Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Acer Liquid Z320 Berkekuatan 5MP

5 min read

Review Kamera Acer Liquid Z320

Review Kamera Acer Liquid Z320 – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog membahas review kamera Acer Liquid Z320 yang berkekuatan 5 megapiksel. Pasti pembaca udah pada bosen nunggu artikel review di blog ini ya? Hahaha… Maklum Sob, lagi banyak masalah dan kesibukan ini, jadwal tidur siang padat 😆 Memang yah ngurusin cewek itu lebih rumit dari ngurusin blog… Jones-jones yang suka tongkrongin Tuxlin Blog sih nggak bakal tau gimana rumitnya… Eh malah curcol 😳

Back to taufik topik, Acer Liquid Z320 ini sebenarnya udah sebulanan lebih nongkrong di markas Tuxlin Blog dan baru sekarang sempat diulas hihihihi… Pasti pada penasarankan sama kemampuan kamera Liquid Z320 ini? Simak review kamera Acer Liquid Z320 oleh Tuxlin Blog kali ini.

Review Kamera Acer Liquid Z320

Spesifikasi Kamera Acer Liquid Z320

Seperti yang sudah Tuxlin Blog senggol di paragraf intro, pada review kamera Acer Liquid Z320 ini mengandalkan kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel autofokus yang ditandemkan dengan lensa aprture f/2.8. Nggak cuma itu coy, kameranya nggak bakal kesepian kayak jones yang lagi baca artikel ini, soalnya udah ditemani single LED flash 😆

Yah melihat spesifikasi yang ditawarkan, Tuxlin Blog nggak berharap banyak dengan hasil review kamera Acer Liquid Z320 kali ini. Namanya juga smartphone entry-level ya pastinya kamera yang diusungnya nggak terlalu mumpuni.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Acer Liquid Z320 di Sini (klik) atau di Sini (Klik)

Pabrikan asal Taiwan ini membekali Acer Liquid Z320 dengan kamera depan berkekuatan 2 megapiksel fixed focus untuk ritual foto selfie atau video call. Spek kamera depannya memang nggak istimewa, jadi penggemar selfie tingkat tinggi nggak cocok pake Liquid Z320 😛 Meski demikian, setidaknya ada kamera depan bisa dipake buat video chat lewat Skype, Line, dan sejenisnya hehehe…

Baik kamera depan maupun kamera belakang ponsel Acer Liquid Z320 ini dapat merekam video HD 720p. Meski nggak sampai full HD, setidaknya kan masih lumayan buar mengabadikan momen kita sama si dia… Kalau Jomblo sih fitur perekam video ngga guna, paling banter dipake stand up 😆

Antarmuka Kamera Acer Liquid Z320

screenshot kamera Acer Liquid Z320 Tuxlin Blog_01

Seperti biasa, pada review kamera Acer Liquid Z320 kali ini Tuxlin menggunakan aplikasi kamera bawaan. Meski secara umum tampilan UI Liquid Z320 nggak jauh beda dengan Android stock, tetapi aplikasi kameranya tetep proprietary Acer.

Kalau sebelumnya udah pernah pakai smartphone Acer, tentu nggak bakal bingung lagi dengan tampilan aplikasi kameranya. Tuxlin sendiri melihatnya tak jauh berbeda dengan antarmuka kamera Acer Liquid Z220 yang pernah direview sebelumnya.

Pada review kamera Acer Liquid Z320 ini terdapat dua panel yang mengapit viewfinder. Sisi kiri, terdapat ikon gerigi yang merupakan akses menuju menu setting atau pengaturan kamera, tombol switch kamera, tombol sound capture, dan tombol pengaturan LED flash.

Sedangkan panel kanan terdapat slider untuk melakukan zoom, shortcut untuk mengakses kostumisasi kamera, tombol perekam video, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri.

screenshot kamera Acer Liquid Z320 Tuxlin Blog_02

Apa saja fitur yang disediakan oleh aplikasi kamera Liquid Z320 ini? Berdasarkan pantauan Tuxlin Blog, kamera ponsel ini menyediakan lima mode pengambilan foto yang terdiri dari Normal, HDR (High Dynamic Range), Bright Magic, Picture with sound, dan Presentation.

Juga tersedia beberapa Scene yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan, seperti Landscape, Night, Night Portrait, dan Portrait. Effect atau filter yang disediakan oleh aplikasi kamera Acer Liquid Z320 juga cukup lengkap bro, ada Mono, Sepia malam ini ku takkan datang, Negative, dan Aqua. Mana yang paling bagus efeknya? Balik ke selera deh 😎

screenshot kamera Acer Liquid Z320 Tuxlin Blog_03

Tuxlin Blog melihat aplikasi kamera Acer Liquid Z320 ini juga menyediakan beberapa opsi pengaturan, seperti White Balance, Image Adjusment (Brightness, Contrast, Saturation, Sharpness), pengaturan ISO (Auto, 100 – 1600), dan geotagging.

Nggak cuma itu bro, kita juga bisa mengatur resolusi foto dan tersedia pengaturan timer. Pada mode video juga dilengkapi beberapa fitur menarik seperti filter, video stabilizer, time lapse, dan night mode.

Pembaca Tuxlin Blog pasti udah pada penasaran kan dengan hasil foto pada review kamera Acer Liquid Z320 ini kan? Seperti biasa, Tuxlin melakukan resize foto dari resolusi aslinya menjadi 800 x 600 piksel untuk memudahkan proses upload. Cekidot hasil foto Acer Liquid Z320 di halaman berikutnya 😎

Baca juga:Hisense Kingkong 2 Masuk Indonesia, Tahan Air & Debu

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 HDR

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 HDR
HDR off
Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 HDR
HDR on

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Siang Hari
Sample 1
Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Siang Hari
Sample 1 crop

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Macro

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Macro
Sample 1
Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Macro
Sample 1 Crop

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Malam Hari

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Malam Hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Malam Hari dengan LED flash
LED flash off
Hasil Foto Kamera Acer Liquid Z320 Malam Hari dengan LED flash
LED flash off

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Depan Acer Liquid Z320

Hasil Foto Kamera Depan Acer Liquid Z320
Empunya blog sekali2 boleh nampang kok hehehe…

Baca juga:Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL Dirilis, Andalkan Snapdragon 820 & RAM 6GB

Review Kamera Acer Liquid Z320

Review Kamera Acer Liquid Z320

Akhirnya telah sampailah kita pada bagian akhir dari ulasan review kamera Acer Liquid Z320 oleh Tuxlin Blog kali ini. Yap, sesuai dugaan, hasil jepretan kamera smartphone entry-level ini memang jauh dari kata memuaskan. Namun, masih relatif laik untuk kelas harga under 1 juta. Masak iya sih smartphone harga di bawah 1 juta minta kamera mumpuni ala Samsul Samsung Galaxy S7? Mikir! (Cak Lontong mode: On) 😆

Tuxlin Blog suka heran sama yang nanya lewat BBM, Line dkk… Kok kamera anu begini ya? Kok kamera ini begini ya? Lha sehebat-hebanya kamera ponsel ya tetaplah ponsel. Kalau mau yang joss, bebas noise, kuning, pecah, ambyar, bubar 😆 atau apalah… Ya ganti ke DSLR! Atau minimal Mirrorless lah 😛

Nah kalau hasil review kamera Acer Liquid Z320 ini gimana? Tuxlin Blog nggak banyak berharap jika melihat harga yang ditawarkan. Saat digunakan untuk memotret pada siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, warna yang dihasilkan sebenarnya lumayan, meski kadang pudar.

Baca juga:Pre-order Xiaomi Redmi Note 3 Resmi Dibuka di Indonesia, Ini Harga & Spesifikasinya

Sayangnya, detailnya kurang dan noise yang dihasilkan terbilang lumayan. Meski demikian, kamera belakang Liquid Z320 ini udah mencukupi untuk fotografi standar dengan hasil yang masih dapat diterima. Mode HDR (High Dynamic Range) yang disediakan ternyata tidak memberikan hasil jepretan yang sesuai harapan Tuxlin Blog.

Foto HDR yang seharusnya mampu meningkatkan Dynamic Range malah terlihat lebih gelap dan warnanya menjadi cenderung bluish. Seperti biasa, memotret dalam mode HDR ini akan memerlukan waktu penyimpanan yang lebih lama dari biasanya.

Berdasarkan review kamera Acer Liquid Z320 yang Tuxlin Blog lakukan, tampaknya nggak cocok bagi yang gemar foto macro dengan ponsel. Kecepatan fokus kamera Liquid Z320 ini memang agak lambat dan kadang malah nggak fokus… Padahal disekitarnya nggak ada pujaan hati lho, kok bisa nggak fokus yah? *nggak nyambung :mrgreen:

Hasil foto macro ponsel besutan Acer ini relatif standar. Warna yang dihasilkan kadang nggak akurat, detail lumayan, dan noisenya juga lumayan hehehehe… Efek bokeh yang dihasilkan memang nggak wah, cuma kayak blur gitu 😐 Tuxlin memang sempat dapet bokeh yang lumayan pada foto bunga kersen (Sample 1).

Kalau malam hari, kemampuan kamera Acer Liquid Z320 ini memang nggak bisa diharapkan Sob… Maklumlah, smartphone kelas menengah saja banyak yang kurang joss foto malam harinya, apalagi ponsel kelas entry-level kayak Liquid Z320 ini.

Baca juga:Review Kamera Infinix Hot 3 X553: Soft LED Selfie

Sensor kelas entry-level diduetkan dengan lensa aperture f/2.8 ternyata mampu menghasilkan foto yang gelap. Ketika memotret sumber cahaya (misal: lampu), foto yang dihasilkan jadi kayak berkabut. Padahal lensa kamera bersih lho, nggak ada noda 😀 Beruntung, LED flash yang diusungnya lumayan terang, sehingga sangat membantu memotret di malam hari.

Review kamera Acer Liquid Z320 untuk foto selfie relatif standar menurut Tuxlin Blog. Kamera depan ponsel ini memang hanya mengusung resolusi 2 megapiksel saja.

Foto selfie di halaman sebelumnya diambil sore hari sekitar pukul 5, hasilnya lumayan. Wajah Tuxlin Blog masih terlihat ganteng seperti biasa 😎 😆 Dengan hasil seperti ini, mungkin udah cukup lah kalau cuma buat video chat dan ritual selfie 🙂

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Acer Liquid Z320 di Sini (klik) atau di Sini (Klik)

Secara umum, review kamera Acer Liquid Z320 ini terbilang lumayan untuk kelas entry-level. Setidaknya kemampuannya lebih baik dari Lenovo A1000 yang harganya nggak jauh berbeda. Saat siang hari, hasil foto kamera Liquid Z320 masih bisa dinikmati.

Foto macronya juga lumayan, meski nggak terlalu bagus. Sayangnya, kalau malam tanpa LED flash jelas Acer Liquid Z320 nggak bisa diandalkan. Jadi kalau malem wajib pake LED flash deh biar hasilnya mendingan 😀 Sampai di sini dulu review kamera Acer Liquid Z320 oleh Tuxlin Blog, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka: Harga & Spesifikasi Asus ROG GL552VW-CN656D dengan SSD 128GB


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

5 Replies to “Review Kamera Acer Liquid Z320 Berkekuatan 5MP”

  1. Gan, ane user Z320, baru beli pas hari minggu,, gan, bukannya ada fitur sound capture yaya,, kok gak di jelasin & di pakai sih??!

Leave a Reply

Your email address will not be published.