POS, dan banyak lagi. Kadang multitasking bikin slide presentasi sambil dengerin musik, bikin flyer, dan sebagainya. Melihat spesifikasi dapur pacu ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), rasanya laptop hybrid ini udah lebih dari cukup.

Benchmark ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Tangguh Berstandar Militer, Cocok untuk Kerja Lapangan

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 23

Salah satu kelebihan utama laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini adalah ketangguhan dan durabilitasnya yang di atas rata-rata laptop pada umumnya. Hal ini terbukti dari ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang telah lolos pengujian ketat berstandar militer dan mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Jadi laptop bisnis Asus ExpertBook B5 Flip bakal tahan dalam berbagai kondisi ekstrem atau lingkungan kerja yang keras.

Pengujian MIL-STD-810H yang dilalui ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini sama sekali bukan kaleng-kaleng lho… Laptop ini harus melewati pengujian temperatur tinggi, temperatur rendah, temperatur ekstrem, uji getaran, uji kerja di lingkungan dengan kelembapan tinggi, uji jatuh atau drop test, dan pengujian ketat lainnya. Jadi Mas Yuli nggak perlu khawatir dengan durabilitas laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini.

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 24

Pernah nggak sengaja numpahin minuman di laptop kayak di atas? Kecelakaan di atas itu sering terjadi kalau kita lagi kerja terus nggak fokus, ya tumpah hehehe… Tenang, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) akan baik-baik saja. Apalagi Mas Yuli itungannya kerja di lapangan alias terjun langsung pemasangan plafon PVC. Kalau bawa laptop ya wajib yang tangguh kayak ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini.

Mas Yuli ini sebenarnya agak khawatir dengan mekanisme hybrid dengan engsel yang dapat diputar 360 derajat, apa kuat ya? Justru laptop hybrid macam ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dibekali dengan konstruksi engsel yang jauh lebih kuat dari engsel laptop konvensional. Bahkan, Asus sudah menguji buka tutup engsel ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini hingga 30 ribu kali dan cabut pasang port juga sampai 15 ribu kali! Udah pasti kuat dan awet.

Data Aman, Privasi Aman

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 25

Salah satu perbedaan laptop bisnis atau laptop komersial dibandingkan dengan laptop konsumer adalah sektor keamanan. Laptop bisnis dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih lengkap dan mumpuni dibanding laptop biasa, mengapa? Karena data yang tersimpan di dalamnya adalah data rahasia perusahaan yang seringkali lebih berharga dari laptopnya sendiri. 😅

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dilengkapi fitur keamanan yang lengkap untuk memastikan data rahasia mengenai kesepakatan Mas Yuli dengan klien, kesepakatan harga, data pelanggan, dan data penting lainnya tetap aman .

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, salah satunya adalah sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power yang telah mendukung Windows Hello. Nggak sembarang orang bisa login dan buka-buka data di laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini, tapi loginnya gampang tinggal sentuh aja sensor sidik jarinya, nggak perlu masukin password lagi.

Selain itu, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini juga dilengkapi dengan webcam shield guna menutupi webcam agar menjaga privasi penggunanya. Ya kali ada hacker iseng mata-matain Mas Yuli lewat webcam wkwkw… Ada juga TPM 2.0 di ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini yang dapat digunakan oleh perangkat lunak yang mendukung untuk mengenkripsi data. Jadi kalau laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dicuri, nggak bakal mudah diangkut datanya atau informasi password akun tertentu di dalamnya. 

Fitur Canggih Asus Business Manager

Salah satu daya tarik ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dan lini ExpertBook lainnya adalah adanya aplikasi Asus Business Manager yang didalamnya terdapat banyak fitur canggih guna menunjang keamanan data para pebisnis. Beberapa fitur andalannya antara lain:

  • Device lock yang berfungsi mengatur akses data dari media penyimpanan eksternal seperti USB flash drive, memory card atau keping DVD. Untuk USB flash drive dan memory card, admin dapat membatasi akses read dan write sekaligus atau hanya menawarkan akses read saja.
  • System Restriction yang berfungsi untuk mencegah pengaturan tanggal dan waktu, mengunci layar, dan mencegah perubahaan registry Windows.
  • Secure Storage yang cocok untuk menyimpan data A1 alias data super mega rahasia perusahaan Cara kerja fitur ini adalah membuat partisi virtual di salah satu drive yang dipilih dan mengamankan datanya dengan enkripsi. 
  • File Shredder yang berfungsi untuk menghapus data rahasia yang nggak dipakai lagi agar tidak mudah di-recovery oleh orang lain.

After Sales Istimewa

Closing Lebih Mudah Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 26

Saat job plafon PVC lagi kenceng, eh laptop ngadat. Pasti Mas Yuli bakal repot dan pusing musti ke service center dulu buat benerin laptop. Kalau pakai ExpertBook B3 Flip (B3402) besutan ASUS ini kan garansi global sampai 2 tahun dan kalau dibutuhkan bisa diperpanjang. Semua komponen dalam. Kalau ada masalah dengan laptopnya bisa langsung kontak ASUS Service Center terdekat dan ditangani secara profesional. Untuk layanan after sales ini, ASUS juga menawarkan fasilitas Pickup & Return (PUR) dan On Site Service (OSS).

Adanya fasilitas PUR dan OSS ini bikin Mas Yuli nggak perlu repot kalau ada masalah sama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Selain itu, ujuga disediakan kontak Customer Service (CS) selama 24/7 untuk konsultasi jika terjadi masalah hardware maupun software. Enak kan? Sehingga Jadi Mas Yuli bisa menghemat waktu dan pikirian, serta bisa lanjut fokus ngerjain proyek plafon PVC-nya.

Ada satu lagi layanan aftersales canggih dari Asus, yakni ADP (Accidental Damage Protection) selama satu tahun. Jadi kalau Mas Yuli secara nggak sengaja laptopnya rusak karena kecelakaan atau nggak sengaja masuk ke kuali minuman kekinan, bisa diperbaiki tanpa dikenakan biaya tambahan. Klaim ADP ini hanya berlaku 1x, lumayan menghemat biaya kan.

Kesimpulan

Secara umum, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini adalah sebuah laptop bisnis dengan form factor hybrid yang mana kemampuan dan fiturnya mampu memudahkan Mas Yuli untuk closing bisnis pemasangan plafon PVC. Selain membantu menyelesaikan aneka macam tugas, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini bisa bertransformasi sebagai alat pendukung presentasi yang ampuh untuk menarik hati calon konsumen plafon PVC. 😎

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Main Spec.ExpertBook B3 Flip (B3402)
CPUIntel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating SystemWindows 11 Home – ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 11 Pro – ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Windows 10 Pro – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Free Upgrade to Windows 11¹
Memory16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
DisplayTouch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %
GraphicsIntel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7 with dual channel memory)
Input/Output1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0a, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera720p HD camera With privacy shutter
13.0M camera
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
AudioBuilt-in speaker Built-in array microphone with Cortana support
Battery50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95″ x 8.81″ x 0.76″ ~ 0.77″)
Weight1.61 kg (3.55 lbs)
ColorsBlack
PriceStarts from Rp17.542.000
Warranty2 tahun garansi global

Artikel ini diikut sertakan pada ASUS ExpertBook B3 Flip writing competition bersama Handikoo.com

Source: Asus, Laptophia

Anda mungkin suka:Ngeblog, Ngonten, dan Hiburan di Mana Saja Bersama ASUS Vivobook 13 Slate OLED


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.