Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish

8 min read

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish – Halo Pembaca! Mengulas smartphone dari lini Redmi Note memang berasa gimana gitu. Soalnya Tuxlin pertama kali pakai smartphone Xiaomi ya Redmi Note generasi pertama. Eh sekarang udah sampai Xiaomi Redmi Note 11 Pro aja. Bahkan di luar negeri, Redmi Note 12 series udah rilis. 🀭 Nah Redmi Note itu kan identik dengan smartphone yang paling kenceng di kelasnya. Tetapi ini nggak berlaku buat Xiaomi Redmi Note 11 Pro karena ternyata cuma mengandalkan sokongan chipset MediaTek Helio G96. Sebenarnya bukan chipset yang jelek, tapi ini bukan yang paling kenceng di kelasnya dan merupakan kemunduran jika dibandingkan pendahulunya.

Hal yang menarik dari smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini adalah layarnya yang mana udah pakai teknologi Super AMOLED (tentu saja…) dengan refresh rate 120Hz! Wah pasti berasa smooth banget deh scrolling timeline doi… *eh 🀣 Selain layarnya, Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini juga dibekali dengan fitur fast charge yang paling kenceng di kelasnya, yakni 67W! Padahal pesaingnya rata-rata masih 33W ayau mentok di 44W. 🧐 Dengan harga Rp 2 jutaan, Redmi Note 11 Pro ini bisa dikatakan mengusung fitur yang lengkap banget dan desainnya juga lebih mewah. Penasaran? Simak Xiaomi Redmi Note 11 Pro review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 Pro

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 13 (upgradeable ke Android 12)
  • Chipset MediaTek Helio G96 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Quad kamera 108 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL HM2 1/1.52 inci 0.7um piksel, lensa 26mm aperture f/1.9, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 8 megapiksel sensor OmniVision OV8856 1/4 inci 1.12um piksel, lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro) + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel, sensor SK Hynix Hi-1634Q 1/3.06 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.5, fixed focus
  • Layar sentuh Dot Display 6,67 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), 700 nits, 100% DCI-P3 color gamut, HDR10, 120Hz refresh rate, 360Hz touch sampling rate, 16 juta warna, panel AMOLED, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 6GB atau 8GB LPDDR4X, ROM 128GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD max 1TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, IR Blaster, Dual SIM, NFC, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • Dual stereo speaker dengan sertifikasi Hi-Res Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.2 x 76.1 x 8.1 mm dengan berat 202 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Fast Charging 67W
  • Warna Polar White, Graphite Gray, dan Star Blue

Anda dapat membeli Xiaomi Redmi Note 11 Pro dengan harga lebih murahΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 1
  • Handset Xiaomi Redmi Note 11 Pro 6GB/128GB warna Polar White
  • Kepala charger 67W
  • Kabel USB Type-C
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 2

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini menawarkan perubahan desain yang lumayan signifikan lho, terutama kalau dilihat dari belakang. Smartphone ini hadir dengan casing flat dengan bahan kaca yang menggunakan finishing matte, sehingga nggak gampang meninggalkan jejak sidik jari dan permukaannya juga nggak terlalu licin. Sedangkan desain housing kameranya masih mirip dengan Redmi Note 10 Pro, tetapi dikasih sentuhan yang berbeda biar makin kece. Oiya, Tuxlin dapat varian warna Polar White.

Sementara kalau dilihat dari depan, Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini nggak jauh beda dengan smartphone lainnya dengan desain layar punch hole pada bagian tengah atas untuk menempatkan kamera depan. Layarnya ini udah dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan masih ditambahin screenguard bawaan pabrik. Oiya, salah satu kelebihan Redmi Note 11 Pro ini adalah memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikasi IP53. Jadi kalau pas darurat kena hujan, lumayan aman hehehe… 😁

Impresi awal pas pegang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini memang berasa lumayan premium dan build quality-nya juga mantap. Tuxlin penasaran sama bahan yang dipakai di frame Redmi Note 11 Pro ini karena berasa kayak metal. Namun, frame di smartphone ini ternyata menggunakan material polikarbonat yang kokoh dengan finishing kayak metal, kece! Oiya, bobot Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini lumayan ya… 202 gram ini. 🀭 Berikut tampang lebih jelas Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Baca juga:Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100

Pada Xiaomi Note 11 Pro review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar Full HD+ 2.5D berukuran 6,67 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Layar smartphone Xiaomi Note 11 Pro udah terlindungi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik dan udah diproteksi antigores dari Corning Gorilla Glass 5.

Tombol power yang terintegrasi dengan volume rocker dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Note 11 Pro ini. Sedangkan sisi kiri nggak ada port atau tombol apapun. Sisi atas terdapat speaker grill, port audio 3,5mm, microphone, dan infrared blaster. Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Note 11 Pro ini terdapat empat buah kamera dengan desain elegan, LED flash, dan logo Redmi. Xiaomi menempatkan port USB Type-C, speaker grill, tray triple slot, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Antarmuka & Fitur Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 7

Pada Xiaomi Redmi Note 11 Pro review kali ini pakai antarmuka MIUI 13 yang berbasis Android 11. Nggak lama setelah Tuxlin melakukan setup smartphone ini, langsung dapat notifikasi buat update ke Android 12. Meski demikian, nggak ada informasi yang jelas mengenai berapa lama dukungan update Xiaomi untuk Redmi Note 11 Pro ini. Biasanya sih cuma dapat 1x update OS. πŸ€”

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 8

Antarmuka MIUI 13 yang digunakan Redmi Note 11 Pro ini nggak mengalami perubahan yang signifkan dari MIUI generasi sebelumnya. Xiaomi lebih fokus untuk merombak ‘jeroan’ MIUI ini agar performanya lebih gegas dan reliabel. Banyak yang menjuluki MIUI ini ampas dan banyak bug, tapi sejauh ini Tuxlin malah aman-aman saja. Mungkin tergantung tipenya kali ya? πŸ€”

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 9

Kelebihan MIUI 13 yang digunakan oleh Redmi Note 11 Pro menawarkan opsi kostumisasinya luas banget. Kita bisa ganti hampir semua elemen visual yang ada, jadi kalian nggak bakalan gampang bosen dengan antarmukanya. Jadi nggak bakal bosen deh tampa tampilan menunya, tinggal customize sesuai selera dan style kalian.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 10

Beberapa fitur andalan di MIUI 13 yang digunakan Redmi Note 11 Pro antara lain adalah Mi Remote, Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, NFC, Always On Display, Enterprise mode, Lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Video Toolbox, screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, Dual Apps, dark mode, Game Turbo Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, Second Space, dan banyak lagi.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 11

Aplikasi bawaan di Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini ternyata lumayan banyak pas Tuxlin pertama kali idupin, antara lain aplikasi proprietary Xiaomi, GetApps, Amazon Shopping, Facebook, LinkedIn, NovelToon, Shopee, Lazada, PUBG Mobile Gift Box, Snack Video, Netflix, TikTok, Tokopedia, Spotify, Twitter, WPS Office, dan Booking.com. Ada juga game bawaan kayak Bubble Shooter With Friends, Block Puzzle Guardian, Dust Settle, Jewels Blast, State of Survival, dan Tile Fun. Apus aja kalau nggak dipakai. 🧐

Baca juga:Xiaomi Redmi 10C Review: Snapdragon 680 Termurah, Layak Pilih?

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 12

Secara umum, MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 11 Pro review kali ini menawakan tampilan yang rapi, customizeable, dan kayak banget akan fitur. Performanya juga oke dan sejauh ini Tuxlin belum terkendala atau ketemu bug yang mengganggu. Iklan yang mengganggu malah ada 🀯 Semoga ke depan, iklan di MIUI ini bisa dibikin lebih kalem atau sukur-sukur diilangin. 😝

Performa Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 13

Sebagai blogger yang udah review lini Redmi Note generasi pertama sampai generasi ke 11 alias Redmi Note 11 Pro, Tuxlin apal banget karakteristik hape ini. Biasanya Redmi Note itu identik dengan ukuran layar yang besar, performa paling kenceng di kelasnya, dan fitur yang lengkap. Nah untuk performa, kayaknya nggak berlaku deh buat Redmi Note 11 Pro ini. Soalnya udah bukan yang paling kenceng di kelasnya. πŸ˜…

Jadi smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini cuma mengandalkan sokongan chipset MediaTek Helio G96 dengan teknologi 12nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB atau 8GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2. Unit yang Tuxlin review adalah varian dengan RAM 6GB yah.

Ya sebenarnya Helio G96 ini performanya udah lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari, sosial media, dan juga gaming. Tapi berasa kurang greget, soalnya merk sebelah harga 2 jutaan aja udah dapat Helio G96 ini, meski kalah di aspek lainnya. Redmi Note ini sejak dulu kan selalu menawarkan performa paling kencang di kelasnya, paling tidak pakai Snapdragon 860 gitu… πŸ€” Redmi Note 10 Pro aja pakai Snapdragon 732G yang pakai teknologi 8nm dan performanya lebih kenceng, masak Redmi Note 11 Pro malah downgrade. 😝

Selama seminggu lebih pakai Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini, sebenarnya Tuxlin nggak ngalamin masalah performa sih. Biasanya jalanin banyak aplikasi sosial media, editing video ringan di CapCut buat bikin Reels, edit foto di Snapseed, dan kebutuhan kreasi konten ringan lainnya berjalan gegas tanpa lag mengganggu. Lag malah berasa pas motret dan nyimpen foto. Kayaknya Helio G96 ini butuh sepersekian detik lebih lama buat mengolah hasil foto kamera 108MP yang diusungnya.

Performa gaming Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini gimana? Kalau mau jujur, nggak sekenceng Redmi Note 10 Pro sih. Eh tapi bukan berarti nggak sanggup buat ngegame lho ya. Game populer macem PUBG Mobile, COD Mobile, dan Mobile Legends mampu dimainkan dengan lancar di Redmi Note 11 Pro. Bahkan diajak main Genshin Impact masih ngangkat, meski setting grafis paling rendah.

Baca juga:Tecno Pova 3 Review: Smartphone Gaming Murah dengan Baterai Badak

Sejauh ini, Xiaomi Redmi Note 11 Pro nggak berasa panas berlebih. Pas dipakai buat kerja berat dan main game, panas yang dihasilkan masih kategori wajar. Penasaran? Berikut hasil benchmark Xiaomi Redmi Note 11 Pro oleh Tuxlin Blog!

Device Info HW

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 14

Benchmark AnTuTu v9

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 15

Benchmark Geekbench 5

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 16

Benchmark PCMark

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 17

Benchmark 3DMark

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 18

Benchmark Basemark OS II

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 19

Benchmark Androbench

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 20

Sensorbox for Android & Multouch Tester

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 21

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review

Layar

Salah satu daya tarik utama pada Xiaomi Redmi Note 11 Pro review kali ini menurut Tuxlin Blog adalah sektor layar. Sama kayak Redmi Note 10 Pro, smartphone ini juga dibekali dengan layar 6,67 inci Super AMOLED dengan resolusi full HD+ dengan refresh rate yang lebih tinggi, yakni 120Hz. Kualitas layarnya sih udah ciamik banget di kelasnya menurut Tuxlin. Layarnya tajam, warnanya vivid banget, dan warna hitamnya juga pekat.

Refresh rate yang mencapai 120Hz bikin animasi dan scrolling berasa lebih smooth dan nyaman di mata. Buat main game, layar Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini juga mantap karena respon touchscreen-nya ngebut dan nggak pakai delay. Maklum, touch sampling rate sampai 360Hz. 😎 Pas dipakai di luar ruangan, layar Redmi Note 11 Pro ini bisa diandalkan kok. Tulisan atau gambar masih terlihat jelas.

Audio

Smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini dibekali dengan dua buah speaker stereo pada bagian bawah dan atas (sekaligus jadi earpiece). Pas Tuxlin cobain, volume suara yang dihasilkan lumayan nyaring… Mayanlah kalau buat alarm biar bangun hehehe. 😝 Kualitas speakernya ya biasa aja sih, lumayan balance antara kiri dan kanan. Suara didominasi treble dan mid, suara bass-nya kayak Panther… Nyaris tak terdengar. 🀭

Tuxlin nyoba denger musik pakai headset melalui port audio 3,5mm, suaranya lebih oke dan bisa dinikmati gaes. Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini emang nggak dibekali fitur Dolby atau sejenisnya, tetapi ada fitur equalizer buat ngatur karakter musik sesuai selera. πŸ€”

Memori

Xiaomi Redmi Note 11 Pro Review: Fast Charge Super Cepat dengan Desain Stylish 22

Pada Xiaomi Redmi Note 11 Pro review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa saat Partama kali dihidupkan adalah 107,03GB. Sedangkan free RAM smartphone layar apik berdesain ciamik ini rata-rata 2,6 – 2,9GB. Smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini mendukung USB OTG melalui port USB Type-C dan tersedia slot microSD (dedicated) buat pengguna yang pengen ekspansi ruang penyimpanan.

Baterai

Sektor baterai bisa dikatakan salah satu keunggulan utama pada Xiaomi Redmi Note 11 Pro review kali ini menurut Tuxlin Blog. Kapasitas baterainya emang nggak jauh beda jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya, yakni 5000mAh. Selama seminggu lebih Tuxlin gunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini, daya tahan baterainya bisa seharian penuh lho untuk penggunaan sosmed dan non gaming. πŸ‘πŸΌ

Kelebihan utamanya memang bukan di kapasitas baterai, tetapi kecepatan fast charging yang diusung Xiaomi Redmi Note 11 Pro salah satu yang paling cepat di kelasnya. 😎 Yoi, hape ini mendukung fast charging 67W dan udah dikasih charger dalam paket penjualannya. Proseso charging butuh waktu hampir 50 menit dari 4% ke 100%, lumayan ngebut kan? 😝

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS cepat dan akurat, sehingga bisa diandalkan. Sensor sidik jarinya yang lokasinya di samping ponsel dan terintegrasi dengan tombol power ini cukup sensitif dan jarang salah deteksi. Termasuk reliabel dan bisa diandalkan. πŸ‘πŸΌ

Sama kayak pendahulunya, Xiaomi Redmi Note 11 Pro juga dibekali fitur NFC (Near Field Communications). Ini cocok banget buat yang sering pakai e-money, buat top-up dan cek saldo jadi lebih praktis lewat smartphone. Selain itu sebenarnya banyak kok fungsi dari NFC, sepert transfer file, pairing ke speaker Bluetooth yang udah NFC, dan sebagainya.

Kesimpulan

Sebenarnya Tuxlin Blog berekspektasi tinggi sama smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini. Eh kenyataannya memang ini nggak kayak Redmi Note dulu-dulu… Kameranya di pangkas, performa bukan yang paling kenceng di kelasnya, dan nggak bisa rekam video 4K lagi.

Review kamera Xiaomi Redmi Note 11 Pro di sini: Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Lebih Bagus dari Pendahulunya?

Meski demikian, apa yang ditawarkan smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro ini sebenarnya masih di atas rata-rata di kelasnya. Fitur yang diusungnya terbilang lengkap, fast charge paling kenceng, dan tampil stylish. Terlepas dari kekurangannya, smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro masih layak pembaca pilih untuk kelas Rp 3 jutaan.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 11 Pro

  • Layar AMOLED 120Hz yang ciamik
  • Fast charge tercepat di kelasnya
  • Fitur lengkap

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 11 Pro

  • Kamera nggak sebagus Redmi Note 10 Pro
  • Performa kurang greget
  • Perekaman video mentok di 1080p, ngak bisa 4K

Anda mungkin suka:Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *