Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Infinix Hot 2, Android One Jilid II

8 min read

Review Infinix Hot 2

Review Infinix Hot 2 – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog membahas review Infinix Hot 2 yang bisa dikatakan sebagai ponsel platform Android One jilid II. Lha jilid pertama siapa? Jilid pertama ya trio Mito Impact A10, Evercoss One X, dan Nexian Journey One. Nah smartphone Infinix Hot 2 ini bisa dikatakan sebagai Android One pertama yang menyambangi pasar Afrika gan… Merek Infinix ini memang lebih dulu sukses ldi Afrika dan sekarang mulai menggempur pasar tanah air.

Beberapa hari terakhir ini banyak pembaca yang menanyakan kapan full review Infinix Hot 2 dan Galaxy J1 Ace? Badai skripsi memang telah berlalu, tetapi kemarin agak sibuk gegara siap-siap wisuda wwkwkwkwk… Akhirnya lulus juga setelah sekian lama menderita hahahahah… 😆  Selain mengusung platform Android One, Infinix Hot 2 ini hadir dengan spesifikasi yang sedang ngetren, yakni dibekalio RAM 2GB dan ROM 16GB! Sebelumnya udah ada Axioo PicoPhone M4P, Evercoss Winner Y Ultra, dan Mito Fantasy Max yang juga dibekali dengan spesifikasi seperti ituh… Anehnya, si Samsul anaknya pak Kades Samsung masih pede aja ngeluarin Galaxy J1 Ace dengan RAM 768MB dan ROM 4GB, mau bunuh diri? hahahaha… Berikut tampang dan spesifikasi Infinix Hot 2 yang dijual dengan harga Rp 1.299.000 ini.

IMG_20151009_154423_HDR

Spesifikasi Infinix Hot 2

  • Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop upgradeable to Android 6.0 Marshmallow
  • Chipset MediaTek MT6580 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera 8 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel.
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSDPA
  • Dimensi 156 x 77.88 x 8.9 mm
  • Baterai 2200mAh
  • Anda bisa membeli atau cek harga Infinix Hot 2 di Sini (Klik) atau install aplikasinya di sini (klik)

Baca juga:Review Asus ZenPower 9600mAh Gold

Paket Penjualan Infinix Hot 2

IMG_20151009_150415_HDR

Smartphone Infinix Hot 2 ini mendarat dengan selamat di markas Tuxlin Blog tanpa kekurangan suatu apapun dan tanpa tambahan apapun hahahaha :mrgreen: Desain boks smartphone Android One ini agak berbeda dari Hot Note yang sebelumnya pernah direview sebelumnya. Jangan banyak berharap bakal dapat paket penjualan yang wah untuk smartphone jaman sekarang gan… Paling paket penjualannya juga cuma itu-itu saja hehehehe…. Nah berikut ini paket pembelian yang ada dalam boks ponsel Infinix Hot 2.

  • Handset Infinix Hot 2
  • Baterai 2200mAh
  • Kepala Charger
  • Kabel USB
  • Headset model In-Ear Monitor (iyem) (IEM)
  • Kartu garansi
  • Buku nikah manual

Penampilan & Desain Infinix Hot 2

IMG_20151009_150443_HDRIMG_20151009_150550_HDR

Kewbetulan Infinix Hot 2 yang mendarat di Tuxlin Blog ini berwarna emas nan elegan…. Halah nggak kebetulan ding, emang sejak awal pilih yang warna Gold kok Smile with tongue out Kesan pertama Tuxlin Blog ketika pegang smartphone Infinix Hot 2 ini adalah solid, agak berat, dan kotak banget hehehehe… Ponsel ini memang mengusung desain sudut yang tegas, bezel atas dan bawah yang agak tebal, dan desain casing belakang yang agak unik. Secara umum, penampilan atau desainnya berbeda dengan kebanyakan smartphone Android yang beredar di pasar.

Infinix Hot 2 ini memang tidak dilengkapi dengan frame metal, tetapi bahan plastik yang digunakan oleh ponsel ini cukup kokoh menurut Tuxlin Blog. Materail yang digunakan oleh casing belakangnya cukup tebal dan kokoh. Satu hal yang Tuxlin suka dari Infinix Hot 2 ini adalah casing belakangnya seperti dilapisi kaca, kayak jajaran smartphone Xperia gan! Meski itu membuat ponsel jadi agak licin, tapi tampaknya jadi elegan lho… Smile Jangan khawatir casing belakang bakal gampang tergores, karena bagian pinggir casing belakangnya agak tinggi sehingga bagian belakangnya tidak langsung menyentuh permukaan ketika ponsel diletakkan.

Baca juga:Review Samsung Galaxy J5, Ponsel Menengah dengan Layar Super AMOLED

Bagian depan smartphone Infinix Hot 2 ini terdapat lubang kamera depan, LED notifikasi, sensor proximity, sensor cahaya, dan layar sentuh berukuran 5 inci. Sayangnya, layar ponsel Android One ini nggak disebutkan adanya lapisan antigores, sehingga pengguna musti beli screenguard atau tempered glass biar nggak gampang tergores. Sedangkan bagian belakang ponsel terdapat lubang kamera utama, LED flash, Logi Infinix, dan logo Android One.

IMG_20151009_150900_HDR

Smartphone Infinix Hot 2 ini dilengkapi fasilitas dual SIM dan slot microSD. Seperti biasa, kita harus membuka casing belakang terlebih dahulu untuk mengakses ketiga slotnya. Membuka casing belakang ponsel ini cukup mudah bro… Baterai Infinix Hot 2 dapat dilepas atau bersifat removable. Sementara di bagian atas baterai terdapat slot microSD, slot SIM 1, dan slot SIM 2. Kedua slot SIM ponsel Android One ini menggunakan jenis micro SIM.

IMG_20151009_150523_HDRIMG_20151009_150502_HDRIMG_20151009_150516_HDR

Infinix menempatkan tombol power dan volume rocker pada sisi kanan ponsel Hot 2. Sedangkan port audio 3,5mm dan port microUSb berada di sisi atas ponsel. Lah lubang speakernya mana gan? Tenang aje, lubang speaker smartphone Infinix Hot 2 ini berada di sisi bawah sebelah kiri Smile Secara umum, desain smartphone Infinix Hot 2 menurut Tuxlin Blog cukup menarik dan sedikit berbeda dari kebanyakan ponsel Android di kelasnya. Dukungan casing belakang dengan lapisan mirip kaca menjadi nilai tambah estetika ponsel ini. namun, desain seperti ini ternyata malah kurang nyaman digenggam, soalnya dimensi ponsel Infinix Hot 2 lumayan lebar… Musti diet tuh, biar nggak makin tumbuh kesamping wkwkwwkwk… *ngaco Rolling on the floor laughing

Tampilan Antarmuka Infinix Hot 2

Home 1

Sama seperti smartphone Android One sebelumnya, ponsel Infinix Hot 2 ini mengusung antarmuka Android perawan eh… Maksudnya Android stock gan… Yah memang ada plus minus dan suka nggak suka dengan tampilan stock seperti ini. Umat manusia di dunia ini memang ada tiga faksi gan, faksi suka tampilan Android Stock, suka tampilan Android yang udah dipoles, dan faksi terakhir nggak pake Androod Smile with tongue out. Tuxlin Blog sih masuk golongan kedua saja… Meski demikian, bukan berarti golongan lainnya sesat dan perlu dihancurkan *lha ngaco nih, efek radikalisme 😆

Kelebihan tampilan Android stock seperti Infinix Hot 2 ini adalah ringan, nggak banyak bloatware, dan cukup intuitif. Kita akan disuguhi oleh Lockscreen, Homescreen, dan menu drawer. Lockscreen mampu menampilkan notifikasi khas Lollipop gan… Seperti yang kita ketahui, Infinix Hot 2 memang menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dan akan mendapat update ke Android 6.0 Marshmallow. Kostumisasi tampilan yang disediakan relatif standar gan, kita bisa ganti wallpaper untuk lockscreen dan homescreen, dan juga nambah widget. Buat yang bosen bisa instal aplikasi launcher Smile

Baca juga:Unboxing Infinix Hot 2 Android One

home 2Home 4

Tampilan Material Design yang flat dengan warna yang menarik menjadi salah satu kelebihan Android stock yang terinstal pada Infinix Hot 2 ini. Lalu aplikasi apa saja yang sudah terinstal di ponsel Android One ini? Nggak ada aplikasi buatan pihak ketiga gan, yang ada cuma Google Apps saja, seperti Google Play Store, Google Play Music, Google Play Games, Google Maps, YouTube, Google Drive, Gmail, Google Camera, Chrome, Photos, dan banyak lagi.

Aplikasi bawaan yang nggak terlalu banyak ini memiliki efek positif bro, yakni performa ponsel jadi tetap perkasa karena nggak terbebani bloatware. Namun di sisi lain, kita juga perlu nambahin beberapa aplikasi tambahan seperti RAM cleaner, BBM, FB, dan aplikasi dasar lainnya. Tidak ada fitur khusus yang dimiliki oleh Infinix Hot 2 ini gan… Gesture wake up yang dulu ada di Hot Note X551 juga nggak ada di smartphone ini hehehehe… Maklum lah, konsep Android One ini sama seperti Nexus gan… Murni Android pokoknya Open-mouthed smile

Home 3Home 6

Google Play Music menjadi aplikasi player musik defaul smartphone ini. Sejak awal Tuxlin memang kurang sreg dengan tampilan aplikasi besutan Google ini. Hal ini diperparah absennya dukungan equalizer di ponsel Infinix Hot 2 Sad smile. Sedangkan aplikasi galeri defaul ponsel ini adalah Google Photos gan… Yah suka nggak suka, adanya aplikasi buatan Google. Bagi yang nggak sreg, bisa download aplikasi buatan pihak ketiga melalui Play Store.

Secara umum, penampilan antarmuka Infinix Hot 2 ini adalah Android stock dengan kelebihan pada performanya yang smooth dan nggak lag meski sudah jalankan banyak aplikasi. Orang bilang, Android Stock itu seperti kanvas kosong yang bisa dikostumisasi sesuai selera (dengan menambah aplikasi pihak ketiga tentunya). Sedangkan Android yang sudah dioprek (semacam MIUI, FlymeOS, TouchWiz dkk) adalah kanvas yang sudah berisi lukisan.  Smile

Performa Infinix Hot 2

IMG_20151009_154542_HDR

Secara umum, spesifikasi dapu pacu smartphone Infinix Hot 2 ini menurut Tuxlin Blog sebenarnya standar di kelasnya bro, dengan mengandalkan chipset MediaTek MT6580 yang didukung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis dari Mali-400MP! Tuxlin Blog masih gagal paham mengenai apa beda MediaTek MT 6580 sama MT6582? Entahlah… tapi yang jelas, daya tarik utama smartphone ini ya pada kapasitas RAM yang mencapai 2GB dan ROM 16GB.

Baca juga:Review Polytron Rocket T1 R2501, Andalkan Layar 5 Inci & RAM 1GB

Sekarang kan lagi musim tuh smartphone dengan RAM 2GB dan ROM 16GB, nggak percaya? Noh merek lokal udah pada bertelor smartphone RAM 2GB dengan harga under 1,5 juta, macam Evercoss Winner Y Ultra, Mito Fantasy Max A38, dan yang kemarin baru aja Tuxlin review ada Axioo Picophone M4P. Kapasitas RAM yang besar gini bikin kita lebih leluasa menjalankan banyak aplikasi tanpa terkendala lag… Nah berikut ini hasil benchmark  Infinix Hot 2 yang telah Tuxlin Blog lakukan, cekidot gan…

CPU-Z Infinix Hot 2

CPU Z

Benchmark Geekbench 3 Infinix Hot 2

Geekbench

Benchmark AnTuTu Infinix Hot 2

AnTuTu

Benchmark Vellamo Infinix Hot 2

Vellamo

Benchmark Quadrant Standard Infinix Hot 2

Screenshots Review Infinix Hot 2 Tuxlin Blog14

Multitouch Tester Infinix Hot 2

Screenshots Review Infinix Hot 2 Tuxlin Blog10

Sensorbox for Android Infinix Hot 2

Screenshots Review Infinix Hot 2 Tuxlin Blog09

Review Infinix Hot 2

Jika dilihat dari hasil benchmark di atas, skor yang dihasilkan oleh ponsel Infinix Hot 2 memang bisa dikatakan standar bro… Ini wajar sih, soalnya ponsel besutan vendor asal Hong Kong yang udah populer di Afrika ini hanya mengandalkan dukungan chipset MediaTek MT6580 yang didukung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis dari Mali-400MP saja. Akan tetapi, berpatokan penuh pada angka-angka benchmark adalah ajaran sesat gan… Kinerja sehari-hari atau pengalaman yang diberikan pada pengguna lebih penting dari sekadar angka-angka benchmark. Smile

Tuxlin Blog telah menggunakan smartphone Infinix Hot 2 selama kurang lebih semingga gan, hasilnya? Kinerja untuk penggunaan sehari-hari bisa dikatakan sangat nyaman dan perpindahan menu, serta buka tutup aplikasi berjalan smooth gan… Nggak cuma itu, Tuxlin juga udah lakukan instalasi pelbagai aplikasi dasar, aplikasi sosial media, hingga aplikasi yang biasa dipake anak-anak alay… Smile with tongue out Hasilnya, tidak ada penurunan performa atau lag. Kapasitas RAM 2GB membuat ponsel Infinix Hot 2 ini mampu menghadirkan kinerja yang nyaman meski banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Beberapa game ringan yang sudah Tuxlin coba adalah Subway Surfer dan Temple Run 2. Keduanya juga berjalan smooth dan nggak ada masalah Smile

Kualitas layar smartphone Infinix Hot 2 relatif standar menurut Tuxlin Blog, meski sudah mengusung resolusi HD (High Definition) 1280 x 720 piksel dengan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching). Layar smartphone Android One ini mampu menghasilkan warna yang baik dan tajam, tetapi kurang nendang gan… Viewing angle atau sudut pandang layar ponsel ini cukup luas gan, maklumlah udah pake panel IPS hehehehe… Ketika digaunakan di bawah sinar matahari dan menggunakan setting brightness auto, layar Infinix Hot 2 masih terlihat tetapi agak kurang memuaskan menurut Tuxlin Eye rolling smile

Baca juga: Review Kamera Axioo Picophone M4P Berkekuatan 8 Megapiksel

Soal audio, Infinix Hot 2 ini dilengkapi dengan speaker yang berada di sisi bawah. Penempatan speaker pada Infinix Hot 2 ini sama seperti Meizu M2 Note. keluaran suara speaker smartphone Android One besutan Infinix ini kurang keras gan… Kualitas suaranya menurut kuping kaleng Tuxlin juga nggak terlalu bagus dengan karakter suara dominan treble, tetapi suara secara keseluruhan kurang detail. Yah wajarlah, namanya juga smartphone murah, hehehee Smile with tongue out

Tuxlin Blog kemudian menjajal mendengarkan musik di ponsel Infinix Hot 2 ini dengan headset bawaan yang menggunakan model IEM (In-Ear Monitor), hasilnya? Menurut kuping rombeng Tuxlin, keluaran suaranya dominan bass dan menenggelamkan treble gan, sampai-sampai suara vkalnya kadang nggak jelas… Nggak detail banget Sad smile. Tuxlin kemudian mencobanya dengan menggunakan hedset Mi Piston 3 dan keluaran suaranya memuaskan gan, bass dan treble-nya seimbang, detail, enak deh pokoknya hehehe :mrgreen:

memori

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, smartphone Infinix Hot 2 ini dibekali memori RAM berkapasitas 2GB. Saat pertama kali dihidupkan, free RAM-nya cukup besar lho gan… Yakni 1,6GB. Tuxlin sebenernya nggak pernah mikirin free RAM gan, soalnya udah diatur sama sistem. Pengguna Android yang suka mikirin free RAM itu kebanyakan jomblo karena mikirin free RAM mulu, sampai nggak sempat cari pasangan hidup 😆 Infinix Hot 2 dibekali dengan memori internal berkapasitas 16GB dengan ruang kosong saat pertama kali dihidupkan adalah 11,68GB. Flirt male Sayangnya, ponsel Android One Infinix Hot 2 ini tidak mendukung fitur USB OTG.

Infinix membekali ponsel Android One Hot 2 ini dengan konektivitas yang lengkap, yakni WiFi, Bluetooth, dual SIM, 3G HSPA, dan GPS. Kedua SIM card nya bisa 3G gan, tapi harus gantian. Lock GPS ponsel ini terbnilang cepat dan akurat gan, meski pake chipset MediaTek Smile Daya tahan baterai ponsel besutan Infinix ini bisa dikatakan standar menurut Tuxlin Blog. Sekali cas, bisalah bertahan hingga seharian dengan intensitas penggunaan sedang. Saat standby dengan kondisi data hidup, baterai ponsel Infinix Hot 2 ini awet gan. Saat digunakan sebagai WiFi tethering juga nggak boros baterai. Sayangnya, pas dipake browsing pake Chrome, konsumsi baterai boros banget hahahaha… 😆

Baca juga:Review Acer Liquid Z220, Ponsel Android Lollipop dengan RAM 1GB

Secara umum, smartphone Infinix Hot 2 sangat layak dipertimbangkan bagi yang membutuhkan ponsel dengan dana kurang dari Rp 1,5 juta. Kapasitas RAM 2GB, internal 16GB, kamera 8 megapiksel, dan dukungan platform Android One adalah kelebihan utama yang ditawarkan oleh ponsel ini. Hasil jepretan kamera ponsel Infinix Hot 2 juga terbilang lumayan di kelasnya. Jika dibandingkan dengan pesaingnya yang menggunakan RAM 2GB, seperti Evercoss Winner Y Ultra, Axioo PicoPhone M4P, dan Mito Fantasy Max A38, Tuxlin Blog masih memilih seri Infinix Hot 2 ini Smile jaminan update Android selama 2 tahun dari Google adalah salah satu kelebihan yang tak dimiliki pesaingnya.

Anda bisa membeli atau cek harga Infinix Hot 2 di Sini (Klik) atau install aplikasinya di sini (klik)

Kelebihan Infinix Hot 2

  • Kapasitas RAM 2GB, ROM 8GB
  • Harga bersaing
  • Platform Android One

Kekurangan Infinix Hot 2

  • Tidak mendukung USB OTG
  • Speaker kurang keras

Review kamera Infinix Hot 2 bisa dibaca di sini:Review Kamera Infinix Hot 2 Berkekuatan 8 Megapiksel

Outro…

Saat smartphone Infinix Hot 2 Android One ini diluncurkan, Tuxlin Blog langsung teringat dengan ponsel Mito Impact A10 yang sempat menemani beberapa bulan. Yap, dukungan update dari Google memang bisa dikatakan daya tarik utama dari jajaran smartphone Android One, termasuk Infinix Hot 2. Saat ini Mito Impact A10, Evercoss One X, dan Nexian Journey One udah pada nyicipin Android 6.0 Marshmallow! Sayangnya, Infinix Hot 2 sampai saat ini belum dapat update. Tuxlin sih berharap rilis update-nya nggak lama lagi hehehehe… Sampai di sini dulu posting mengenai review Infinix Hot 2 Android One jilid II, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy J5


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

12 Replies to “Review Infinix Hot 2, Android One Jilid II”

  1. Seperti biasa bagus dan cukup detail reviewnya. Sedikit saran ditambah soal review kecepatan charging gan, kalau bisa pakai alat namanya Charger Doctor, jadi keliatan ponsel bisa terima arus charge berapa ampere. Handphone standar/harga lebih murah biasanya lama chargenya, rata2 sekitar 0.7 A walaupun pake adaptor 2A. Handphone rada mahalan biasanya bisa sampe 1.5 A pakai adaptor 2A, walaupun ada juga hp mahal tapi chargenya lemot, sebaliknya ada juga hp kelas ekonomis tapi bisa cepet chargenya.

      1. iya gan, murah koq harganya, di toped ada yg jual paling murah 20rb-an aja, tapi berguna banget buat ngetes ampere waktu ngecas, ganti kabel juga bisa jadi beda amperenya, jadi tau juga mana kabel kualitas bagus, standar dan jelek. Kabel alay warna-warni model gepeng yang banyak dijual itu kalo buat ngecas jelek bener dah, hehe

  2. gan, ane mau tanya, infinix hot 2 ini ada gak gan kalau dijual di toko-toko offline gan???
    apakah hanya dijual di Lazada saja???
    yang kedua saya bingung mau pilih infinix hot 2 ini atau Samsung j2?? soalnya perbedaan nya yang hot 2 tidak mendukung 4g sedangkan j2 mendukung 4g. apakah Smartphone yang masih 3g pantas kah dibeli??? soalnya banyak teman saya yang nyaranin 4g tapi kan 4g belum merata di indonesia
    menurut pendapat agan tuxlin gimana???

    1. Wah dilemma juga sih. Coba ane jawab 1 1.

      – Infinix Hot 2 ini resminya hanya lewat Lazada gan, di offline mungkin ada tapi jarang banget
      – Smartphone 3G masih pantas dibeli untuk saat ini
      – Jika memang membutuhkan 4G, bisa ke Alcatel Flash 2 yang harganya tak jauh beda dengan Samsung Galaxy j2 🙂

      1. tapi gan, ane lihat infinix hot 2 di Lazada udah gak ada lagi gan, yang ada cuma hot Note, gimana tuh gan???
        apa saya yang telat belinya??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *