Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Mifa i8, Speaker Bluetooth Mungil dengan Bodi Metal

3 min read

review Mifa i8

Review Mifa i8, Speaker Bluetooth Mungil dengan Bodi Metal – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin bakal bahas sebuah speaker portabel alias speaker Bluetooth yang ukurannya ringkas dan muat kalian masukin ke saku, apa hayo? Yoi, speaker tersebut adalah Mifa i8! 😎 Speaker ini memang bukan keluaran terbaru, tetapi masih banyak yang jual di e-commerce. Hal yang bikin Tuxlin Blog tertarik bahas speaker wireless Mifa i8 ini adalah ukurannya yang ringkas dan desainnya kece. Bodinya itu lho… Cakep! material metal dengan finishing yang mengkilap bikin Mifa i8 terlihat begitu mewah. πŸ‘πŸΌ

Kalau speaker Bluetooth dengan ukuran sekecil Mifa i8 ini tentu dayanya nggak akan gede. Speaker ini bahkan cuma 3W saja. Eh tapi ada loh yang ukuran kecil tapi makan daya lebih dari 100W, apa itu? Prosesor Intel Alder Lake wkwkwk… 🀣 Back to topic, jadi harga speaker Mifa i8 ini berdasarkan pantauan Tuxlin Blog masih berkisar antara Rp 150k – 200k. Kalau ketemu yang paling murah, sikat aja maszeh…! Lalu sehebat apakah speaker mungil berbodi metal andalan Mifa ini? Simak review Mifa i8 oleh Tuxlin Blog kali ini.

Review Mifa i8, Speaker Bluetooth Mungil dengan Bodi Metal

Spesifikasi Mifa i8

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 1.5 inch x 1
  • RMS: 4Ξ© 3W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 120Hz – 20KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tidak tersedia
  • Mendukung TWS
  • Baterai built-in 500mAh lithium battery, hingga 4 – 5 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 56 x 56 x 35 mm
  • Berat 116 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Multicolor

Anda dapat membeli atau cek promo Mifa i8 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Mifa i8

Paket Penjualan Mifa i8
  • Unit speaker Mifa i8 varian warna Multicolor
  • Kabel USB
  • Manual

Desain Mifa i8

Desain Mifa i8

Desain adalah salah satu daya tarik pada review Mifa i8 menurut Tuixlin Blog kali ini. Pas pertama kali lihat gradasi warna bodinya, Tuxlin langsung tertarik membeli speaker mungil ini. Jadi speaker ini bentuknya bulat kayak Xiaomi Mi Compact Bluetooth Speaker 2 yang udah Tuxlin ulas sebelumnya. Bedanya, bodi Mifa i8 ini terbuat dari bahan metal yang berasa tebel banget! Bahkan beberapa kali Tuxlin jatuhin speaker ini nggak penyok lho… Cuma lecet dikit. 😎

Bodi metal pada speaker Mifa i8 ini menggunakan finishing glossy yang mengkilap dengan balutan warna yang unik. Mifa menyebutnya sebagai multicolor. Jadi warnanya itu kayak pelangi atau mungkin busa sabun yang kena pantulan cahaya gaes, ada warna ungu, jingga, emas, dan oranye yang berpadu… Menawan banget dah hehehe… Desain speaker grill Mifa i8 ini juga cukup menarik dengan perpaduan dua ukuran lubang atau dot yang bikin tampilannya makin stylish. πŸ‘πŸΌ

Pas kalian genggam speaker Mifa i8, beuh… Sama sekali nggak berasa speaker murahan! Feel-nya itu mewah, agak licin karena bodinya metal dengan finishing glossy. Ukuran speaker Mifa i8 ini sangat ringkas. Ini cocok banget buat kalian yang pengen kemana-mana sambil dengerin musik tanpa harus terbebani bawa speaker segede gaban… Mifa i8 ini bahkan bisa masuk saku celana atau kemeja, ringkas bukan? Cuma bobotnya agak berat karena bodinya emang metal yang tebel gitu.

Baca juga:Menjajal JBL Go 2, Speaker Ringkas yang Ngebass!

Pada review Mifa i8 kali ini bagian depan terdapat speaker gril dengan logo Mifa pada bagian tengahnya. Sisi bawah speaker mungil ini terdapat tiga buah LED biru, sebuah port microUSB untuk charging dan tombol power. Sekeliling bodi speaker murah meriah Mifa i8 ini nggak ada tombol atau port apapun.

Video Unboxing Mifa i8

Review Mifa i8

Review Mifa i8

Apa sih yang pembaca Tuxlin Blog harapkan dari sebuah speaker seukuran Mifa i8 ini? πŸ€” Tentunya kalian nggak bisa berharap dentuman bass-nya bakal mengguncang dunia kayak rudal-rudal Rusia menghantam Ukraina 🀣 Kalau ukuran segini, portabilitas menjadi nilai jual utama dan suara jernih adalah nilai tambah.

Baca juga:Tronsmart Element T6 Review: Speaker Bluetooth Idola Basshead!

Kualitas Suara

Pada review Mifa i8 kali ini, speaker ini dipersenjatai dengan sebuah driver dengan daya 3W. Wajar sih, rata-rata speaker ukuran segini dayanya antara 3W – 5W saja. Tuxlin belum mengetahui pasti apakah Mifa i8 dilengkapi dengan passive bass radiator atau nggak. Kalau dilihat dari sekeliling bodinya, Mifa i8 ini nggak punya. πŸ€”

Kualitas suaranya kayak gimana? Tuxlin Blog langsung hajar speaker Mifa i8 ini untuk memutar lagu-lagu metal dengan volume hampir penuh. Suara yang dihasilkan lumayan nyaring untuk ukuran semungil ini dan nggak pecah atau distorsi saat volume hampir penuh. πŸ‘πŸΌ Karakter suara atau sound signature pada review Mifa i8 cenderung bright dan cukup jernih.

Tuxlin mencoba memutar lagu Sever The Hands milik Trivium di speaker Mifa i8 ini, suara treble yang dihasilkan terbilang jernih dan karakternya cukup lembut, nggak nusuk kuping kek omongan tetangga… 🀣 Tingkat detail treble-nya lumayan oke, Tuxlin masih bisa bedain mana suara crash cymbal, hi hats, ride cymbal, dan sebagainya.

Hal yang bikin Tuxlin Blog nggak nyangka alias terkejoet, suara vokal yang keluar dari speaker Mifa i8 ini berasa bagus banget dan penuh untuk ukuran segini. Tuxlin dengerin lagunya Alter Bridge – Watch Over You, suara vokalnya berasa enak banget. Nggak cuma itu, suara vokal cewek juga kece. Tuxlin cobain lagu Supremacy milik Tarja, lengkingan nada tingginya mantap dan mampu diatasi dengan baik oleh speaker mungil Mifa i8 ini! πŸ‘πŸΌ

Sayangnya nih ya, bass yang dihasilkan speaker Mifa i8 ini kayak uang saku Tuxlin jaman sekolah dulu, pas-pasan… 🀣 Yah kalau didengerin, memang ada kok dentuman bass yang dihasilkan speaker ini. Akan tetapi bass-nya itu dari segi kuantitas kurang dan nggak mendalam juga. Jadi jangan harap ada efek jedag-jedug sampe bikin kepala bergoyang hehehe… Buat kalian yang suka musik EDM, Mifa i8 ini kurang cocok.

Baca juga:Mito MyBox S115 Review, Nggak Nyangka Sehebat Ini!

Oiya, separasi antar instrumen di speaker Mifa i8 ini memang kurang oke. Ya ini wajar sih mengingat ukuran dan dayanya kecil. Pas dengerin lagu dengan instrumen rumit kayak lagu-lagunya Epica dan Nightwish, bakal terasa numpuk dan terlalu rame gitu. πŸ˜…

Pada review Mifa i8 kali ini Tuxlin menggunakan smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro dan Samsung Galaxy S20 FE. Keduanya dapat terhubung dan bekerja tanpa masalah. Oiya, Mifa i8 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 500mAh dengan daya tahan rata-rata 3,5 jam atau kadang lebih. Lumayanlah untuk ukuran segini. πŸ˜€

Kesimpulan

Secara umum, Mifa i8 cocok buat yang butuh speaker bluetooth portabel yang mungil buat nemenin aktivitas sehari-hari dengan kualitas suara yang jernih dan volume yang cukup nyaring. Namun, speaker dengan bodi kokoh ini kayaknya kurang cocok bagi yang suka bass jedag-jedug alias basshead. πŸ€”

Kelebihan Mifa i8

  • Bodi kokoh dengan bahan metal yang tebal
  • Ukuran mungil
  • Suara jernih dan nyaring

Kekurangan Mifa i8

  • Nggak ada slot microSD dan port AUX
  • Bass kurang nendang

Special thanks toΒ LaptophiaΒ for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Realme 8i dengan Sensor Samsung ISOCELL JN1 50MP


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.