Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Mifa A3, Speaker Unik dengan Suara Asik!

4 min read

review Mifa A3

Review Mifa A3, Speaker Unik dengan Suara Asik! – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog mau review Mifa A3! Keistimewaan speaker ini adalah desainnya yang unikl dan futuristik. Kalian nggak bakalan nemu speaker bluetooth yang desainnya seaneh Mifa A3 ini. ๐Ÿ˜ Nama Mifa tentu nggak asing lagi bagi penikmat speaker portabel di Indonesia. Brand ini awalnya identik dengan speaker outdoor yang memiliki kemampuan tahan air dan debu, kini mencoba menghadirkan produk yang unik melalui seri Mifa A3 ini.

Selain bentuknya yang unik, speaker wireless Mifa A3 ini dibekali spesifikasi yang cukup meyakinkan dengan dukungan driver berdaya 10W berukuran 2,5 inci yang diperkuat oleh low frequency amplifier. Harga terakhir speaker ini adalah kisaran 200 – 300 ribuan. Di rentang harga ini, sebenarnya kalian bisa dapat speaker lain dengan dua buah driver kalau pengen merasakan efek stereo. Ini sebenarnya bisa dimaklumi sih karena Mifa A3 udah dirilis agak lama, yakni sekitar tahun 2019. Lalu kayak gimana kehebatan speaker bluetooth unik ini? Simak review Mifa A3 oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Mifa A3, Speaker Unik dengan Suara Asik!

Spesifikasi Mifa A3

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Single-channel + Bass
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: sentuh kapasitif
  • Loudspeaker: 2,5 inci full range driver speaker, Low frequency amplifier
  • RMS: 4ฮฉ 10W THD=10%
  • Frequency Response: 80 Hz – 20 KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia, maksimal 32GB FAT32
  • Casing metal, tahan percikan air dan debu dengan sertifikat IP45
  • Bitrate: MP3๏ผš8Kbps-320Kbps, WMA๏ผš32Kbps-384Kbps, APE๏ผš600Kbps-1400Kbps, FLAC๏ผš600Kbps-1400Kbps, WAV๏ผš600Kbps-1200Kbps
  • Baterai built-in 1800mAh lithium battery, hingga 12 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 112 ร— 112 ร— 140 mm
  • Berat 443 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black Silver

Anda dapat membeli atau cek promo Mifa A3ย di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Mifa A3

Paket Penjualan Mifa A3
  • Speaker Mifa A3 warna Black Silver
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Mifa A3

Review Mifa A3, Speaker Unik dengan Suara Asik! 1

Sesuai dengan judul Tuxlin di atas, sisi desain emang menjadi daya tarik utama pada review Mifa A3 kali ini. Speaker ini tampil futuristik dengan bodi silinder yang meramping pada bagian tengahnya, seksi nggak sih? Ehe… ๐Ÿค” Ini jelas beda dengan kebanyakan speaker yang beredar di pasaran yang rata-rata bentuknya silinder simetris atau kotak persegi panjang yang gitu-gitu aja. ๐Ÿ˜… Apa yang ditawarkan oleh Mifa A3 sungguh berbeda dan berani! ya soal desain ekstrem begini memang jatuhnya relatif, ada yang bakal seneng dan ada juga yang mungkin nggak suka.

Desain speaker Mifa A3 yang seksi ini dipadukan dengan dual tone color, yakni warna hitam pada bagian atas dan paling bawah, serta warna silver pada bagian tengahnya. Sementara pada bagian atas speaker Mifa A3 ini terdapat deretan lubang yang bisa dikatakan sebagai speaker grill. Bodi speaker Mifa A3 ini menggunakan bahan polikarbonat dengan finishing yang berbeda. Bagian yang warnanya hitam itu glossy, sedangkan yang silver pakai finishing sandblasting.

Hal yang menarik dari review Mifa A3 adalah lingkaran kontrol yang terdapat pada bagian atas speaker. Pas kita aktifkan speakernya, maka panel kontrol itu akan dikelilingi LED berwarna hijau dipadukan backlight merah pada tombol kontrolnya, futuristik bukan? ๐Ÿ˜Ž Build quality speaker Mifa A3 ini sebenarnya cukup solid, cuma terasa agak kosong aja. Ukuran bodinya agak besar dengan bentuk yang nyleneh ini bikin speaker Mifa A3 nggak terlalu portabel sebenarnya. Tuxlin sendiri bakalan males bawa-bawa speaker ini, repot masuk tasnya. ๐Ÿ˜…

Baca juga:Review ZNT ThunderBar, Speaker Bluetooth 200 Ribuan Tahan Air yang Enak!

Pada review Mifa A3 kali ini, sisi atas terdapat panel sentuh yang melingkari logo Mifa. Pengguna dapat meningkatkan atau mengurangi volume dengan melakkan swipe atau sentuhan pada lingkaran tersebut. Juga terdapat tombol Next dan Previous track, serta tombol Play/Pause dan Bluetooth yang dapat dioperasikan dengan sentuhan.

Sisi depan terdapat tombol power atau lock. Sedangkan sisi belakan terdapat port aux, slot microSD, dan port microUSB untuk charging. Sedangkan sisi bawah speaker Mifa A3 ini tidak terdapat tombol atau port apapun, hanya ada informasi singkat mengenai spesifiksi teknisnya. Nah yang Tuxlin nggak nyangka, ternyata, Mifa A3 ini memiliki kemampuan tahan debu dan cipratan air dengan sertifikat IPX4.

Video Unboxing Mifa A3

Review Mifa A3

Review Mifa A3

Pembaca Tuxlin Blog pasti pada penasaran kayak gimana kualitas suara speaker Mifa A3 yang desainnya aneh ini, ye kan? Ternyata nggak cuma ngandelin desain aneh doang kok, tapi kualitas suara yang dihasilkan speaker portabel Mifa A3 ini memang asik, meski bukan yang terbaik. Karena yang terbaik cuma kamu… ehe… ๐Ÿ˜

Kualitas Suara

Pada review Mifa A3 oleh Tuxlin Blog kali ini, konfigurasi speaker ini terbilang unik. Bodi yang kayak pesawat alien ini ternyata cuma berisi satu driver aja! Padahal kalau diutak-atik, bisa lho dibenamkan dua driver biar ada efek stereo-nya gitu. ๐Ÿ˜‰ Satu driver di speaker Mifa A3 ini berkekuatan 10W dan dibantu low frequency amplifier guna mendongkrak kualitas suara secara keseluruhan.

Baca juga:Soundplus 9Soul Review, Speaker Bening dengan Lampu Blink-Blink

Meski cuma satu driver saja, speaker Mifa A3 ini mampu menghasilkan volume suara yang keras. Cukuplah buat party kecil-kecilan di kostan atau ruangan yang agak gedean. Tuxlin Blog nggak saranin kalian muter musik di Mifa A3 ini dengan volume penuh lho. Bukan karena masalah distorsi, tapi bodinya geter… Jadi kalau pas banyak bass-nya, bodi bakal bergetar dan mengeluarkan bunyi “drrt…” gitu, gak banget dah. Mungkin bodi Mifa A3 terbuat dari plastik yang sama dengan bodi Supra wkwkw… *salam geter… ๐Ÿคฃ

Menurut kuping kaleng Tuxlin Blog, karakter suara yang dihasilkan speaker bluetooth Mifa A3 ini cenderung bright dengan treble yang mendominasi. Treble yang dihasilkan memang terdengar crisp banget, cuma aga tajam di kuping. Meski nggak bikin kuping lelah, karakter treble-nya itu kurang detail. Kalau kalian muter lagu dengan treble yang macem-macem kayak lagu Trivium – In Waves atau lagu Avenged Sevenfold – Nightmare, bakal terdengar kurang berwarna gebukan cymbal-nya.

Sedangkan untuk mid, speaker Mifa A3 ini lumayan asik. Tuxlin cobain aneka macam lagu, suara vokal pria maupun wanita mampu disajikan dengan baik. Tuxlin nikmatin banget suara melengkingnya Tarja Turunen pas nyanyi lagi Angels Fall First. Pas dengerin lagu Black Heart milik Chimaira, suara scream juga terdenger gahar dan bertekstur. Distorsi gitar di lagu-lagu metalcore juga gahar dan bertektur, asik!

Buat penggemar bass atau basshead siap-siap kecewa dengan review Mifa A3 kali ini. Meski dibekali dengan low frequency amplifier, ternyata bass yang dihasilkan belum sesuai harapan Tuxlin Blog. Kuantitas dan kedalaman bass yang dihasilkan speaker Mifa A3 terbilang kurang, sehingga kalau kalian dengerin lagu-lagu yang nonjolin bass kayak EDM atau hiphop bakalan kurang asik dan bertenaga.

Mifa A3 diklaim daya tahan baterainya bisa sampai 12 jam dengan bermodalkan baterai berkapasitas 1800mAh. Pas Tuxlin cobain dengan volume rata-rata di atas 60%, ternyata daya tahannya cuma sekitar 6 – 7 jam aja alias setengahnya doang. Meski demikian, ini termasuk andal kok. ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Kesimpulan

Secara umum, Mifa A3 merupakan sebuah speaker bluetooth portabel yang menawarkan kualitas suara yang cukup asik. Penampilannya yang futuristik bikin speaker ini lain dari yang lain. Bagi yang suka bass, tampaknya Mifa A3 bukan pilihan yang tepat. Ukurannya yang agak gede dengan desain yang aneh bikin Mifa A3 ini ngga terlalu portabel banget. Agak repot juga dibawa kemana-mana. ๐Ÿ˜…

Kelebihan Mifa A3

  • Desain aneh futuristik
  • Kualitas suara baik dan lantang
  • Daya tahan baterai andal

Kekurangan Mifa A3

  • Bass kurang berasa
  • Ukuran besar, kurang portabel
  • Bodi getar pas volume mekasimal

Special thanks toย Laptophiaย for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan?


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *