Tren Smartphone 2014: Spek makin Gila, Harga Juga

Vivo Xplay 3S

Halo pembaca!!! Makin lama, spesifikasi smartphone makin menggila dan harga juga makin gila mahalnya :mrgreen:. Lihat aja Galaxy Note 3 dijual dengan harga 7,8 juta! Atau yang lebih gila lagi iPhone 5S Gold 64GB nyampe 20 juta di Indonesia, padahal Black Market Smile with tongue out. Saya heran, udah tau iPhone 5S belum masuk resmi ke sini masih ada banyak yang nyari, akhitnya beli BM, tar kalo rusak atau defect nah rasain aja tuh Laughing out loud. iPhone 5S sama HTC One Max ini pionir smartphone yang dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari, jadi kalo mau buka lockscreen tinggal tempel ajah tuh jari, langsung jreng… Nggak usah slide to unlock lagi dah… Tapi yah itu, namanya inovasi baru pasti harga selangit.. nggak ada inovasi baru yang dijual dengan harga murah, kecuali biskuit Smile with tongue out. Nah tahun 2014 ini kira-kira fitur apa yang bakal ngetrend yah? Berikut ini hasil ramalan Tuxlin, setelah bertapa di kaki gunung Merapi, semoga bener… :mrgreen: Penasaran? Cekidot gan…Punk


Layar 2K

Vivo-Xplay-3S-colors

Layar 2K apaan tuh? Layar yang ada tulisannya “K K”? Bukan! Smile with tongue out 2K itu resolusi, yakni 2560 x 1440 piksel. Jika tahun 2013 ini tren layar yang digunakan adalah full HD aka 1920 x 1080 piksel. Tahun depan layar full HD ini kayaknya bakal ditinggalin deh sama jajaran smartphone kelas atas, kok bisa? Lihat saja Vivo Xplay 3S dan Oppo Find 7, dua produk ini sudah dipastikan usung layar resolusi 2K. Akhir-akhir ini juga beredar kabar kalau Samsung lagi menguji prototipe Galaxy S5 dengan layar resolusi 2560 x 1440 piksel. Lha terus apa kelebihan layar 2K ini? Makin tinggi resolusi layar, maka pikselnya makin rapat, gambar makin aluuussss dan tajam Nerd smile. Bandingkan dengan laptop 14 inci masa kini biasanya mengusung layar dengan resolusi hanya 1366 x 768. sekarang bayangkan layar smartphone kelas atas dengan ukuran rata-rata 5 inci atau lebih besar, tapi dibekali resolusi 2560 x 1440 piksel! Layar PC desktop saya saja 20 inci dengan resolusi 1600 x 900 piksel saja Embarrassed smile.  Bagaimana perasaanmu kalo resolusi layar PC desktop yang kamu pakai kalah sama smartphone? 😆

Layar Lengkung & Fleksibel

LG_G_Flex_vs_Galaxy_Round

Selain mengusung layar resolusi tinggi hingga 2K, sekarang ini juga lagi musim smartphone dengan layar bengkok gak jelas lengkung yang menggunakan teknologi layar LED (Light Emiting Diode) fleksibel. Dua produk bengkok dengan layar lengkung telah meluncurk ke pasar, yakni Samsul  Samsung Galaxy Round dan disusul oleh LG G Flex. Meski Galaxy Round muncul duluan, LG G Flex lebih dahulu diluncurkan di pasar global. Galaxy Roung besutan Samsung ini lengkungnya vertikal, sedangkan LG G Flex ini lengkungnya horizontal. Nah yang saya tanyakan, itu kalo masuk kantong celana jeans rasanya gimana? enak gak? Smile with tongue out Kalo pembaca ada yang punya salah satu dari dua smartphone di atas, saran saya jangan dimasukin ke kantong celana jeans deh… :mrgreen: Nah pada tahun 2014 ini diperkirakan LG G Flex dan Samsung Galaxy Round ini bakal beranak pinak dan muncul smartphone ras baru, yakni smartphone ras bengkok lengkung.

Prosesor 8 Core & 64 bit

MediaTek

Sekarang smartphone dengan prosesor dual-core udah kayak kacang goreng, dimana-mana ada… Smartphone dengan prosesor quad-core juga makin murah, lihat aja tuh Andromax G atau Himax Pure II, quad core murah tuh… Tren smartphone 2014 ini gak hanya pake quad-core atau 4 inti saja, tapi 8 core atau octa-core! Makin banyak otak katanya makin pinter n makin cepet buat multitasking, asal gak ribut aja tuh core-nya Smile with tongue out. Saat ini SoC (System on Chip) 8 core pertama adalah MediaTek MT6592 yang bawa prosesor ARM Cortex-A7 8-core dengan kecepatan 1,7GHz sampe mentok 2GHz. Meski punya banyak core, kayaknya juga belum begitu efektif. Lha prosesor quad-core aja masih banyak dimanfaatkan oleh aplikasi Eye rolling smile. Oiya, banyak juga pengguna smartphone yang anti banget sama chipset MediaTek ini, emang dia salah apa sih? Mungkin namanya emang gak sekeren Snapdragon, tapi performanya udah oke punya tuh.,. Emang sih banyak yang bilang nge-lock GPS-nya lama kalo pake MediaTek aka MTK ini. Kita perlu mengerti bahwa setiap produk memiliki kelebihan dan kelemahan Punch.

Selain prosesor dengan banyak core, sekarang juga lagi musim smartphone yang ditenagai sama prosesor 64 bit, contohnya? Apple iPhone 5S! iPhone 5S yang dijual dengan harga selangit udah pake prosesor 64-bit dual-core yang performanya mampu melibas prosesor quad-core yang biasa dipake Android. Apa sih kelebihan prosesor 64 bit ini? Gak beda sama prosesor buat komputer, yakni dukungan memori RAM hingga lebih dari 4GB. Oke, lalu iPhone 5S memori RAM nya berapa? 1GB saja :mrgreen:. Heran sama iPhone 5S, ngapain pake aplikasi 64 bit segala? Yang jelas, tren prosesor 64 bit ini bakal nular ke Android Smile with tongue out, kok bisa? Qualcomm baru aja rilis Snapdragon 410 yang bawa prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang kemungkinan bakal dipakai oleh smartphone kelas menengah-atas. Terlepas dari dukungan RAM 4GB, prosesor 64 bit ini ternyata memiliki performa yang lebih tinggi dari prosesor 32 bit.

Kalo PC desktop saya malah masih pake dual-core Smile with tongue out, tapi udah 64-bit lho Hot smile. Gimana perasaanmu kalo jumlah core prosesor PC Desktop/laptopmu kalah sama smartphone 😆

Android 4.4 KitKat

android-kitkat

Sampai saat ini dominasi Android masih belum terkalahkan di pasar smartphone di dunia maupun Indonesia. Smartphone yang bakal dirilis pada tahun 2014 ini bakalan banyak yang pake Android 4.4 KitKat ini. Kalo sekarang sih baru jajaran produk Nexus dan smartphone Google Play Edition yang udah bisa nikmatin Android 4.4 KitKat. Kabarnya, Google udah ngembangin Android 4.4 KitKat ini supaya lancar dijalankan di smartphone dengan RAM 512MB saja, beneran gak tuh? Saya juga gak tau beneran bisa apa gak, liat tahun 2014 aja deh, tar banyak bermunculan smartphone Android dengan RAM 512MB dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat, nah beli aja itu dan coba langsung…Laughing out loud Smartphone saya, Xperia Ray malah masih stuck di Android 4.0 Ice Cream Sandwich Smile with tongue out

Kamera Makin Yahuuuddd….

lumia-1020-grip

Kemampuan kamera smartphone yang dirilis 2014 mendatang pasti lebih yahuddd… Sekarang aja kamera smartphone udah canggih, banyak yang dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) yang berfungsi untuk mencegah hasil foto ngeblurr ketika tangan goyang pas motret, contohnya nih ya LG G2 dan Nokia Lumia 925. Selain itu, masing-masing produsen punya teknologi sendiri. Sony dengan Xperia Z1 nya mengusung kamera 20 megapiksel dengan lensa Sony CyberShot G+prosesor BIONZ+sensor Exmor, canggih kan?

HTC punya teknologi Ultrapiksel, yakni dengan 4 layer sensor 4 megapiksel mampu menghasilkan gambar yang gak kalah sama kemera 13 megapiksel. Oppo lewat N1 juga mengusung teknologi canggih Night OWL yang diklaim mampu motret dengan kualitas bagus di malam hari. Nokia? Ini dia nih jawaranya! Nokia mengandalkan Lumia 1020 yang mengusung kamera berteknologi PureView dengan resolusi 41 megapiksel…Rolling on the floor laughing Kalo dibandingi sama Xperia Ray saya yang cuma 8 megapiksel ya jauhhh :mrgreen: Tahun 2014 mesti lebih canggih dari ini Punk.

Fitur Inovatif Lainnya

HTC-One-max

Tahun 2014 pasti bakal keluar inovasi baru yang aneh-aneh Smile with tongue out. Tahun 2013 aja udah muncul fitur pemindai sidik jari, lihat aja noh iPhone 5S dan HTC One Max udah pake itu. Tar buka lockscreen dan password lainnya cukup sentuh aja pake jari, beres Hot smile. Kira-kira fitur inovatif apa nih yang bakal muncul 2014? Kita lihat saja, saya gak bisa ngramal kalo yang ini… mungkin bakal muncul smartphone dual fungsi dengan setrika, sekarang kan banyak smartphone yang panas :mrgreen:

Sampai di sini dulu ngramalnya, semoga makin gelap dan tidak tercerahkan hahahahaha… gak dink, semoga bermabfaat bagi pembaca semua Smile.


16 Comments

  1. duniaely December 18, 2013
    • tuxlin December 18, 2013
  2. duniaely December 20, 2013
    • tuxlin December 20, 2013
  3. duniaely December 20, 2013
    • tuxlin December 20, 2013
  4. perkofashion December 22, 2013
  5. duniaely December 27, 2013
    • tuxlin December 27, 2013
  6. duniaely December 30, 2013
    • tuxlin December 30, 2013
      • duniaely December 31, 2013
  7. gadgetboi January 12, 2014
    • tuxlin January 12, 2014
  8. Belva February 24, 2015

Add Comment

*