Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Lenyes S805 Review: Suara 360 Derajat dengan Fitur Lengkap

4 min read

Lenyes S805 Review

Lenyes S805 Review: Suara 360 Derajat dengan Fitur Lengkap – Halo Pembaca! Akhir-akhir ini Tuxlin Blog emang sering bahas speaker bluetooth besutan Lenyes. Ya memang brand ini nggak sepopuler JBL, Sony, Eggel atau brand lainnya. Meski demikian, kiprah Lenyes di pasar tanah air terus meningkat. Tuxlin pertama kali kenal pertama kali dengan Lenyes sekitar 2019 silam. Kini ada satur seri lagi yang bakal Tuxlin bahas secara mendalam, yakni Lenyes S805. Yoi, speaker ini hadir dengan desaiin tabung atau drum mini yang diklaim mampu menghasilkan suara dengan sebaran hingga 360 derajat. Jadi kita nggak perlu bingung mana sisi depan atau belakang, semua sama. πŸ˜‚

Harga speaker Lenyes S805 ini terhitung kompetitif, yakni cuma 200 ribuan saja. Hal yang menarik Tuxlin Blog untuk mengulas speaker ini selain desain tabung yang kece adalah fiturnya yang lengkap. Meski dijual dengan harga terjangkau, Lenyes nggak ragu-ragu untuk kasih fitur canggih yang biasanya ada di speaker 400 ribuan ke atas seperti NFC dan TWS (True Wireless Stereo). Lalu kayak gimana kualitas suara yang dihasilkan speaker ini? Simak Lenyes S805 review oleh Tuxlin Blog kali ini! πŸ€“

Lenyes S805 Review: Suara 360 Derajat dengan Fitur Lengkap

Spesifikasi Lenyes S805

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 66mm x 1
  • RMS: 4Ξ© 15W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 115Hz – 15KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Fitur NFC
  • Waterproof dengan sertifikat IPX6
  • Mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo)
  • Baterai built-in 2200mAh lithium battery, hingga 10 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 98 x 119 x 93 mm
  • Berat 548,5 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Blue dan Black

Anda dapat membeli atau cek promo Lenyes S805Β di Sini (Klik)

Paket Penjualan Lenyes S805

Paket Penjualan Lenyes S805
  • Speaker bluetooth Lenyes S805 warna Black
  • Kabel USB
  • Pouch
  • User guide
  • Tali

Desain Lenyes S805

Lenyes S805 Review: Suara 360 Derajat dengan Fitur Lengkap 1

Hal yang menarik dari Lenyes S805 review kali ini menurut Tuxlin Blog adalah desainnya. Speaker ini mengusung gaya desain round atau tabung yang mirip dengan UE Wonderboom yang pernah Tuxlin bahas sebelumnya. Bentuknya yang bulat tersebut dilapisi casing dengan bahan kain kanvas berwarna hitam. Material kanvas ini terasa berserat atau bertekstur saat digenggam, jadi nggak licin. Bagi yang telapak tangannya kecil pun nggak bakal kesulitan menggenggam speaker Lenyes S805 ini.

Tapi penggunaan material kanvas ini juga punya kekurangan, yakni mudah kotor kalau kena cairan. Bayangin aja kalian lagi asyik makan kare atau soto lamongan, eh tumpah di speaker Lenyes S805 ini… Gimana coba bersihinnya? Pasti ninggalin bekas kalau nggak dicuci. Untungnya sih speaker Lenyes S805 ini memiliki kemampuan tahan air alias waterproof dengan rating IPX6. Artinya, speaker ini tahan terhadap cipratan air, tetapi bukan untuk ditenggelamkan lho ya… 😁

Sementara pada bagian bawah terdapat passive bass radiator dengan finishing krom yang mewah. Ukuran speaker ini nggak terlalu besar sebenarnya, kira-kira hampir sama dengan kaleng soda yang 330ml πŸ€” Build quality speaker Lenyes S805 ini lumayan solid dan kuat. Meski nggak terkesan mewah, tapi juga nggak berasa murahan. Berikut tampang detail speaker Lenyes S805.

Baca juga:Review Mifa A3, Speaker Unik dengan Suara Asik!

Pada Lenyes S805 review kali ini, sisi atas speaker terdapat tombol power, tombol volume minus, tombol play/pause, tombol volume plus, logo Lenyes, LED indikator, microphone, dan NFC.Β Sementara bawah speaker Lenyes S805 ini terdapat dudukan yang berlapis karet dan passive bass radiator dengan logo Lenyes.

Sekeliling bodi speaker andalan Lenyes ini terbuat dari bahan kanvas, kecuali pada belakangnya ada bagian yang terbuat dari bahan polikarbonat karena disitu terdapat port microUSB untuk charging dan slot microSD yang ditutup oleh lapisan karet, serta lubang untuk memasang tali gantungan.

Video Unboxing Lenyes S805

Lenyes S805 Review

Lenyes S805 Review

Apa sih yang menarik dari speaker bluetooth Lenyes S805 review kali ini? πŸ€” Ada beberapa hal yang membuat speaker Lenyes S805 ini menarik, salah satunya adalah hadirnya fitur NFC (Near Field Communications). Lah speaker buat apa ada NFC? Lho biar pairingnya kilat… Jadi kita cukup tempelin smartphone dengan fitur NFC ke speaker Lenyes S805, maka akan langsung muncul opsi untuk pairing via Bluetooth, cepet kan? 😎

Baca juga:Tronsmart Element T6 Review: Speaker Bluetooth Idola Basshead!

Kualitas Suara

Berbicara soal kualitas suara, Lenyes ini berdasarkan pengalaman Tuxlin Blog kurang konsisten ya. Ada seri yang bagus suaranya, ada juga yang B aja kualitasnya. Lalu bagaimana dengan speaker portabel Lenyes S805 ini? Spesifikasinya sih cukup meyakinkan dengan bermodalkan sebuah driver berdiameter 66mm dengan daya 15W. 😎 Guna mendongkrak bass-nya, speaker ini juga diperkuat dengan passive bass radiator seperti yang kalian lihat pada foto di atas.

Setelah Tuxlin cobain buat muter beberapa lagu andalan, ternyata speaker Lenyes S805 mampu menghasilkan volume suara yang cukup nyaring dan kalau diputer di kosan dengan volume 80++, dijamin tetangga kosan bakal datang dan gebukin ente wkwkw… 🀣 Sesuai desainnya yang kayak drum mini, suara yang dihasilkan memang menyebar 360 derajat. Kita nggak perlu bolak-balik speaker biar suaranya pas hehehe… Pas diputer dengan volume suara yang hampir penuh, nggak terdengar distorsi yang mengganggu dan nggak pecah. Mungkin distorsi cuma terdengar di lagu-lagu tertentu. πŸ€”

Karakter suara yang dihasilkan pada Lenyes S805 review kali ini cenderung vocal oriented sih menurut kuping kaleng Tuxlin Blog. Suara vokalnya begitu menonjol sehingga mau suara cewek atau cowok terdengar agak maju dan jelas. Lengkingan nada tinggi Tarja Turunen di lagu Supremacy dari speaker Lenyes S805 lumayan bikin merinding lho… Belum lagi suara screaming Matt Heafy di lagu In Waves juga terasa gahar, bertekstur, dan detail. πŸ‘πŸΌ

Sayangnya, suara vokal yang menonjol bikin suara instrumen jadi agak mundur. Meski demikian, Lenyes S805 ini masih mampu menghasilkan suara treble yang jernih dengan tingkat detail yang cukup. Karakter treble-nya juga nggak tajam. Tuxlin coba puter lagu Trivium – Sever The Hands, asik dan enjoyable treble-nya. Eh tapi mungkin buat yang suka dengerin lagu dengan karakter bright, mungkin kuantitas treble atau high-nya agak kurang. πŸ€”

Bagaimana dengan bass yang dihasilkan pada Lenyes S805 review kali ini? Tuxlin lumayan kaget, ternyata bass yang dihasilkan cukup kuat dan responsif, tetapi karakternya memang kurang deep sih. Kalau kalian suka dengerin musik metal dengan dobel kick drum yang kebut-kebutan, speaker Bluetooth Lenyes S805 ini masih mampu mengimbanginya. Tuxlin coba puter lagunya Arch Enemy – Namesis, dobel kick drum yang ngebut bisa dirasakan, nggak cuma dengung doang.

Soundstage dari speaker Lenyes S805 ini relatif standar. Begitu juga dengan separasi antar instrumen juga biasa aja. Kalau hobi dengerin musik symponic metal kayak Nightwish atau Epica yang instrumennya seabreg, mungkin Lenyes S805 berasa kurang detail. Oiya, speaker wireless Lenyes S805 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2200mAh yang ternyata mampu bertahan hingga 5 – 6 jam dengan volume 50% lebih. Lumayan lah yaπŸ€”

Kesimpulan

Secara umum, Lenyes S805 merupakan speaker bluetooth dengan kualitas suara yang cukup baik dengan karakter vokal yang menonjol, serta mampu ‘menyebarkan’ suara hingga 360 derajat. Nilai tambah speaker Lenyes S805 ini adalah dukungan fitur NFC untuk pairing secara instan dan mendukung TWS. Jelas, Lenyes S805 ini layak kalian pertimbangkan. πŸ‘πŸΌ

Kelebihan Lenyes S805

  • Kualitas suara oke
  • Fitur lengkap (ada TWS dan NFC)
  • Waterproof, cuy! 😎

Kekurangan Lenyes S805

  • Nggak dikasih port AUX

Anda mungkin suka:Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022?


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.