Review Kamera Xiaomi Redmi 2, Usung Resolusi 8 Megapiksel

177

Review Kamera Xiaomi Redmi 2 – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog membahas review kamera Xiaomi Redmi 2 yang merupakan salah satu smartphone yang paling populer saat ini. Xiaomi membekali Redmi 2 dengan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash dan kamera depan berkeuatan 2 megapiksel.

Tuxlin menilai konfigurasi kamera yang diusung oleh Redmi 2 ini cukup standar di kelasnya, setara dengan pesaing terdekatnya, Lenovo A6000. Jujur saja, Tuxlin penasaran dengan kemampuan kamera Xiaomi Redmi 2 ini karena sebelumnya sudah cukup puas dengan kamera Redmi 1S. Nah apakah kamera Redmi 2 ini membawa peningkatan kualitas jika dibandingkan dengan Redmi 2? :mrgreen:

IMG_20150414_093505 Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi 2

Spesifikasi kamera yang diusung oleh smartphone Xiaomi Redmi 2 ini sebenarnya nggak banyak beruba jika dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi 1S. Vendor asal Tiongkok ini membekali Redmi 2 dengan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel autofokus dengan aperture f/2.2 dan didukung oleh LED flash. Sedangkan kamera depan, Redmi 2 ini sedikit mengalami peningkatan dibandingkan Redmi 1S, yakni mengusung resolusi 2 megapiksel.

Seperti yang kita ketahui, Redmi 1S hanya dibekali dengan kamera depan 1,6 megapiksel. Melihat spesifikasi kameranya, Tuxlin sebenarnya nggak berharap ada peningkatan signifikan dibandingkan dengan Redmi 1S… Lha spesifikasinya aja mirip? Hahahaha… Akan tetapi, Tuxlin nggak tahu apakah sensor yang digunakan Redmi 2 ini masih sama dengan Redmi 1S atau nggak 😀 Oiya, salah satu kelebihan Redmi 2 ini adalah dapat merekam video full HD. Hal ini tidak Tuxlin temukan di Lenovo A6000 yang sudah direview sebelumnya.

Baca juga:Review Kamera Lenovo A6000, Berkekuatan 8 Megapiksel

Antarmuka Aplikasi Kamera Xiaomi Redmi 2

Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog31 Ada yang aneh dengan tampilan antarmuka aplikasi kamera Redmi 2 di atas? Bagi yang udah pernah pegang iPhone, pasti bakal bilang kalau antarmuka aplikasi kamera Redmi 2 ini mirip dengan punya iPhone hahahaha… Tuxlin juga merasa begitu kok. Wajar sebenarnya sih, lha MIUI saja terinspirasi oleh iOS kok 😆

Oke, secara umum tampilan aplikasi kamera bawaan MIUI v6 pada Redmi 2 ini jauh lebih sederhana ketimbang aplikasi kamera bawaan MIUI v5. Tampilan aplikasi kamera Redmi 2 ini terdiri dari dua bagian, yakni viewfinder pada sisi kanan dan panel kontrol pada sisi kanan. Panel kontrol dengan background hitam memang kurang josss… Tapi panel tersebut bisa jadi transparan kalau kita set aspek rasio foto dari 4:3 ke 16:9 gan 😀

Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog32

 Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog33

Panel kontrol secara default menampilkkan tombol pengaturan LED flash, HDR (High Dynamic Range), tombol switch kamera, shortcut untuk mengakses galeri, tombol shutter, dan tombol untuk mengaktifkan mode video. Terlihat minimalis banget kan? Aplikasi kamera Redmi 2 ini menyediakan fasilitas filter yang dapat diakses dengan menyapu layar dari arah kanan ke kiri.

Sedangkan untuk mengakses mode kamera cukup menyapu layar dari kiri ke kanan. Awalnya Tuxlin bingung, fitur-fitur itu ditaruh di mana? Eh ternyata cara mengaksesnya cuma tinggal sapu layar aja 😆 Filter yang disediakan oleh aplikasi Redmi 2 ini ada 12 gan, bisa dipilih sesuai selera 😀 Sedangkan mode kamera, disediakan 6 mode yang terdiri dari Manual, Scene mode, Coundown, HHT (Hand Held Twilight), Panorama, dan Highlight Tones. 🙂

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy J1, Usung Resolusi 5 Megapiksel

Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog34 Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog35 Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog36

Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog37 Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog38 Screenshot Xiaomi Redmi 2 Tuxlin Blog40

Mode Manual jelas langsung menarik perhatian Tuxlin… Eh begitu dibuka, penonton kecewa wkwkwkw :mrgreen: Karena mode manual pada Redmi 2 hanya menyediakan dua parameter yang bisa diatur, yakni White Balance dan ISO. Kirain bisa ngatur Focus dan Exposure Time gitu kayak Xiaomi Mi3 8) Yah wajar sih, namanya juga hape murah…

Saat kita mengaktifkan kamera depan, ada fitur unik yang mampu mendeteksi wajah lengkap dengan umurnya. Seperti screenshot di atas, Tuxlin Blog terdeteksi “Male” dengan usai “24”… Wah Tuxlin sih seneng-seneng aja dianggap lebih muda wkwkwkw… 😆 Btw abaikan penampakan Tuxlin Blog yang amburadul di atas, jujur saja… itu baru bangun dari mimpi, belum mandi 😳

Sepertinya sejak rilis MIUI v6, Xiaomi menyematkan fitur Beautify… Apaan tuh gan? Fitur ini cocok buat cewek dan cowok yang punya jiwa narsis tingkat tinggi wkwkwkw… Secara umum, fungsi aplikasi Beautify ini sama kayak Camera360, yakni membuat wajah terlihat bersih dan lebih cerah… Fitur ini sebenarnya berbahaya, karena bisa nipu siapa saja yang berburu pasangan di sosial media wkwkwkw… 😆

Tuxlin melihat bahawa fitur Beautify ini terdiri dari tiga level, yakni low, mid, dan high… Buat yang kulitnya udah halus dari sononya, nggak usah pake fitur ini nggak papa, tapi kalau yang kulitnya berliku-liku terjal penuh jerawat, langsung saja set Beautify ke level high… *kaburrrr :mrgreen:

Berikut ini adalah hasil foto atau hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi 2 yang telah Tuxlin resize ke 800 x 600 piksel untuk memudahkan upload ke blog. Sema foto Xiaomi Redmi 2 ini Tuxlin ambil dengan mode auto. Jika ada perubahan setting, akan ada keterangannya 🙂

Anda bisa membeli atau cek harga Xiaomi Redmi 2 di Sini (Klik) atau install aplikasinya di sini (klik)

177 COMMENTS

  1. Beneran ada pendeteksi umurnya? Btw, itu foto yang buat kamera depan 1 aja ya? haha

    Kalah nih device yang saya pakai, padahal harganya 2x lipat 🙁

  2. Mas gan disitu disebutin kalau mode macro nya lebih baik daripada redminote. Nah, kalau secara overrall, dari fitur, ketajaman, led flash, dll ma redminote 3G bagusan mana yawh lo ditandingin ma redmi 2 ini? (kamera belakang) makasih mas gan.

    • Secara keseluruhan di sektor kamera, nggak bisa dibandingin begitu saja mas, hehehe… Pas siang hari, foto yang dihasilkan Redmi 2 ini lebih bersih, warna juga nonjok, fokus nya juga lebih cepat 😀

      Tapi, foto Redmi Note unggul soal detail dan resolusi. Saat malam hari, Redm Note juga sedikit lebih unggul

  3. mas, saya mau tanya, dulu sudah pernah tanya tentang jepret pakai flash waktu review redmi note dibandingkan redmi 1s.
    Sekarang jika di Redmi 2 kondisi flash diaktifkan, saat tekan shutter apakah juga lampu flash akan nyala sekitar 2 detik dahulu, baru kemudian jepret+flash atau langsung jepret+flash ?
    Kalau sama, apakah lebih cepat daripada Redmi note dan Redmi 1s ?
    Terima kasih.

    • Nyala dulu gan, tapi cepet banget jeda-nya… nggak nyampe 2 detik… trus jepret+flash. Responnya jauh lebih cepat dari Redmi 1S dan Redmi Note 🙂

      • kira-kira kinerja kameranya itu karena hardware kamera atau software MIUI nya ? (kan MIUI nya beda dengan redmi note)
        lalu kalau kinerjanya dibandingkan redmi note 3G, apakah beda jauh ? (perpindahan menu, loading aplikasi, dll)
        Terima kasih

        • Wah saya rasa itu hardware nya mas. Saya pake Mi3, pas upgrade dari MIUI v5 ke MIUI v6 nggak ada peningkatan performa signifikan di kameranya 🙂

          Soal kinerja, Redmi Note masih lebih nyaman mas 🙂

  4. kak, kalo dari segi kamera redmi 2 dibanding andromax R lebih bagus mana ?
    Andromax R kan depan 5 mp, belakang 16 mp. tapi kan makin besar MP belum tentu jadi patokan kamera itu lebih bagus kan ? apa lagi harganya gak beda jauh, beda 100rb doang. menurut kk gimana nih ?
    thx be4.

    • Saya belum pernah menguji langsung kamera Andromax R, sehingga belum bisa membandingkan keduanya 🙂 Sedangkan Redmi 2 sendiri kameranya termasuk 8MP terbaik di kelasnya 🙂

  5. Bos, Banyak yg bilang klo redmi 2 itu
    * batreinya cpet panas & habis krn ada bug mediaserver?
    * notifikasi bbm / line / whatsapp / dll ga tepat wktu, selalu telat
    * kadang ikon bbm connected nya ilang2 mulu
    * pas ngapture layar, gmbr screenshot nya ga nyimpen di gallery
    * gps kurang akurat
    * klo ngedit foto ga bisa buat ngecrop fotonya

    Apa bnr bgtu bos? Mohon pencerahannya, thanks

    Soalnya mau beli redmi 2 tp msh ragu2..

    • Saya coba bantu jawab ya gan.

      *daya tahan baterai dan panas ponsel wajar gan, pastikan agan update Redmi 2 secara teratur. Saya pakai versi update terakhir nggak ada masalah 🙂
      *notifikasi telat itu karena aplikasi tidak jalan di background gan. Solusinya, lock aplikasi yang diinginkan agar tidak dibersihkan dari RAM. Sejauh ini saya pakai tiga tipe Xiaomi (Redmi 2, Mi 4i, Mi3) nggak ada yang telat notifnya 🙂
      *capture screenshot jelas tersimpan di galeri gan, nyatanya saya bisa review Redmi 2 dengan banyak screenshot 😀
      *GPS cukup akurat kok gan, ane udah nyoba 🙂
      *ngedit foto bisa buat ngecrop kok gan, tergantung agan ngeditnya pake aplikasi apa?

      Semoga tercerahkan 🙂

  6. Bang redmi 2 sama redmi 1s itu cameranya lebih bagus mana? Kok ada yg pernah bilang bagusan 1s, Kalo dibuat motret teks bisa bersih gak?, Terus kalo buat gaming lemot gak dg ram 1gb?
    Tolong infonya bang!!

    • Buat motret teks bersih kok. Menurut saya masih bagus Redmi 2 daripada Redmi 1S. Kalau buat gaming itu tergantung game apa yg dimainkan. Rata-rata game masa kini bisa dimainkan kok pake Redmi 2 ini. Kalau niatannya buat ngegame kelas berat kenapa nggak nyari yang RAM nya 2GB sekalian> Tanggung banget tuh RAM 1GB 😀

  7. Pengenya beli redmi 2 bang. Kalo misalnya game COC / get rich masih kuat kan?
    Terus kalo menurut anda kekurangan dari redmi 2 itu apa bang?

  8. Lagi bang 😀 kamera depan kalo buat selfie bisa bersih gak? Sama zenfone 5 bagus mana? & kameranya kalo buat motret objek yg jauh pas di zoom gambarnya pecah gak?
    Terimakasih 😉

    • Untuk kamera depan standarlah, kalo menurutku masih bagus redmi 2 kamera depannya. Kalo dizoom, ya pasti ada penurunan kualitas foto. Semua hape kayak gitu gab kalo di zoom 🙂

    • Itu mungkin prosesornya yang panas gan, kalo nggak salah prosesor/chipsetnya berada di sekitar modul kamera. Sejauh ini panas yang ditimbulkan oleh Redmi 2 tergolong wajar kok gan.

      Kalo nggak kepake tapi panas, kemungkinan itu ada aplikasi yang jalan di background 🙂

  9. Mas mau tanya nih. Xiaomi saya kalo buat motret dg flash kok cenderung foto nya berwarma kuning mas ya. apalagi kalo di fokus in. foto nya cenderung kuning.. wajar gak si mas ? atau ada pengaturanya ? thx mas

  10. Gan dibanding zenfone 5 (yg biasa, bukan lite) lebih rekomen mana?

    Terus ram 1Gb buat wa/line/path dan socmed lainnya ngangkat ga?

    • Wah kalau bukan Lite nggak sebanding dong gan, kan harganya beda 😀 RAM 1GB cukup kok untuk sosmed 🙂 Tapi untuk power user memang disarankan cari yang RAM 2GB 🙂

  11. Gan, udah nyoba untuk motret objek yang bergerak ga ? gambarnya bebayang ga ?? soale klo moto orang apali anak2 yg bergerak mulu.

  12. mas kalau kamera depan untuk foto malam hari atau didalam ruangan kualitasnya gimana ya? trus dibanding huawei honor 4c gimana? thx

    • Untuk malam hari dalam ruangan, dengan penerangan yang cukup dari lampu, hasilnya tak terlalu detail dan noise nya lumayan 🙂 Saya belum pernah pegang Honor 4C gan 🙂

  13. mas minta sarannya dong- ane baru beli xiaomi redmi2, utk pengechasan gimana prosedurnya supaya batray Li-po bisa panjang umur alias awet- terimakasih

    • Nggak ada trik khusus sih… Setau saya, cas jangan sampai overcharge, begitu penuh langsung cabut. Terus mulai isi baterai setelah kapasitas tg 30% dipercaya dapat mengoptimalkan umur baterai 🙂

  14. bang mau tanya kalau dari segi kamera redmi 1s kualitasnya hampir sama/mirip gak dgn redmi 2 , kalau redmi 1s vs lenovo a6000 kualitas kameranya masih bagusan mana bang ???

  15. Mas broo.. Saran dong hp yang kinerjanya melebihi xiaomi redmi 2 tapi harga masih main di 1jt s.d 1,5jt 🙂 ( jangan smartfren, soalnya di daerah ane gak ada sinyalnya :v )

  16. Gan.., maw tnya, kalau mw bli hp d blibli dgn tunai gimana cara ny? D kota xiaomi redmi 2 beda jauh harganya dgn d blibli.., thank’s gan

  17. Bang, saya mau tanya..
    Kamera redmi2 saya kok gag bisa d buka yaa..
    Setiap d buka muncul ‘kamera bermasalah’..
    Tidak bisa terhubung k kamera begitu..
    Padahal foti sudah saya kosongkan juga..
    Kira” solusinya gmna yaa, bang?
    Mohon infonya…

  18. Kenapa kamera depan xiaomi redmi note 2 blur dan tidak ada filternya, serta tidak dilengkapi dengan pendeteksi jenis kelamin dan umur. Menu kamera yang tersedia hanya manual, timer, panorama, dan mode adegan kenapa demikian ? Mohon solusinya

    • Nggak cuma Redmi gan, semua juga pecah kok… tergantung kondisi jaringan dan kompresi foto yang dilakukan oleh BBM-nya. Masalah ini tak ada kaitannya dengan kamera 🙂

  19. mas mau tanya kok redmi 2 ane hasil kamera nya pecah2 gtu, klo di zoom blur, klo di autofocus gambar nya lmayan brsih
    mohon pencerahan nya

  20. Kalo misalkan kamera depan nya itu abis diperbarui ke versi 7 tapi pas dipake kamera depan nya burem ga fokus terus pas aku reset ke xiominya langsung kamera depan nya ga bersih kayak dulu, itu gimana ya ?

    • Update ke MIUI 7 memang cukup signifikan, disarankan reset pabrik setelah update agar lebih optimal 🙂

      Mengenai hasil kamera yang tidak bersih, sejauh ini tidak banya berpengaruh pada kualitas kamera… Coba motretnya di tempat dengan kondisi cahaya yang memadai 🙂

  21. Hpku xiaomi redmi 2, tp kenapa ketika merekam video sudah lama, setelah di save lalu dibuka di galeri video nya sepotong2, kadang jdi 3 ato 2 lalu kadang gambarnya tiba2 berhenti tetapi ada suaranya. Itu kenapa yaa?

    • Pastikan tidak ada kesalahan teknis saat merekam (misal tak sengaja memencet tombol stop record). Kedua, pastiken memori internal ada yang kosong, minimal 1GB. Jika rekaman disimpan pada microSD, pastikan menggunakan microSD dengan klasifikasi class 10 🙂

  22. misi gan, mau tanya dong,
    Redmi 2 saya kenapa ya pas waktu ngerekam video pake kamera depan jadi agak gelap gitu? padahal sebelumnya pas pake buat foto terang2 saja, tapi pas switch ke video langsung jadi agak gelap
    suara rekaman video nya juga agak kurang jernih, agak sember gitu (saya nyoba ngerekam suara petikan gitar). Padahal pas nyoba nyetel musik mp3 normal2 saja, bahkan jernih banget.
    makasih ya gan, mohon pencerahannya^^
    Catatan: MIUI nya udah di update ke MIUI 7.1.1.0

    • Pas dipake buat foto, Xiaomi biasanya pake algoritma/filter yang membuatnya cerah dan halus. Namun fitur semacam ini tidak ada jika digunakan untuk merekam video.

      Pastikan jarak perekaman dengan microphone tidak terlalu dekat 🙂

      • Padahal ga terlalu deket kok. Di jarak yang sama & pencahayaan yang sama pas nyoba punya ade yang redmi 1s mah suaranya bersih, ga sember, video kamera depannya juga terang.

        Bukan gegara upgrade ke miui 7 kah gan? Atau emang bawaan dari sono nya begitu? Baru ngeuh nya sekarang2 pas nyoba mideo pake kamera depan.
        Hiks

  23. Saya punya redmi 1s dan redmi 2,
    kalau kamera utama siang hari dak beda jauh lah nyaris sama
    Kamera utama malam hari menurut saya lebih unggul redmi 1s terang dan detail.
    Untuk video kamera belakang siang hari hasilnya sama,tapi gerakan video redmi 1s lebih smooth.
    Untuk kamera belakang malam hari lebih bagus juga redmi 1s terang dan detail serta gerakan nya lebih smooth.
    Untuk kamera depan berimbang.
    Untuk build quality redmi 1s lebih unggul ,terkesan lebih kokoh dan presisi.
    Untuk spesifikasi jelas menang redmi 2 ya.
    Bahkan saya menolak untuk menukar redmi 1s saya dengan redmi 2 teman dengan tambahan 200 rb saja.
    Cukup puas dengan hasil kamera redmi 1s ini.dalam situasi tertentu “mirip” hasil kamera poket premium.perasaan saya,,,

  24. gan, redmi 2 saya saat pengambilan foto menggunakan kamera depan di tempat agak gelap masih cukup terang, tapi saat pengambilan video atau video call hasilnya gelap. apa ada cara untuk mengakali hal tersebut? terima kasih

  25. Bang, mau nanya.. Hp sy redmi note 2.. Foto hasil dari kamera hp sangat bagus..tp klo dipake dp bbm kok pecah ya, jd gak jelas, itu knp ya? Trus gimana cara ngatasinya spy dp bbm bisa sejelas foto aslinya? Mohon solusinya. Makasih banyak.

  26. Nyimak dari awal comment sampe akhir, ini blog yang aktif ya hehe
    btw mau tanya gan penasaran banget sama performa redmi 2 kalo dibanding ama ipun 4s. secara ram beda jauh apa bisa disamain 4s sama redmi 2? dari segi kamera juga mending mana gan? makasih sblmnya ^^

    • iPhone 4S dan Redmi 2 adalah produk yang berbeda, dari segi hardware maupun software, sehingga sulit dibandingkan secara langsung. Saya pribadi lebih memilih Xiaomi Redmi 2 🙂

  27. Mau tanya mas…redmi prime2 4G saya kalo buat merekam konser music live kok suara pecah ya? Posisi saya waktu merekam deket sama speaker sound system…lalu saya pindah belakang sekitar 25 meter…masih tetep pecah….mohon penjelasan n solusi nya…makasih sebelumnya….

  28. gan cara mematikan autofocus diredmi2ada gak gan soalnya kalau ngambil gambar buram… cuman sebagian ajha yg bersih… maunya kan bersih semuanya…

  29. Mas kok xiaomi redmi 2 prime saya kamera belakangnya gamau fokus yah ?
    Padahal d setting udah saya ubah jadi fokus mas

    Makasih sblumnya hehe

  30. Nanya om redmi 2 vs meizu m2 bagus mana segi kamera dari macro maupun non macro terlihat kalo kamera mp lebih besar meizu m2 dngn 13mp?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here