Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024?

5 min read

Review Kamera Xiaomi 12

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? – Halo Pembaca! Beberapa bulan yang lalu, Tuxlin Blog sempet curhat kalau istri lagi butuh smartphone yang mantap kemampuan foto dan video-nya. Nah kandidat utama yang dipilih adalah Xiaomi 12 ini. Alasannya? Ya karena Xiaomi 12 ini adalah smartphone ‘mantan’ flagship yang dibekali dengan spesifikasi kamera yang masih kompeten banget. Selain itu, harga Xiaomi 12 udah jauh turun jika dibandingkan pas pertama kali dirilis di Indonesia hampir 2 tahun yang lalu.

Meski Xiaomi 12 ini belum mengusung branding Leica kayak Xiaomi 13 series, kemampuan kamera Xiaomi 12 nggak bisa dipandang sebelah mata. Cobain deh pandang hape ini pakai sebelah mata doang, pasti nggak enak… *eh 🤣 Jadi Xiaomi 12 ini dipersenjatai dengan kamera utama 50 megapiksel yang didukung sensor berukuran besar dan biasa digunakan smartphone kelas flagship, yakni Sony IMX766. Nggak cuma itu, kamera Xiaomi 12 ini juga diperkuat dengan fitur OIS, penasaran kan? Simak review kamera Xiaomi 12 oleh Tuxlin Blog kali ini! 😎

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 1

Spesifikasi Kamera Xiaomi 12

Sebagai sebuah smartphone flagship berukuran ringkas atau mungkin malah bisa dikatakan ringkas, setup kamera Xiaomi 12 terbilang cukup standar. Jadi, smartphone ‘mantan’ flagship ini dibekali dengan tiga kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan 6 elemen lensa 26mm aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Sony IMX766 1/1.56 inci 1um piksel yang diperkuat fitur EIS Electronic Image Stabilization), OIS (Optical Image Stabilization), phase-detection autofokus, AI, dan dual-tone LED flash.

Sensor Sony IMX766 yang dipakai di Xiaomi 12 ini mungkin sudah mulai ketinggalan, tapi performanya nggak perlu kalian ragukan 😎 Meski sensor ini sudah mulai berumur, tapi banyak dipakai di jajaran smartphone kelas premium maupun flagship di masanya. Tuxlin sendiri sebelumnya udah mencoba kehebatan sensor ini di Realme GT Neo 3 80W dan Vivo V27 5G. Overall, sensor ini keren sih. Meski optimasi tiap vendor beda-beda, tapi hasilnya selalu memuaskan mata Tuxlin Blog 🤓

Anda dapat cek harga dan promo voucher Xiaomi 12 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Sensor Sony IMX766 yang dipakai kamera utama Xiaomi 12 mengusung teknologi quad-bayer filter 4-to-1 yang menggabungkan empat buah piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar. Makanya, nggak heran kalau secara default foto yang dihasilkan kamera Xiaomi 12 ini resolusinya hanya 12,5 megapiksel aja. Kalian juga bisa kok jepret pakai resolusi native 50 megapiksel.

Sedangkan kamera kedua dari Xiaomi 12 ini standar aja untuk kelas flagship dengan resolusi 13 megapiksel dengan sensor OmniVision OV13B10 1/3.06 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 12mm aperture f/2.4 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K5E9 lensa 50mm aperture f/2.4 berfungsi sebagai dedicated telemacro.

Nah buat jamaah narsisiyah alias penggemar selfie, Xiaomi 12 ini emang bukan yang paling mantep di kelasnya, tapi layak dipertimbangkan. Smartphone ini dipersenjatai kamera depan resolusi 32 megapiksel dengan sensor OmniVision OV32B40 1/3 inci 0.7um piksel dipadukan dengan lensa 26mm aperture f/2.5 fixed focus untuk foto selfie dan video call. 

Kamera belakang Xiaomi 12 ini bisa rekam video sampai resolusi 8K @24 fps lho… Dahsyat kan? Cuma ya makan memorinya gila-gilaan. 😅 Sayangnya, kamera depannya hanya mampu merekam video full HD 1080p @60fps aja, belum support resolusi 4K UHD. 🥲

Antarmuka & Fitur Kamera Xiaomi 12

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 2

Pada review kamera Xiaomi 12 kali ini, aplikasi kamera bawaan nggak jauh beda sama smartphone Xiaomi lainnya. Bedanya mungkin di fitur atau mode yang dimikliki. Susunan menu dan user interface-nya sama. Pengguna Xiaomi atau POCO tentu udah familiar ya dengan app kamera Xiaomi 12 ini. Tampilannya terdiri dari viewfinder yang diapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat hamburger menu, Google Lens, AI, HDR, dan LED flash.

Sedangkan sebelah kanan ada opsi untuk berganti lensa dari 1x untuk kamera wide, 0,6x untuk kamera ultra wide angle, dan 2x untuk digital zoom. Sedangkan mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex sebelah kanan dan susunannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Nggak lupa, ada tiga tombol di paling kanan untuk switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri. Mode macro pakai kamera dedicated macro bisa kalian akses dengan tap hamburger menu ya gaes.

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 3

Mode yang disediakan pada aplikasi kamera Xiaomi 12 ini cukup lengkap gaes, antara lain ada Slow Motion (hingga 720p @1920fps atau 1080p @960fps), Short Video, Video, Photo, 50MP, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, Vlog, Movie Effect, Clone, Dual video, Long Exposure, dan Pro. Mode 50M memang menghasilkan resolusi lebih tinggi, tapi kualitasnya lumayan bagus dan detailnya lebih tinggi. Eh tapi mending mode auto saja gaes, ukuran fotonya lebih kecil.

Baca juga: Review Kamera Realme 11 Berkekuatan 108MP, Terbaik di Kelasnya?

Seperti biasa gaes, mode Pro yang ada di smartphone Xiaomi 12 ini menawarkan opsi yang lengkap. Tuxlin bisa atur aneka parameter di mode ini seperti white balance, fokus, ISO (hingga 6400), EV, dan shutter speed hingga maksimal 30 detik. Sama kayak smartphone kelas premium lainnya, kamera Xiaomi 12 ini juga mendukung pengambilan mode RAW.

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 4

Jadi pembaca Tuxlin Blog pada penasaran dengan hasil jepretan kamera hape ‘mantan’ flagship Xiaomi 12? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Xiaomi 12 ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Xiaomi 12 HDR

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 5
HDR Off
Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 6
HDR On

Hasil Foto Kamera Xiaomi 12 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi 12 Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Xiaomi 12 Macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi 12 Malam Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi 12 Night Mode

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 34
Night mode off
Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 35
Night mode on

Hasil Foto Kamera Xiaomi 12 dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi 12

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi 12

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi 12

Review Kamera Xiaomi 12

Review Kamera Xiaomi 12, Masih Mantap di 2024? 56

Udah lihat kan kayak gimana mantapnya hasil jepretan kamera Xiaomi 12 di atas? Ya nggak salah sih kalau hasil fotonya mantap surantap, kan emang Xiaomi 12 ini merupakan smartphone ‘mantan’ flagship 😎 Nggak heran, Xiaomi bener-bener ngasih hardware yang kompeten dan dipadukan optimasi yang maksimal. Xiaomi 12 ini bisa dikatakan flagship terakhir Xiaomi yang belum menyandang branding Leica.

Meski belum menyandang branding Leica, kemampuan kamera Xiaomi 12 ini masih sangat bersaing lho sama smartphone premium atau bahkan flagship masa kini! Cakep dan nyaris empurna lho… Pembaca bisa lihat beberapa sampel foto di atas, mantap kan? 🤩

Baca juga:Review Kamera Infinix Hot 20 5G, Ternyata Kayak Gini Hasil Fotonya…

Tingkat detailnya luar biasa tinggi, white balance akurat, kontasnya juga pas… Detail dedaunan berasa alami, subyek kelihatan berdimensi, dan post-processing nya mateng banget. Minusnya cuma saturasinya memang agak punchy sih, tapi nggak sampe over saturated. Noise? Nggak kelihatan tuh… Jernih banget!

Dynamic range secara default udah wide, jadi kalau HDR off pun nggak masalah pas motret dengan kondisi cahaya menantang. Selama Tuxlin pakai Xiaomi 12, setting HDR diset auto saja. Kalau HDR dinyalain, dynamic range-nya berasa di boost kalau pas kondisi cahayanya bener-bener menantang. Kalau nggak, ya nggak begitu berasa bedanya. 🤔

Tuxlin Blog juga nyobain kamera utama Xiaomi 12 buat foto mode portrait, hasilnya? Udah kayak lagunya Andra and The Backbone, Sempurna… 😍 Separasi antara subyek dan background-nya rapi banget dan efek bokehnya natural, nggak kelihatan buatan. Sayangnya sih nggak ada mode portrait dengan 2x zoom seperti Mi Note 10 Pro yang Tuxlin pakai. Kalau ada, pasti hasilnya lebih estetik 🤔

Buat yang suka foto macro, Xiaomi 12 ini bisa banget kalian andalkan. Kamera utamanya itu all-rounder banget! Autofokus-nya ngebut. Sat-set wat-wet, langsung fokus akurat. Hasil foto macro-nya juga memuaskan banget. Tingkat detailnya mantap, saturasi warnanya juga oke, dan efek bokeh-nya juga estetik banget. Cocok banget deh buat pembaca yang seneng foto macro, hasilnya nyaris sempurna 👍🏼

Pas malam hari, apakah kamera Xiaomi 12 masih mantap surantap? Oh ya jelas… 😎 Mantan flagship satu ini nggak bisa dianggap remeh. Performa kameranya nggak mengalami penurunan signifikan meski kondisi kurang cahaya. Hasil fotonya juga mantap dengan detail yang bagus, minim flare, dan saturasi warnanya masih mantap. Sumber cahaya nggak mbleber atau blown out, serya bagian bayangan juga digarap dengan baik sehingga detailnya masih kelihatan.

Mode Night yang disediakan Xiaomi 12 ini mampu meningkatkan eksposure, detail, dan dynamic range. Cuma kadang hasilnya agak kurang natural ya. LED flash bawaan Xiaomi 12 juga terang banget menurut Tuxlin Blog, sangat ngebantu buat motret kondisi gelap.

Kamera ultra-wide angle Xiaomi 12 gimana? Meski cuma berkekuatan 13 megapiksel, hasil fotonya bisa dikatakan di atas rata-rata kamera ultra wide angle smartphone masa kini dengan harga 5 – 6 juta. Detailnya lumayan mantap, meski nggak setingkat dengan kamera utama. Pas malam hari, memang ada penurunan kualitas fotonya, tetapi masih lumayan oke. Mode Night juga tersedia di kamera ultra wide angle-nya Xiaomi 12 ini.

Oiya, Xiaomi 12 ini juga dilengkapi dengan kamera dedicated macro berkekuatan 5 megapiksel. Sayangnya nih, masih fixed focus. 😌 Meski demikian, hasil fotonya nggak kayak kamera dedicated macro kebanyakan. Ini masih lumayan oke dengan tingkat detail yang bagus. Kuncinya, fokus harus pas biar fotonya sempurna.

Bagi jamaah selfiyah, kamera depan Xiaomi 12 ini lumayan bisa kalian andalkan untuk sekadar foto selfie atau video call. Hasil foto selfie-nya juga detailnya bagus dan karakternya nggak soft. Sayangnya kalau selfie dengan kondisi cahaya yang menantang, HDR-nya kadang lebay dan menghasilkan foto kurang natural.

Buat kalian yang seneng bikin konten video, Xiaomi 12 ini jelas bisa diandalkan. Video yang dihasilkan detail banget, saturasi warnanya oke, dan smooth… Kemampuan stabilisasinya mantap, nggak gampang goyang. Asik banget deh buat bikin konten TikTok, Reels atau YouTube sekalipun 👍🏼

Secara umum, kemampuan kamera Xiaomi 12 ini masih sangat mantap dan bisa diperhitungkan dengan harga 5 – 6 jutaan dan masih mantap banget di 2024. Kameranya itu kompeten banget di segala kondisi cahaya dan hasil fotonya masih bisa disebut sebagai flagship-grade. Kamera ultra-wide angle di atas rata-rata. Cuma kamera depan sama kamera dedicated macro doang kayaknya sih yang agak B aja. 🤔

Sampai di sini dulu review kamera Xiaomi 12 oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. 😁

Anda mungkin suka:Review Kamera Infinix Hot 30 dengan Sensor SK Hynix Hi5021Q 50 Megapiksel


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *