Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah!

7 min read

Vivo T1 5G Review

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! – Halo Pembaca! Sejak 2021 silam, jaringan 5G telah mulai digelar dan beroperasi secara komersial di Indonesia. Namun, sampai sekarang cakupan alias coverage 5G masih terbatas huhuhu… 必 Meski demikian, harga smartphone 5G semakin murah. Buat kalian yang pengen smartphone yang udah support 5G agar lebih futureproof, mungkin nisa pertimbangkan Vivo T1 5G. Awalnya Tuxlin nggak berminat review smartphone ini, tetapi setelah harganya turun jadi Rp 2 jutaan, kok menarik juga. Ya sudah, akhirnya angkut dah satu unit Vivo T1 5G ini buat diulas di blog kesayangan kita semua ini… 不

Jadi smartphone Vivo T1 5G ini tampil dengan desain yang keren dengan casing belakang bergradasi yang ciamik. Meski harganya termasuk murah meriah, performa Vivo T1 5G ini nggak bisa dianggap remeh karena ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 810 5G dengan RAM 4GB atau 8GB. Bandingin aja sama merk sebelah yang baru aja rilis hape 5G murah, tapi cuma pakai Dimensity 700 Oiya, hape ini juga udah ada NFC-nya lho. Nggak cuma itu, Vivo T1 5G ini juga dipersenjatai dengan kamera belakang utama 50 megapiksel dan didukung bateraiu 5000mAh, penasaran? Simak Vivo T1 5G review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 1

Spesifikasi Vivo T1 5G

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka FunTouch OS 12
  • Chipset MediaTek Dimensity 810 5G MT6833V dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,4GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi LED flash + 2 megapiksel lensa aperture f/2.4 (dedicated macro) + 2 megapiksel lensa aperture f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus, sensor BSI 1/3 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh Ultra All Screen 6,58 inci 2.5D, dengan resolusi full HD+ 1080 x 2408 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 4GB atau 8GB, ROM 128GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD (dedicated)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted), NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 164 75.84 8.25 mm dengan berat 187 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 18W, reverse charging
  • Warna Starlight Black dan Rainbow Fantasy

Anda dapat membeli Vivo T1 5G dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Vivo T1 5G

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 2
  • Handset Vivo T1 5G 4GB/128GB warna Rainbow Fantasy
  • Kepala charger 18W
  • Kabel USB Type-C
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Vivo T1 5G

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 3

Soal desain emang jadi salah satu daya tarik Vivo T1 5G review kali ini menurut Tuxlin Blog. Soalnya jarang banget nih kita dapet smartphone terjangkau tapi desain nggak asal-asalan. Lihat aja tampang Vivo T1 5G di atas, cakep kan? Smartphone 5G murah meriah ini sebenarnya mengusung konsep desain yang mirip dengan Vivo Y33T yang udah Tuxlin ulas lebih dulu dengan casing belakang yang pakai finishing yang disebut Liquid Crystal Coating dengan Crystalline Matte. Jadi teknologi ini bikin casing belakang terlihat glowing tanpa bikin licin.

Nggak cuma finishingnya aja yang keren, casing belakang Vivo T1 5G ini juga tampil dengan warna yang bergradasi biru – merah – orange – pink secara dinamis sesuai dengan sudut pandang atau pantulan cahaya sekitar, keren kan? Unit Vivo T1 5G yang pembaca Tuxlin Blog lihat di atas adalah varian warna Rainbow Fantasy. Buat yang lebih suka warna kalem, bisa pilih variaan warna Starlight Black yang sebenarnya nggak kalah kece.

Kalau dibandingkan dengan Vivo Y33T, perbedaan yang cukup mencolok adalah desain housing kameraya. Vivo T1 5G ini tampil dengan dekorasi housing kamera yang lebih simpel dan tetap elegan dengan susunan vertikal dipadukan dengan warna hitam glossy. Vivo T1 5G juga dibekali dengan frame flat yang modern. Build quality smartphone 5G terjangkau ini cukup solid dengan frame dan casing belakang yang terbuat dari polikarbonat. Berikut tampang lebih detail dari Vivo T1 5G.

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish

Pada Vivo T1 5G review kali ini pada sisi depan terdapat layar sentuh berdesain berponi dengan ukuran 6,58 inci dengan bezel yang nggak terlalu tipis dan kamera depan pada bagian poninya. Sementara pada sisi belakang ponsel ini terdapat triple camera, LED flash, dan logo Vivo. 

Sisi kiri smartphone Vivo T1 5G ini tidak ada tombol atau port apapun. Sedangkan tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker pada sisi kanan. Bagian atas Vivo T1 5G terdapat slot tray sim card, serta pada sisi bawahnya terdapat port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone.

Antarmuka & Fitur Vivo T1 5G

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 8

Pas Tuxlin Blog pegang smartphone Vivo T1 5G, sistem operasi yang digunakan adalah Android 12 dengan antarmuka FunTouch OS 12. Bagaimana dengan dukungan update untuk smartphone 5G terjangkau ini? Berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun, Vivo T1 5G ini bakal dapat update 2x OS Android dan dan update keamanan selama tiga tahun. Kalau ini bener, lumayan oke kan?

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 9

Antarmuka Funtouch OS 12 yang digunakan oleh Vivo T1 5G ini sama seperti di Y33T yang udah Tuxlin ulas duluan. Tampilannya lumayan cakep dan rapi. Antarmukanya terdiri dari lockscreen, homescreen, dan app drawer. Akses app drawer juga gampang, tinggal swipe up aja. Opsti kostumisasi yang disediakan Funtouch OS ini lumayan lengkap dan hampir semua elemen bisa dikostumisasi sesuai selera.

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 10

Beberapa fitur andalan Funtouch OS 12 di Vivo T1 5G review kali ini antara lain iManager, Dark Mode, App Encryption, Payment safe box, Jovi Home, Ultra Game Mode yang dilengkapi eSports Mode, Multi Turbo, Easy Touch, Smart Motion, Smart Split, Face beauty for video call, Parental Control, Face unlock, Eye Protection, One-handed Mode, S Capture, App Clone, EasyShare, Smart Mirroring, Adaptive brightness, screen capture protection, dan sebagainya. Lumayan lengkap lah ya…

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 11

Apakah bloatware di Vivo T1 5G ini banyak? Lumayan sih. Pas pertama kali dihidupkan, aplikasi yang udah mejeng di app drawet Vivo T1 5G ini antara lain Google Apps, V-Appstore, CNN Indonesia, Facebook, NovelToon, Shopee, Spotify, TikTok, Twitter, vivo.com, Viu, dan VivoCloud. Nggak terlalu banyak sih kalau dibandingkan merk sebelah.

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 12

Tuxlin Blog cukup puas dengan performa FunTouch OS 12 di smartphone Vivo T1 5G yang terasa gegas tanpa masalah. Nggak cuma itu, tampilannya rapi dan keren bikin betah, serta minim bug. Fitur yang ditawarkan juga lengkap. Apakah muncul iklan? Nggak terlalu ngeh sih, tapi yang jelas nongol adalah spam notifikasi dari aplikasi bawaan yang lumayan ganggu.

Performa Vivo T1 5G

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 13

Kalau ngomongin performa, mungkin emang salah satu kelebihan dari Vivo T1 5G review kali ini. Kinerjanya bisa dikatakan kenceng untuk harga 2 jutaan dengan sokongan chipset MediaTek Dimensity 810 5G MT6833V yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,4GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB dengan fitur Extended RAM 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Baca juga:Tecno Pova 3 Review: Smartphone Gaming Murah dengan Baterai Badak

Lalu sekenceng apa sih chipset MediaTek Dimensity 810 5G yang dipakai Vivo T1 5G? Kalau Tuxlin Blog lihat dari skor benchmark yang dihasilkan, sebenernya Dimensity 810 ini bukan yang paling kencang di kelas 2 jutaan. Namun, kinerja chipset ini masih lebih kencang dari chipset lain yang banyak digunakan di kelas harga yang sama kayak Snapdragon 680, Exynos 850, Helio G96, dan ada juga yang masih pakai Helio G35 dengan harga 2 juta wkwkwk… Performa Dimensity 810 5G menang tipis atau setara dengan Helio G99.

Selama hampir sebulan pakai smartphone Vivo T1 5G sebagai perangkat kedua, Tuxlin nggak ada masalah sama performa. Penggunaan sehari-hari seperti sosial media, edit video di CapCut, mainan Canva atau edit foto di Snapseed berjalan dengan lancar di Vivo T1 5G. Cuma kalau kalian suka multitsking atau jalanin banyak aplikasi, mending pilih Vivo T1 5G varian RAM 8GB deh… Soalnya unit Vivo T1 5G yang Tuxlin ulas adalah varian dengan RAM 4GB aja, jadi mepet banget buat penggemar multitasking.

Performa gaming Vivo T1 5G ini kayak gimana? Smartphone ini emang nggak dirancang untuk gaming, tetapi performanya nggak bisa dianggap remeh. Hampir semua game mainstream bisa dimainkan di Vivo T1 5G, seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Mobile Legends, Modern Warship, dan sebagainya. Bahkan game sekelas Genshin Impact masih bisa kalian mainkan di Vivo T1 5G ini dengan setting grafis Low alias paling rendah.

Satu hal yang Tuxlin suka dari Vivo T1 5G ini adalah nggak terlalu panas meski udah agak lama dipakai buat edit video atau gaming. Cuma berasa anget doang. Berikut ini hasil benchmark Vivo T1 5G oleh Tuxlin Blog!

Device Info HW

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 14

Benchmark AnTuTu v9

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 15

Benchmark Geekbench 5

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 16

Benchmark PCMark

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 17

Benchmark 3DMark

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 18

Benchmark Basemark OS II

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 19

Benchmark Androbench

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 20

Sensorbox For Android & Multitouch Tester

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 21

Vivo T1 5G Review

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 22

Layar

Sebenarnya kualitas layar smartphone 5G murah Vivo T1 5G ini cukup memuaskan lho untuk kebutuhan sehari-hari. Layarnya itu mampu menampilkan warna yang vivid dan enak dilihat, tajam, dan padat. Nggak heran sih, soalnya Vivo T1 5G dibekali layar berponi minimalis dengan resolusi full HD+ yang menggunakan panel IPS yang berkualitas, jadi lumayan cakep

Respon touchscreen termasuk gegas dan pas dicoba pakai aplikasi Real Drum juga nggak berasa delay yang signifikan. Pas dipakai di bawah sinar matahari juga masih bisa diandalkan. Masalahnya, refresh rate layar Vivo T1 5G ini masih standar 60Hz! Buat kalian yang matanya sudah terbiasa sama layar refresh rate 90Hz ke atas, pasti kurang nyaman dan berasa nggak smooth pas scrolling di Vivo T1 5G. Tapi ya masih lumayan memadai sih untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga:Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap

Audio

Soal speaker alias audio, Vivo T1 5G ini mirip dengan Vivo Y33T yang udah Tuxlin bahas sebelumnya yang masih mengandalkan satu speaker saja alias masih mono. Ya gimana ya, pesaingnya dengan harga yang nggak jauh berbeda kayak Redmi Note 11, Infinix Note 12 2023 dan bahkan Oppo A57 yang spek ampas aja ada speaker stereo-nya

Meski Vivo T1 5G cuma dikasih satu speaker alias mono, kualitas suaranya… Hm… Biasa aja wkwkw… Karakternya nggak jauh beda sama kebanyakan smartphone terjangkau, dominan treble dan mid, serta bass nyaris nggak kedengeran. Alhasil, suara musik terdengar agak flat dan kurang tebel. Untungnya sih volume suaranya masih lumayan nyaring. Kalau mau enak ya dengerin musik lewat headset saja.

Memori

Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah! 23

Pada Vivo T1 5G review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa pas pertama kali dihidupkan adalah 102,22GB. Sedangkan free RAM ponsel besutan vendor asal Tiongkok ini rata-rata 1,2 1,4GB. Vivo T1 5G ini udah dukung USB OTG melalui port USB Type-C dan juga dilengkapi slot microSD (type hybrid) buat nambah ruang simpan kalau masih kurang.

Baterai

Ngomongin stamina, daya tahan baterai smartphone Vivo T1 5G ini lumayan irit menurut Tuxlin Blog. Selama hampir sebulan pakai Vivo T1 5G, daya tahan baterainya bisa sampe 1,5 hari dengan penggunaan sosial media yang lumayan intensif. Kalau dipakai gaming, jelas bakal lebih boros ya. Selama proses pengujian, Vivo T1 5G di jaringan 4G LTE. Mungkin kalau pakai jaringan 5G akan berbeda kali ya?

Kapasitas baterai Vivo T1 5G nggak jauh beda dengan pesaingnya, yakni 5000mAh. Masalahnya, Vivo T1 5G ini cuma dikasih fitur fast charge standar, yakni 18W aja. Kalau untuk 2023 ini, smartphone 2 jutaan udah mulai banyak yang pakai fast charge 33W lho… Berhubung Vivo T1 5G cuma fast charge 18W, proses ngechargepnya lumayan lama yakni dari 4% sampe pnuh butuh waktu nyaris 2 jam. Mayan kan?

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Vivo T1 5G ini berjalan dengan lancar tanpa kendala pas Tuxlin cobain. Lock GPS juga terbilang gegas tanpa masalah dan lumayan akurat. Sensor sidik jarinya menyatu dengan tombol power di sisi samping juga bisa kalian andalkan, deteksinya gegas dan akurat.

Buat pembaca Tuxlin Blog yang sering pakai fitur NFC, Vivo T1 5G ini bisa kalian andalkan untuk cek saldo dan top up e-money dan transaksi digital lainnya dengan mudah. Bagaimana dengan dukungan 5G? Berhubung Tuxlin HQ belum tercover jaringan 5G dari operator manapun, ya belum bisa tes koneksi 5G di Vivo T1 5G ini hehehe…

Kesimpulan

Secara umum, Vivo T1 5G ini adalah salah satu smartphone yang layak kalian pertimbangkan bagi yang emang udah butuh konektivitas 5G dengan harga terjangkau. Performanya udah cukup kenceng buat harian, sosmed, dan gaming kasual. Tampang Vivo T1 5G ini juga kece dan build quality-nya bagus dan solid.

Minus Vivo T1 5G ini adalah varian terendah yang Tuxlin ulas RAM-nya cuma 4GB, padahal Vivo Y33T dengan harga hampir sama udah pakai RAM 8GB. Selain itu, Vivo T1 5G nggak ada kamera ultra wide angle, layar refreh rate standar, dan speakernya juga masih mono. Kalau kalian nggak butuh fitur-fitur ini, smartphone Vivo T1 5G ini bisa kalian pertimbangkan di tahun 2023 ini.

Hasil foto kamera Vivo T1 5G bisa dilihat di sini: Review Kamera Vivo T1 5G Berkekuatan 50MP, Sebagus Apa?

Kelebihan Vivo T1 5G

  • Desain cakep dan build quality solid
  • Performa kenceng pakai Dimensity 810 5G
  • Futureproof karena udah support 5G
  • Harga murah

Kekurangan Vivo T1 5G

  • Nggak ada kamera ultra-wide angle
  • Speaker masih mono
  • Refresh rate layar standar aja, cuma 60Hz

Anda mungkin suka:Apple Macbook Air M1 Review: Kinerja Kencang, Portabel, dan Baterai Awet


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *