Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap

6 min read

Realme Narzo 50 5G Review

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap – Halo Pembaca! Pada penasaran nggak sih sama teknologi 5G? Tuxlin Blog sebenernya penasaran banget seberapa kencang sih 5G ini dibandingkan 4G LTE+ πŸ€” Berhubung Tuxlin HQ belum tercover jaringan 5G, ya nyicil dulu beli smartphone 5G-nya hehehe… Buat kalian yang pengen ngrasain 5G dengan budget pas-pasan, bisa banget mempertimbangkan smartphone Realme Narzo 50 5G. Smartphone ini pertama kali diperkenalkan Realme di Indonesia pada bulan Juni 2022 kemarin dengan harga Rp 3 jutaan.

Meski harganya nggak terlalu mahal, Realme Narzo 50 5G ini dibekali fitur yang lumayan lengkap lho… Sebut saja ada dual stereo speaker, NFC, dan fingerprint sensor. Soal performa, Realme Narzo 50 5G ini lumayan kenceng dengan dukungan chipset baru dari MediaTek Dimensity 810 5G ditandemkan RAM sebesar 6GB. Spesifikasi kayak gini udah lebih dari cukup untuk komunikasi sehari-hari, sosial media, dan gaming kasual. Nggak lupa, Realme Narzo 50 5G juga dibekali layar sentuh full HD+ dengan refresh rate 90Hz yang smooth dan baterai berkapasitas 5000mAh, lengkap dengan Dart Charge 33W. Penasaran? Simak Realme Narzo 50 5G review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Realme Narzo 50 5G Review

Spesifikasi Realme Narzo 50 5G

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka Realme UI 3.0
  • Chipset MediaTek Dimensity 810 5G MT6833V dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,4GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Dua kamera belakang, kamera utama 48 megapiksel, sensor sensor Samsung ISOCELL GM1/2.0 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel aperture f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0, AI Beauty
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,6 inci, dengan resolusi Full HD+ 2408 x 1080 piksel, kerapatan 400 ppi (pixel per inch), 90Hz refresh rate, 180Hz touch sampling rate, panel IPS
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB UFS 2.1, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, NFC, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), port audio 3,5mm, AI Face Unlock
  • Stereo speaker
  • Dimensi 163.8 x 75.1 x 8.1 mm berat 190 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE / 5G
  • Baterai 5000mAh, non-removable, fast charge Dart Charge 33W
  • Warna Hyper Blue dan Hyper Black

Anda dapat membeli smartphone Realme Narzo 50 5G dengan harga lebih murahΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Realme Narzo 50 5G

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 1
  • Handset Realme Narzo 50 5G 6GB/128GB warna Hyper Blue
  • Kepala charger 33W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Screenguard (terpasang di layar)
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme Narzo 50 5G

Desain Realme Narzo 50 5G

Ngomongin soal desain, Realme Narzo 50 5G ini beda lumayan jauh jika dibandingkan dengan Narzo 50 4G yang udah Tuxlin ulas sebelumnya. Smartphone ini gayanya terlihat lebih minimalis dan elegan. Tuxlin Blog paling suka dengan desain housing kameranya yang cenderung simpel dengan dua buah lubang kamera yang cukup menonjol, serta menggunakan finishing yang mengkilap kayak jidat mas-mas klimis 🀣

Casing belakangnya sekilas kayak pakai finshing matte ya? Padahal sebenarnya nggak kayak gitu lho. Casing belakang smartphone Realme Narzo 50 5G ini menggunakan finishing bertekstur kevlar yang mencolok banget pada bagian bawah dan agak pudar kalau semakin ke atas. Finishing kayak gini selain nggak gamapng licin pas menggenggamnya, juga nggak mudah meninggalkan sidik jari. Oiya, unit Realme Narzo 50 5G yang Tuxlin review adalah varian warna Hyper Blue.

Sementara kalai dilihat dari depan, smartphone 5G terjangkau ini nggak jauh beda sama smartphone kebanyakan dengan poni minimalis atau waterdrip pada bagian atas. Selain itu, Realme Narzo 50 5G ini juga dibekali dengan fram flat. Kalau mau jujur, Tuxlin lebih suka frame melengkung kayak Realme 8i atau Narzo 50 4G yang terasa lebih nyaman saat digenggam. Build quality-nya cukup solid dan kuat, nggak berasa murahan.

Baca juga:Xiaomi 11T Review: Kata Siapa Nggak Mengigit?

Pada Realme Narzo 50 5G review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Layar smartphone terjangkau Realme Narzo 50 5G udah terlindungi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik, tapi nggak disebutin ada proteksi antogores semacam Gorilla Glass gitu atau nggak.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme Narzo 50 5G ini. Sedangkan sisi kiri terdapat volume rocker, tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel terdapat microphone. Sedangkan bagian belakang ponsel Realme Narzo 50 5G ini terdapat dua buah kamera yang tersusun vertikal, LED flash, dan logo Narzo. Realme menempatkan port USB Type-C, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Antarmuka Realme Narzo 50 5G

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 6

Smartphone Realme Narzo 50 5G ini dibekali dengan antarmuka Realme UI 3.0 yang berbasis sistem operasi Android 12 terbaru. Nggak ada informasi berapa tahun jaminan update yang diberikan Realme untuk seri Narzo 50 5G ini. Paling tidak Realme bakal ngasih upgrade ke Android 13 di masa mendatang. πŸ€”

Tampilan antarmuka Realme UI 3.0 di Narzo 50 5G ini emang nggak menawarkan perubahan yang signifikan. Akan tetapi beberapa fitur baru dari Android 12 juga diaplikasikan di smartphone Realme Narzio 50 5G, salah satunya adalah Global Theme Color. Selain itu, icon pack yang digunakan Realme 3.0 ini mendapat sentuhan sedikit 3D.

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 7

Penampilan antarmuka Realme UI 3.0 ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan dilengkapi dengann App Drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan juga lengkap, jadi kalian bisa ganti Themes, Wallpaper, Icon Styles, App Layout, Colors, Font, dan juga notification drawer sesuai selera. Jadi nggak perlu instal launcher tambahan deh biar nggak bosen 😁

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 8

Realme UI 3.0 ini emang kaya fitur dan ini beberapa fitur yang lumayan menonjol di Realme Narzo 50 5G review kali ini, yakni Eye Care, Dark Mode, Dynamic RAM Expansion (DRE), screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Simple Mode, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Flexible Windows, Smart Assistant, Game Focus Mode, App Cloner, Quick Return, Quick Launch, dan banyak lagi.

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 9

Nah salah satu yang bikin Tuxlin kurang sreg sama Realme ini adalah aplikasi bawaan yang lumayan banyak. Pas pertama kali dihidupkan, aplikasi yang udah terinstal antara lain Google Apps, Baca Plus, App Market, Helo, IDN, J&T Express, TikTok, LinkedIn, Lazada, Snack Video, Shopee, Snapchat, WhatsApp, ORoaming, Facebook, HeyFun, Twitter, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini bisa kalian hapus, kok. Lumayan buat nambah storage, ye kan? 😝

Baca juga:Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 10

Apakah di Realme UI ini nggak ada iklannya? Jelas ada. Kalian bisa lihat iklan muncul kalau habis instal aplikasi, bakal muncul fitur scanning dan… Jreng! Banner iklan muncul. πŸ˜† Nggak terlalu frontal atau ganggu sih sejauh ini. Secara umum, sisi software Realme Narzo 50 5G ini sebenarnya udah lumayan oke dan kaya fitur.

Performa Realme Narzo 50 5G

Performa Realme Narzo 50 5G

Performa yang powerful menjadi daya tarik tersendiri pada Realme Narzo 50 5G review kali ini. Nggak heran sih, soalnya smartphone ini dibekali dapur pacu yang lumayan kompeten dari chipset MediaTek Dimensity 810 5G MT6833VΒ yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,4GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB dengan fitur virtual RAM 5GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Banyak yang nanya, secepat apa chipset MediaTek Dimensity 810 5G? Setara dengan chipset apa? Ya kalau menurut informasi dari MediaTek, seri Dimensity 810 5G ini menawarkan peningkatan yang lumayan signifikan untuk CPU maupun GPU, serta udah pakai teknologi fabrikasi 6nm. Nggak heran kalau MediaTek Dimensity 810 5G lumayan kenceng dan efisien.

Kalau dibandingkan dengan smartphone dengan level harga yang sama yang rata-rata ditenagai MediaTek Helio G96, Dimensity 700, Snapdragon 680 atau bahkan Snapdragon 720G sekalipun, Realme Narzo 50 5G dengan Dimensity 810 5G masih lebih kencang. 😎 Tuxlin pakai untuk komunikasi sehari-hari, edit foto dan video, dan kadang juga sosial media di Narzo 50 5G ini, performanya berasa gegas dan nggak ada lag yang mengganggu.

Lalu sehebat apa performa gaming Realme Narzo 50 5G ini? πŸ€” Game-game populer macam PUBG Mobile, Shadowgun Legend, Call of Duty: Mobile, dan Mobile Legends: Bang Bang bisa dimainkan tanpa kendala di smartphone 5G terjangkau ini. Panas yang dihasilkan juga tergolong wajar, nggak sampai mengganggu walaunudah dipakai main game dalam waktu lama. Berikut ini benchmark Realme Narzo 50 5G oleh Tuxlin Blog!

Baca juga:Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022?

Device Info HW

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 11

Benchmark AnTuTu v9

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 12

Benchmark Geekbench 5

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 13

Benchmark PCMark

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 14

Benchmark 3DMark

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 15

Benchmark Basemark OS II

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 16

Benchmark Androbench

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 17

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 18

Realme Narzo 50 5G Review

Realme Narzo 50 5G Review

Layar

Layar Realme Narzo 50 5G memang masih pakai teknologi panel IPS dengan resolusi full HD, tetapi kualitasnya bisa dikatakan bagus. Layarnya tajam, warna yang dihasilkan juga memanjakan mata, dan viewing angle-nya luas. Nggak cuma itu, respon touchsreen-nya bisa dikatakan gegas. Jadi kalau buat main game nggak akan ada kendala.

Performa layar Narzo 50 5G ini di bawah sinar matahari alias outdoor ternyata masih bisa diandalkan, sob! Mungkin karena brightness yang dihasilkan lumayan tinggi, yakni sampai 600 nits. Refresh rate juga udah 90Hz, jadi berasa lebih smooth. Minusnya cuma nggak disebutin adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di hape ini. Meski demikian, layarnya udah ada screenguard bawan dari pabrik. Mendingan nanti ganti aja ke tempered glass, biar lebih kuat.

Baca juga:Xiaomi Redmi 10C Review: Snapdragon 680 Termurah, Layak Pilih?

Audio

Beda sama Realme 9 4G yang Tuxlin ulas sebelumnya, seri Realme Narzo 50 5G udah dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo lho… Tentunya hadirnya kedua speaker ini bakal menambah pengalaman pas main game atau menikmati konten multimedia.

Kualitas kedua speaker stereo pada Realme Narzo 50 5G review ini cukup jernih dengan dominasi mid dan high, seperti kebanyakan speaker smartphone lainnya. Sayangnya nih, volume yang dihasilkan berasa kurang kenceng. Namun sisi positifnya, suaranya nggak ada distorsi alias pecah kalau volumenya dimaksimalin.

Memori

Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap 19

Pada Realme Narzo 50 5G review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 107,13GB. Sedangkan free RAM smartphone layar ciamik dengan desain tipis ini rata-rata 2,7 – 3GB. Smartphone Realme Narzo 50 5G ini mendukung USB OTG melalui port USB Type-C dan tersedia slot microSD (dedicated) buat pengguna yang pengen ekspansi ruang penyimpanan.

Baterai

Nggak nyangka, ternyata daya tahan baterai jadi salah satu keunggulan dari Realme Narzo 50 5G review kali ini lho… 🧐 Smartphone 5G terjangkau ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh, nggak jauh beda sama smartphone lain di kelasnya. Eh tapi ternyata Realme Narzo 50 5G bisa tahan 1,5 hari penggunaan intensif non gaming lho 😎 SoT-nya bisa nyampai 7 atau 8 jam, mayan keren kan?

Tuxlin sebenernya nggak nyangka kalau daya tahan baterainya bisa sehemat ini, apa karena cuma pakai jaringan 4G? Soalnya markas Tuxlin HQ belum tercover jaringan 5G sih hehehe… Mungkin juga penggunaan SoC Dimensity 810 5G yang udah pakai teknologi fabrikasi 6nm bikin konsumsi dayanya efisien. Ngecharge baterainya juga cepet, cuma butuh 1 jam 10 menit buat ngisi dari 9% hingga penuh. πŸ‘πŸΌ

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Realme Narzo 50 5G ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS terasa cukup cepat dan akurasinya bagus. Sensor sidik jarinya yang lokasinya sisi samping bodi smartphone ini cukup reliabel. Oiya, hape 5G ini udah ada fitur NFC lho… Jadi kalian bisa cek saldo, top up e-money, dan sebagainya pakai Narzo 50 5G ini.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Narzo 50 5G ini cocok buat kalian yang pengen ngrasain betapa kencengnya jaringan 5G dengan harga terjangkau dan fitur yang lengkap. Kalau belum kejangkau 5G ya itung-itung investasi di masa mendatang. Performanya juga lumayan powerful dengan harga segini. So, Realme Narzo 50 5G patut kalian pertimbangkan.

Baca Review Kamera Realme Narzo 50 5G di Sini: Review Kamera Realme Narzo 50 5G: 48 Megapiksel yang Bisa Diandalkan

Kelebihan Realme Narzo 50 5G

  • Performa bersaing di kelasnya
  • Desain keren
  • Speaker stereo
  • Ada NFC

Kekurangan Realme Narzo 50 5G

  • Nggak ada kamera ultra-wide angle

Anda mungkin suka:Samsung Galaxy A23 Review: Desain Minimalis, Performa Memadai


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

12 Replies to “Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap”

      1. *Untuk android yang tidak ada iklan nya selain merk samsung. Kira kira dari merk apa kang ?

        *apakah benar galaxy a04 dapat jaminan update os android 4 tahun ?
        Padahal hp kelas low end. Kira kira apakah kuat menjalankan os 4 tahun ke depan ya. Pasti nya system requiment os semakin lama semakin besar.
        Menurut saya android low end dapat jaminan upgrade os 2x itu sudah bagus dari pada tak sama sekali dapat upgrade ..

        1. Sejauh ini yang nggak ada iklannya Samsung, Nokia. Oppo dan Vivo juga bisa jadi alternatif, iklannya nggak mengganggu.

          Galaxy A04 setau saya cuma dapat dukungan sampai 2 tahun OS dan 3 tahun security patch πŸ€”

  1. Saya liat video nya jagat riview A04 dapat 4x update version android.. coba sampeyan liat. Di akhir akhir video

  2. Tapi chipset nya apa kuat di instal android selama 4 tahun ke depan 🀣🀣🀣
    Kalau tak salah A04 pakai helio P35 yang rilis tahun 2019.
    Sekarang tahun 2022 + 4 tahun berati sampai tahun 2026..
    Chipset tahun 2019 di instal android yang rilis tahun 2025/20026 wahh

    1. Nah itu dia… helio P35 itu rasa2nya udah terlalu tua.
      Kenapa Galaxy A04 nggak pakai Unisoc Txxx aja yang lebih baru dan lebih kenceng? πŸ˜’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *