Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap Detail!

3 min read

Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap Detail! 1

Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap Detail! – Halo Pembaca Tuxlin Blog! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan tetap dalam lindungan-Nya ya. Masih inget nggak beberapa waktu lalu Tuxlin sempat bahas headset IEM yang lumayan keren, yakni Senfer DT6 yang karakter suaranya flat. Nah sekarang ini giliran Tuxlin Blog bahas versi yang lebih tinggi yakni Senfer DT6 Pro! Tentunya headset ini mengalami peningkatan spesifikasi dari pendahulunya dan kemungkinan menawarkan signature sound yang berbeda, pada penasaran nggak sih? 😁 Tuxlin Blog sih jelas penasaran banget, makanya beli hehehe…

Perbedaan paling mencolok antara Senfer DT6 Pro dengan Senfer DT6 adalah jumlah drivernya. Kini Senfer DT6 Pro diperkuat dengan empat buah driver, meningkat satu biji dari sebelumnya yang hanya tiga. Ekspektasi Tuxlin sama headset ini cukup tinggi karena sebelumnya udah puas banget pakai Senfer DT6. Selain itu, Senfer juga membekali DT6 Pro ini dengan eartips yang bentuknya lebih lumrah. Soalnya di Senfer DT6 dulu desain eartips bawaannya aneh dan performanya mengecewakan. πŸ˜… Penasaran kayak gimana performa headset IEM Senfer DT6 Pro yang harganya 300 ribu-an ini? Simak review Senfer DT6 Pro oleh Tuxlin Blog kali ini!

Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap Detail!

Spesifikasi Senfer DT6 Pro

  • Model: DT6 Pro
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe hybrid quad driver: 1x dynamic driver, 2x balanced armature driver dan 1x ceramic piezoelectric driver
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 105Β±3dB
  • Output maksimal 10 mW
  • Berat: 17 gram
  • Diameter driver dinamis 12,5 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 10Hz – 35kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel detachable MMCX berkualitas baik
  • Warna Gold, Blue, Gray, dan Black

Anda dapat membeli atau cek promo Senfer DT6 ProΒ di Sini (Klik)

Paket Penjualan Senfer DT6 Pro

Paket Penjualan Senfer DT6 Pro
  • Headset Senfer DT6 Pro
  • Eartips silicon
  • Shirt clip
  • Kartu garansi dan User guide

Desain Senfer DT6 Pro

Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap Detail! 2

Pada Senfer DT6 Pro review kali ini, desain housing headset IEM ini tampak berbeda dari kebanyakan yang beredar di pasaran gaes. Kalau dilihat dari gaya desainnya, sebeneranya Senfer DT6 Pro ini nggak jauh berbeda dengan Senfer DT6, yakni dibalut dengan housing metal yang lumayan tebel dan kokoh banget. Bagian belakang housingnya dilengkapi tekstur kayak speaker gril gitu… Lumayan keren sih. Eh tapi housing metal gini tuh bikin bobot Senfer DT6 Pro jadi agak berat dan bikin kuping capek kalau dipakai dalam waktu lama.πŸ˜…

Sama seperti pendahulunya, Senfer DT6 Pro dilengkapi kabel bawaan yang desainnya unik kayak rambut yang dikepang. Kelebihan desain ini sih nggak gampang kusut, tapi kualitasnya kok kayak pas-pasan gitu. Kelebihan lain dari headset IEM Senfer DT6 Pro ini juga menawarkan fleksibilitas penggunanya untuk mengganti kabel bawaan dengan kabel lain yang lebih berkualitas karena udah mengusung detachable cable dengan konektor MMCX. Jadi kalau kabelnya rusak atau mau upgrade ke kabel silver plate, tinggal tancap! 😁

Oiya, Senfer DT6 Pro juga dilengkapi dengan microphone dan tiga buah tombol untuk play/pause dan pengaturan volume. Tuxlin udah nyoba di beberapa smartphone seperti Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan Asus ROG Phone 3, tombol di mic headset ini kompatibel dan bisa digunakan dengan baik. Nggak tahu kalau smartphone brand lain mungkin ada yang nggak kompatibel. Headset Senfer DT6 Pro ini menggunakan konektor 3,5mm tipe straight atau lurus. Berikut tampang Senfer DT6 lebih dekat.

Baca juga:Nyobain Haylou H8, Nggak Nyangka Headset di Bawah 100 Ribu Kayak Gini!

Senfer DT6 Pro Review

Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap Detail! 8

Peningkatan yang paling signifikan dari headset Senfer DT6 Pro ini adalah jumlah driver yang lebih banyak, yakni quad driver! Empat driver ini terdiri dari sebuah dynamic driver untu low dan mid, kemudian dua buah balance armature driver untuk high, dan piezoelectric driver untuk super high. Sebenernya Tuxklin Blog itu nggak paham-paham amat soal audio, tapi emang suka penasaran dan nyobain pengalaman baru hehehe… πŸ˜‚

Kualitas Suara

Pada Senfer DT6 Pro review kali ini, Tuxlin menggunakan DAP Fiio M3k selama proses pengujian. Kenapa pakai DAP itu? Soalnya cuma punya Fiio M3k itu, nggak punya DAP yang lain hahaha… Ya kadang dipakai di ROG Phone II atau Mi Note 10 Pro buat perbandingan gitu. Impresi awal pas dengerin headset Senfer DT6 Pro ini, wah mantap! Headset IEM ini masih menawarkan tingkat detail yang pernah Tuxlin rasakan di Senfer DT6 dan ini sedikit ada improvisasi. Karakter suaranya sih emang nggak se-flat Senfer DT6, ini lebih v-shape dan bertenaga.

Baca juga:Perdana Nyobain IEM Hi-Res Audio Philips Fidelio TX2, Sejernih Apa?

Headset Senfer DT6 Pro ini mampu menghasilkan tingkat detail yang mantap surantap untuk sebuah headset dengan harga 300 ribuan. Ini Tuxlin rasakan saat dengerin lagu-lagu genre symphonic metal seperti Epica dan Nightwish yang rata-rata menggunakan banyak instrumen yang rumit. Pas dengerin dengan instrumen rame macem Kingdom of Heaven milik Epica atau The Poet And The Pendulum milik Nightwish, rasanya suara masing-masing instrumen bisa Tuxlin bedain. Nggak kayak IEM murah yang suaranya ngumpul jadi satu hehehe…

Mid di headset Senfer DT6 Pro ini juga berasa lebih nendang dari generasi non pro. Pas dengerin lagu metalcore seperti Amongst The Shadows & The Stones milik Trivium atau Parasite milik Bullet For My Valentine, suara distorsi gitarnya terasa detail, garang, dan bertekstur. Nggak cuma itu, suara screaming vokalnya juga gahar banget… πŸ˜ŽπŸ‘ Suara vokal cewek juga enak banget, apalagi pas dengerin lagu Supremacy milik Tarja Turunen, beuh…. Nada tingginya bikin merinding dar berasa intim banget.

Treble atau high yang disajikan Senfer DT6 Pro ini terdengar lebih berani dan detail jika dibandingkan dengan Senfer DT6, tetapi karakternya tetep enak di telinga dan nggak terlalu tajam. Dengerin lagu Sever The Hands milik Trivium, suara yang dihasilkan cymbal-nya begitu renyah dan bisa dibedain antara crash cymbal, hi hat, dan sebagainya. Buat penggemar bass, Senfer DT6 Pro ini menawarkan dentuman bass yang lebih bertenaga, mendalam, dan tetep punchy… Buat lagu-lagu dengan dobel kick drum ngebut kayak Nemesis milik Arch Enemy pun masih bisa terkejar. Soundstage Senfer DT6 Pro berasa lebih megah dari generasi sebelumnya.

Secara umum, Tuxlin Blog sangat puas dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh Senfer DT6 Pro ini dengan karakternya yang amat detail dan kini agak v-shape. Satu keluhan Tuxlin, headset ini kadang kayak ada listrik statis yang nyetrum gitu kalau dipasangkan dengan device tertentu, bikin kaget… 😭 Terlepas dari kekurangannya itu, Senfer DT6 Pro ini layak kamu coba!

Kelebihan Senfer DT6 Pro

  • Detachable cable dengan konektor MMCX
  • Kualitas suara detail dan agak v-shape

Kekurangan Senfer DT6 Pro

  • Ada listrik statis yang suka bikin kaget πŸ€¦β€β™‚οΈ
  • Kualitas kabelnya pas-pasan

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Hybrid IEM Dual Driver Earphone


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

6 Replies to “Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap…”

    1. Aku sih lebih suka Senfer DT6 Pro… Soalnya nggak terlalu suka yang terlalu flat kayak Senfer DT6 hehehe πŸ˜…

Leave a Reply

Your email address will not be published.