Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA

11 min read

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 1

Merintis Usaha Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA – Halo Pembaca! Kondisi ekonomi yang lesu akibat pandemi ini tak menyurutkan pelaku bisnis kecil atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk terus berjuang dan bertahan. Tak hanya itu, ada pula yang memutuskan merintis bisnis sendiri setelah lelah mencari pekerjaan. Nah pada posting kali ini Tuxlin Blog bakal cerita dikit mengenai kisah inspiratif (ceileh…) tentang ketangguhan Mbak Mega yang tengah merintis bisnis rumah roti alias bakery dengan bendera Joong Rumah Roti di Boyolali.

Jadi ceritanya istri Tuxlin Blog diundang oleh Mbak Mega ini untuk berkunjung dan mengulas bisnis Joong Rumah Roti yang tengah ia rintis. Kok bisa diundang? 🤔 Bisa dong, jadi istriku itu punya akun kuliner di Instagram dan memang hobi mengulas aneka kuliner yang kami temui. Nah Mbak Mega ini juga meminta saran dan masukan ke Tuxlin Blog untuk meningkatkan produktivitas guna membesarkan usaha Joong Rumah Roti andalannya. Setelah Tuxlin berkunjung ke markas Joong Rumah Roti, ya memang punya banyak kendala sih, seperti lokasi yang kurang strategis, akses yang kurang memadai, ruangan toko yang sempit, dan implementasi teknologi komputer yang nggak efisien.

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 2

Yah meski nggak ahli soal marketing, setidaknya Tuxlin Blog dan istri sering berinteraksi dengan para pengusaha kuliner selama mengelola akun IG, jadi dapat sedikit bocoran tentang ilmu marketing dan strategi bisnis kuliner hehehe… 😅 Soal implementasi teknologi komputer yang nggak efisien di Joong Rumah Roti, sebenarnya gegara masih pakai PC rakitan jadul. Oleh sebab itu, yang pertama Tuxlin Blog saranin adalah modernisasi alat tempur dulu agar bisa lebih fokus dan meningkatkan produktivitas. Nah kebetulan Asus belum lama ini merilis lini ExperCenter yang merupakan PC desktop khusus bisnis. Seri ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA Tuxlin rasa cocok untuk menggantikan PC jadul yang selama ini dipakai Mbak Mega untuk mengelola rintisan bisnis Joong Rumah Roti.

Baca juga:Pengalaman Non Gamer Pakai Laptop Gaming Asus ROG Strix…

Kisah Singkat Joong Rumah Roti

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 3
Joong Rumah Roti

Sore kemarin, Tuxlin Blog mampir ke Joong Rumah Roti dan ngobrol-ngobrol dengan Mbak Mega tentang asal mula bisnis toko roti Joong Rumah Roti ini dirintis. Jadi Mbak Mega ini emang udah punya passion kuliner sejak jaman kuliah dan suka praktik aneka resep makanan, nggak cuma roti doang. Nah sekitar tahun 2017, Mbak Mega ini mulai merintis katering kecil-kecilan. Usaha ini ternyata mendapat respon positif karena banyak temen-temen kuliahnya yang pesen makanan dari Mbak Mega ini. Nggak cuma katering, Mbak Mega saat itu juga buka pesenen cake ultah.

Berkat dorongan dari teman dan sang ayah, Mbak Mega akhirnya memberanikan diri untuk membuka toko kue pada akhir 2020. Toko kue tersebut dinamai Joong Rumah Roti yang mana Joong diambil dari nama ayahnya, Pak Joong. Oiya, Pak Joong ini adalah pemilik Mandala bakery yang legendaris di Boyolali.

Berbekal modal keahlian membuat makanan dan kue, serta tabungan yang dikumpulkan sejak 2017, akhirnya Mbak Mega berhasil membuka toko roti Joong Rumah Roti di rumahnya. Sebagai usaha yang baru berdiri dan belum memiliki pelanggan tetap dan brand image yang kuat, tentu menuntut Mbak Mega harus memutar otak agar bisnis rintisannya berkembang. Saat ini Mbak Mega hanya mempekerjakan satu karyawan saja untuk menjaga toko, sedangkan Mbak Mega sendiri harus menjadi wonder woman untuk menyiapkan produk (adonan dan baker), jadi tenaga marketing, merencanakan produk baru, dan bahkan bikin flyer promosi juga dibikin sendiri untuk menghemat biaya. Bener-bener tangguh Mbak Mega ini 🤔

Baca juga:Nyobain Lighting Armor Case Buat Asus ROG Phone 2:…

Kendala Mengembangkan Joong Rumah Roti

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 11
Gang kecil menuju Joong Rumah Roti

Ada banyak kendala yang dialami Mbak Mega untuk mengembangkan rumah rotinya, terutama terkait implementasi dan penggunaan komputer. Pencatatan penjualan harian masih dilakukan secara manual dan belum terkomputerisasi, padahal bisa lebih praktis kalau mengimplementasikan perangkat lunak POS (Point of Sale). Sebenarnya ada komputer sih, Mbak Mega masih mengandalkan PC desktop rakitan tua yang dibeli sekitar tahun 2013 dan digunakan sejak kuliah dulu.

Nah komputer tua ini Tuxlin Blog lihat udah debuan banget dan spesifikasinya juga udah ketinggalan. Belum lagi sistem operasi Windows yang digunakan adalah versi lama (Windows 7) dan bajakan pula… Udah gitu banyak virus yang menggerogoti performa sistem, nggak heran produktivitas Mbak Mega untuk mengelola rintisan bisnis rumah rotinya anjlok.

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 12
Di dalam toko Joong Rumah Roti

Mbak Mega ini juga sering menggunakan aplikasi Photoshop dan Corel Draw untuk mendesain buku menu, flyer promosi, konten promosi untuk Instagram, dan sebagainya… Padahal bukan lulusan desain ehhehe… 😅 Budget yang mepet menuntut Mbak Mega harus serba bisa dan terampil menggunakan komputer. Masalahnya, Mbak Mega nggak bisa kerja dengan tenang karena ada aja masalah di PC desktop rakitannya, mulai panas berlebih, kipas berisik, dan performa yang lambat. Selama tiga bulan berjalan, sudah dua kali PC andalannya masuk servis.

Tuxlin Blog sempat bertanya, kenapa PC-nya nggak diganti saja dengan yang baru? Kan kalau PC desktop baru dengan spesifikasi kekinian, performanya bakalan lebih kenceng, minim masalah dan bisa kerja dengan tenang, ye kan? 🤔 Nah Mbak Mega ini sebenarnya udah nyiapin budget buat beli PC desktop baru… Masalahnya Mbak Mega ini nggak paham komponen PC dan nggak bisa rakit juga. Lagian Mbak Mega ini juga takut kalau nanti semisal beli PC rakitan baru dan ternyata bermasalah, pasti bikin tambah repot.

ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA, Solusi Tepat untuk Mbak Mega

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 13

Setelah mendengarkan curhatan Mbak Mega bersama rintisan bisnis Joong Rumah Roti, Tuxlin Blog rasa solusinya adalah membeli PC desktop baru dan bukan rakitan. Tuxlin rasa PC Desktop ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini cocok untuk mendongkrak produktivitas dan mendukung pengembangan bisnis rumah roti milik Mbak Mega.

“Kenapa harus ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA, Mas? Kalau sama PC Rakitan enakan mana buat kerja begini?” tanya Mbak Mega.

Akhirnya Tuxlin sampaikan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA sebagai sebuah PC desktop yang memang dirancang untuk bisnis alias Built for Business. Buat pengusaha seperti Mbak Mega, membeli PC desktop adalah investasi yang diharapkan mampu memberikan manfaat yang besar dalam pengembangan bisnisnya. Nah ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA paham akan hal itu dan memang dirancang untuk memaksimalkan nilai Cost To Ownership (CTO) dan sekaligus meminimalkan Total Cost of Ownership (TCO) untuk bisnis.

Baca juga:Pebisnis dengan Mobilitas Tinggi Wajib Pakai Asus ExpertBook B9,…

Kualitas dan Kestabilan

Keunggulan utama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA adalah kualitas dan kestabilannya. Dua hal itulah yang paling dibutuhkan Mbak Mega untuk bekerja dan meningkatkan produktivitas. Terlebih, lini ExpertCenter ini kan memang didesain khusus untuk bisnis dengan perpaduan konstruksi yang kuat dan solid, komponen yang sudah teruji, dan dilengkapi fitur keamanan yang sangat lengkap. Bahkan PC desktop ini udah teruji ketangguhannya dengan sertifikat militer MIL-STD 810G. Jadi kerja dengan suhu panas deket panggangan roti di Joong Rumah Roti pun entenglah… 😋

Apa yang ditawarkan ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA jelas berbeda dengan PC desktop rakitan yang sebelumnya digunakan Mbak Mega. Diperlukan keahlian dan analisa mendalam untuk “meramu” aneka pilihan komponen dan periferal menjadi sebuah PC rakitan yang stabil dan balance. Soalnya kalau asal rakit, kadang kompatibilitas dan kesesuaian antar komponen jadi masalah dan akhirnya kestabilan yang menjadi korban. Mbak Mega nggak bakal ada waktu buat ngurus ginian dan malah bikin nggak fokus. 🤦‍♂️

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 14

Mbak Mega butuhnya yang udah langsung bisa diajak kerja kayak PC desktop ExpertCenter D5 SFF D500SA yang memang udah “diramu” dan diuji secara ketat oleh ASUS, jadi kestabilan dan keandalannya nggak perlu diragukan lagi. 😎👍 Dilihat dari komponen yang digunakan juga bukan sembarangan lho… Lihat aja motherboard yang digunakan ExpertCenter D5 SFF D500SA ini, udah pakai all solid capacitor yang memiliki daya tahan dan umur pemakaian yang jauh lebih lama dibandingkan dengan kapasitor jenis electrolytic yang biasanya digunakan di motherboard PC rakitan yang murah hehehe… 😏 Lagian ASUS ini kan bisa dibilang salah satu rajanya motherboard dan udah pengalaman banget bikin motherboard berkualitas tinggi. 😎

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 15

Itu baru motherboard-nya aja, komponen lain di ExpertCenter D5 SFF D500SA juga nggak kalah berkualitas lho! Sebagai contoh adalah power supply bawaan ExpertCenter D5 SFF D500SA berdaya 300W dan sudah mengantongi sertifikat efisiensi 80 Plus Platinum. Sertifikat ini merupakan jaminan konsumsi daya yang efisien dan stabil, sesuai dengan rating daya yang tercantum. Komponen bakalan lebih awet dan tahan lama karena pasokan daya listrik dari PSU relatif stabil dan kagak naik turun. Kalau rakit sendiri, biasaya dikasih PSU bawaan casing yang kualitasnya abal-abal hehehe… Tiati tar komponen lain gampang rusak gegara pasokan daya nggak stabil alias naik turun hehehe… 😝

Layanan After Sales

Mbak Mega juga bertanya kalau ada apa-apa denganm ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA gimana? Apa repot kayak ngurusin PC rakitan? Oh jelas beda… layanan after sales atau purnajual sangat penting buat pengguna segmen bisnis UMKM kayak Mbak Mega ini, butuhnya yang simpel dan cepat. Biar nggak ngabisin waktu buat ngurusin PC yang bermasalah…

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 16

Kalau dulu zaman Tuxlin Blog masih suka nerima job buat rakitin PC desktop, kadang nggak selalu komponen yang dipilih bener-bener bekerja denganm baik. Kadang dapat yang cacat atau bermasalah. Bayangin aja, kelar rakit PC ternyata motherboard bermasalah dan musti balikin ke toko komputer. Nah sampai di toko komputer, mereka musti balikin motherboard bermasalah tersebut ke distributor atau layanan after sales-nya produsen motherboard tersebut.. Belum lagi kadang lain komponen lain pula distributornya/layanan after sales-nya. Mainbord garansi ke A, VGA card garansi ke B… Panjang dan ribet! 🤦‍♂️ Tuxlin pernah nunggu sampai 2 minggu buat replace motherboard doang saat rakitin PC temen kuliah… 😭 Padahal komponen PC desktop itu ada banyak dan nggak cuma mainboard doang, ada PSU, VGA card, prosesor, keping RAM, SSD, hard disk, dan banyak lagi… Kalau bermasalah lebih dari satu, piye? Lagian rata-rata garansi tiap komponen paling cuma setahun doang. 🙄

Tuxlin nggak bisa bayangin kalau pelaku bisnis UMKM rintisan kayak Mbak Mega pakai PC rakitan dan musti ngurus masalah garansi komponen begini, pasti puyeng dan bisa-bisa abis waktunya nggak sempat ngurus toko hahaha… Kalau pakai ExpertCenter D5 SFF D500SA besutan ASUS ini kan garansi global sampai 3 tahun dan service centernya juga banyak. Semua komponen dalam PC desktop ExpertCenter D5 SFF D500SA ini garansinya di satu pintu aja. Kalau bermasalah di salah satu komponen bisa langsung kontak ASUS Service Center terdekat dan ditangani secara profesional. 😎👍 Untuk layanan after sales ini, ASUS juga menawarkan fasilitas Pickup & Return (PUR) dan On Site Service (OSS).

Adanya fasilitas PUR dan OSS ini bikin Mbak Mega nggak perlu repot keluar rumah kalau ada masalah sama Asus ExpertCenter D5 SFF D500SA. Selain itu, ujuga disediakan kontak Customer Service (CS) selama 24/7 untuk konsultasi jika terjadi masalah hardware maupun software. Enak kan? Jadi Mbak Mega bisa menghemat waktu dan pikirian, serta bisa lanjut fokus nyari cuan di toko rotinya.

Ukuran Sangat Ringkas

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 17

“Ruangan toko Joong Rumah Roti ini sempit, Mas. Mau ditaruh mana nanti komputer barunya?” tanya Mbak Mega.

Wah belum tahu dia… Tuxlin Blog kembali menjelaskan kelebihan ExpertCenter D5 SFF D500SA besutan ASUS yang ukurannya sangak ringkas! Jauh lebih kecil dari PC desktop jenis ATX tower yang biasa dipakai, jadi cocok banget buat ruangan sempit kayak toko rotinya Mbak Mega ini… Nah kata SFF dalam ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini bukan sembarang kata lho, tapi sebenarnya singkatan dari Small Form Factor alias PC desktop yang dirancang agar ukurannya ringkas tanpa mengurangi performa atau fitur yang dimilikinya.

Baca juga:Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T Review: Paling Ringkas &…

Bayangin aja ukuran PC desktop ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA cuma 9.5 x 29.28 x 34 cm doang, jauh lebih ringkas dari PC desktop yang rata-rata menggunakan casing full tower atau mid tower. Bobot Asus ExpertCenter D5 SFF D500SA ini juga relatiuf ringan, cuma 5,5kg saja. Jadi kalau ada renovasi toko atau perubahan lokasi PC, Mbak Mega nggak perlu nyuruh orang buat angkat-angkat PC ExpertCenter D5 SFF D500SA ini 😂

Ukuran ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA kecil begini, panas nggak ya kalau buat kerja berat? Jangan salah, ASUS udah menguji dan menyiapkan desain thermal yang memadai dengan menyiapkan ruang khusus untuk membuang panas serta mencegah bercampurnya udara panas yang dihasilkan komponen lain. Jadi ExpertCenter D5 SFF D500SA ini aman banget buat penggunaan berat dalam jangka waktu lama. Nggak bakal overheat. 😉

Performa Powerful dan Upgradeable

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 18

“Wah kecil juga ya ukuran komputer ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini, tapi lemot nggak ya kalau ukuran kecil begitu? Saya kadang pakai Photoshop, Corel, edit video, dan bikin konten promosi, takutnya nggak kuat hehehe…” kata Mbak Mega.

Lho jangan salah mbak, ukuran ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA memang ringkas banget! Akan tetapi soal kinerja ya jelas kenceng banget… Soalnya udah ditenagai oleh prosesor Intel Core 10th Gen yang menggunakan nama sandi Comet Lake yang diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14nm, jadi ngebut banget dan efisien! Praktisnya lagi, kita bisa memilih empat varian prosesor sesuai budget dan kebutuhan, yakni:

  • Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)
  • Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)
  • Intel® Core™ i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores)
  • Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores)

Nggak cuma prosesor, kapasitas RAM juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tuxlin Blog melihat kebutuhan komputasi Mbak Mega ini tergolong menengah, jadi mungkin prosesor Intel Core i7-10700 + RAM 16GB udah cukup banget buat desain grafis untuk menu, flyer, edit video, dan bikin konten promosi dengan cepat, tangkas, dan trengginas… 😎👍 Stabil, ringkas, dan berperforma tinggi pada ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA bikin Mbak Mega bisa fokus meningkatkan produktivitas dan menuangkan ide-ide cemerlang untuk membesarkan bisnis Joong Rumah Roti miliknya.

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 19

Seiring berjalannya waktu, mungkin Mbak Mega ini bakal butuh performa yang lebih tinggi atau ruang penyimpanan yang lebih besar. Itu bukan masalah bagi ExpertCenter D5 SFF D500SA karena PC desktop andalan ASUS ini upgradeable banget, jadi nantinya nggak perlu beli baru lagi, cukup upgrade komponen yang diperlukan. Semisal butuh performa lebih kencang lagi, bisa upgrade ke prosesor Intel Core i7-10700 dan nambah RAM hingga maksimal 64GB. Jadi PC desktop ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini sangat upgradabel dan customizable banget, nggak kalah sama PC desktop rakitan untuk urusan fleksibilitasnya.

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 20
Port dan konektivitas lengkap

Kalau ruang simpan udah penuh, ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini bisa ditambah hard disk atau SSD (Solid State Drive) sesuai kebutuhan. Kalau dari info yang Tuxlin Blog himpun, PC desktop ringkas andalan ASUS ini mampu menampung HDD hingga 3TB dan SSD hingga 2TB dengan slot SATA dan PCIe M.2 yang tersedia. Nggak cuma itu, kalau intensitas bikin desain grafis dan editing videonya kenceng, bisa ditambah kartu grafis diskrit Nvidia GeForce GT710 atau GeForce GT 1030 untuk mendongkrak performa GPU-nya… Kali aja Mbak Mega juga minat ngegame kasual buat ngusir penat hehehe… 😂 Mau nambah WiFi card, ODD drive, dan periferal lain juga bisa lho… 👍 Proses upgrade juga gampang dan nggak perlu repot pakai alat tambahan buat bongkar-bongkar.

Nggak cuma itu, port-port yang tersedia di ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA juga sangat lengkap, sebut saja USB Type-A, DisplayPort dan HDMI, serta port legacy seperti VGA dan PS/2. Di panel depannya, ASUS juga menyediakan 3.5mm audio port (input dan output), USB Type-A, serta opsi untuk menambahkan smart card reader dan SD card reader. Jadi kalau Mbak Mega pakai aneka periferal di masa mendatang seperti mouse dan keyboard (baik USB maupun PS/2), printer, scanner, barcode scanner, instalasi LAN, WiFi, dan sebagainya bakal mudah karena portnya udah ada dan lengkap. 👍

Kelola Bisnis dengan ASUS Control Center

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 21

Mbak Mega juga nggak perlu repot bayar pihak ketiga atau nambah karyawan baru buat mengelola bisnis dan pc desktop ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA karena udah ada alat bantu canggih yang namanya ASUS Control Center! Jadi ASUS Control Center adalah aplikasi web-based yang berfungsi buat mantau kondisi perangkat lunak, perangkat keras, manajemen tugas, bikin tugas terjadwal, dan banyak lagi! Bahkan nanti kalau bisnisnya udah gede, ASUS Control Center bisa dipakai buat memantau PC desktop lain secara remote… Duh tiba-tiba berasa pinter kayak Staff IT kantoran deh berkat ASUS Control Center. 😎👍

Windows 10 Asli dan Berlisensi

Salah satu nilai tambah yang ditawarkan oleh ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA adalah udah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home x64 asli dan berlisensi! Dan bisa request juga jadi Windows 10 Pro kalau diperlukan (dengan sayarat minimum pembelian). Jadi nggak perlu melanggar hukum dengan pakai OS bajakan atau repot beli lisensi dan instalasi sistem operasi dulu… Ini tinggal pakai saja dan dapat dukungan update resmi dari Microsoft, bisnis jadi lebih tenang kan?

Baca juga:Review Asus Zenfone Live L2: Si Cantik Harga Terjangkau

Fitur Keamanan Lengkap

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 22

Sebagai PC desktop kelas bisnis, fitur keamanan ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini lengkap banget, ada kenchington lock biar nggak dicuri PC-nya, TPM 2.0, dan proteksi port USB agar mencegak pembacaan/penulisan file menggunakan USB flash drive. Fitur ini penting juga lho buat Mbak Mega, kali aja ada orang yang mau nyuri resep rahasia Joong Rumah Roti pakai flash drive hehehehe… 😊

Saran Spesifikasi Buat Mbak Mega

Enaknya ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini adalah kita bisa milih komponen atau spesifikasi sesuai kebutuhan dan dana yang tersedia. Berhubung dananya terbatas dan kebutuhannya juga nggak terlalu berat, Tuxlin Blog menyarankan unit PC desktop ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA dengan spesifikasi:

  • Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)
  • Memori RAM 8GB DDR4
  • Storage SSD PCIe M.2 1TB
  • Grafis NVIDIA® GeForce GT1030 2GB GDDR5
  • Monitor 21,5 inci

Spesifikasi ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA di atas Tuxlin rasa udah lebih dari cukup untuk mendampingi Mbak Mega mengelola dan membuat konten guna memajukan bisnis Joong Rumah Roti.

Penutup

Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA 23
Menu rahasia Joong Rumah Roti

Pas selesai ngobrol, eh karyawan Mbak Mega bawain makanan tapi bukan roti. Apa itu? Ada Milkshake Red Velvet, Es Nyoklat, Indomie Telur Spesial, Parmagiana, dan Carbonara. Setelah Tuxlin Blog cicipi, rasanya memang endeus… Endol surendol markendol-kendol… 😂

“Makanan seenak ini kok nggak ada di buku menu dan nggak ada di spanduk depan? Gimana pelanggan tahu kalau ada menu selain roti di Joong Rumah Roti?” tanyaku sambil mengunyah macaroni creamy dari Carbonara.

“Rencananya sih mau aku tambahin mas, tapi komputerku kan lagi ngadat hehehe… Nanti deh kalau udah beli ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA, biar langsung dikerjain,” sahut Mbak Mega.

Hm… Komputer desktop yang andal memang sangat berpengaruh bagi kelancaran bisnis ya… kalau ngadat, bisnis pun tersendat hehehe… Selain menyarankan untuk membeli ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA, Tuxlin Blog dan istri juga menyarankan untuk mendaftarkan aneka menu Joong Rumah Roti di layanan ojek online seperti GoFood dan Grabfood untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Semoga dengan adanya PC desktop baru ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA, produktivitas Mbak Mega terdeongkrak signifikan. Bisa lebih fokus bikin konten promosi, desain flyer, video, dan mengelola toko rotinya dengan lebih maksimal. Semoga laris ya bisnis rotinya Mbak Mega.😉👍

Spesifikasi ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA

Main Spec.ExpertCenter D5 SFF (D500SA)
CPUIntel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)Intel® Core™ i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores)Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores)
Operating SystemWindows 10 ProWindows 10 Home
MemoryUp to 64GB DDR4
StorageUp to 3TB HDD
Up to 2TB SSD
GraphicsIntel® HD Graphics 630NVIDIA® GeForce GT710 2GB GDDR5NVIDIA® GeForce GT1030 2GB GDDR5
Input/OutputFront IO1 x 20 -in-1 Card Reader(Optional), 1 x Headphone, 4x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x Microphone& Headphone (Combo jack)Rear IO4 x USB 2.0, 1 x PS/2(Keyboard), 1 x PS/2(Mouse), 1 x HDMI 1.4, 1 x DisplayPort, 1 x RJ45 LAN, 1 x COM Port(Serial Port) (Optional), 1 x Parallel Port (Optional), 1 x D-sub, 3 x Audio Jack(s)
Expansion1 x PCI, 1 x M.2 (for Wi-Fi card), 2 x M.2 Socket, 2 x PCI-e x 1, 1 x PCI-e x 16
AudioHigh Definition 7.1 Channel Audio
SoftwareASUS Business Manager, ASUS Control Center
Dimension9.5 x 29.28 x 34 cm
Weight5.5kg
PowerUp to 300 W (80 PLUS)
AccessoriesIncluded keyboard, mouse, monitor
Warranty3 tahun garansi global 
source: Press Release Asus Indonesia

***

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertCenter – ExpertBook Writing Competition

Anda mungkin suka:Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

8 Replies to “Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF…”

  1. Komputer desktop sejauh ini memang paling cocok buat bisnis ya mas… Terlebih Mbak Mega yang punya bisnis ini nggak mobile. Bagus juga pc desktop ringkas kayak punya Asus ini 😁

    1. Betul mbak, soalnya lebih upgradable, fleksibel, dan banyak kelebihan lain yang cocok buat Mbak Mega yang sedang merintis usaha 🙂

  2. Adekku juga punya bisnis konter, pakai PC desktop juga buat mengelola usahanya… Enakan pakai desktop sih, upgradeable banget… Butuh kinerja lebih yang tinggal upgrade prosesor/RAM. Kalau pakai laptop musti tukar tambah dulu hahaha 😂😂😂

  3. Lho kenapa nggak nyaranin pakai laptop aja gan? Kan ada tuh laptopnya Asus yang khusus buat bisnis juga, yakni Expertbook. Lebih portabel kan

Leave a Reply

Your email address will not be published.