Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: A Luxurious Taste

26

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Setelah ngetik sebegitu panjang (semoga dibaca yah 😆 ) akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari artikel review Asus Zenfone 3 ZE520KL! Yah smartphone ini menawarkan perubahan yang sangat radikal jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini nggak lepas dari strategi Asus yang bikin Zenfone 3 ini naik kelas ke mid-range premium.

Yap, kehadiran ponsel ini bakal jadi pesaing tangguh Samsung Galaxy A series, LG X Cam, dan ponsel songong Oppo F1 Plus 😆 Asus Zenfone 3 ZE520KL ini nggak cuma ngandelin sampang, tapi spek yang mumpuni, kamera yang mantap, dan tentunya fitur yang lengkap.

Mengandalkan duet ngehits Snapdragon 625 dengan RAM 3GB ternyata mampu menghasilkan performa yang sangat nyaman untuk menangani tugas kelas menengah, multitasking atau sekadar komunikasi sehari-hari. Selama sebulan Tuxlin menggunakan ponsel ini, nggak terlihat adanya lag.

Perpindahan menu dan aplikasi berlangsung gegas dan smooth, padahal udah diinstal banyak aplikasi lho. Soal gaming, Asus Zenfone 3 ZE520KL dengan grafis Adreno 506 mampu memainkan game Need for Speed: No Limits dengan lancar jaya. Nangkep atau battle di Pokemon Go juga lancar 🙂

Baca juga:Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Jagoan Baru Minus 4G LTE

Asus membekali Zenfone 3 ZE520KL dengan layar full HD berukuran 5,2 inci dengan teknologi IPS+. Kualitas layar smartphone ini bening Sob! Layar ponsel ini mampu menghasilkan warna yang punchy dan memuaskan mata, tajam, dan terkesan padat.

Viewing angle atau sudut pandang yang dihasilkan juga luas. Respon touchscreennya termasuk gegas, meski sudah dipasang tempered glass. Performa layar Zenfone 3 ZE520KL saat digunakan di bawah terik sinar matahari relatif standar alias biasa saja. 🙂

Beralih ke sektor audio, pada review Asus Zenfone 3 ZE520KL menghasilkan kualitas yang mantap menurut Tuxlin Blog. Kali ini Tuxlin Blog menjajal ponsel ini untuk memutar lagu-lagu besutan band yang baru saja bubar, ReVamp. *sayang banget malah bubar 🙁 *

Suara speakernya cukup keras, tapi nggak keras banget. Kualitas suaranya oke menurut Tuxlin. Treble memang dominan, tapi detail. Begitu juga suara vokal Jansen Floor pas nyanyi lagu Here is My Hell hehehehe… Tuxlin Blog juga menjajalnya dengan headphone Sennheiser HD 202 II, hasilnya?

Bass-nya nendang banget Sob! Namun bass yang mantab nggak menenggelamkan mid dan high, jadi enak banget di kuping. Sayangnya, volumenya kalau pake headset jadi agak kecil. Tuxlin musti pake volume 60 – 70% biar enak.

Memori Asus Zenfone 3 ZE520KLPada review Asus Zenfone 3 ZE520KL ini mengusung memori internal atau ROM berkapasitas 32GB yang mana menyisakan ruang kosong 20.16GB, relatif standar. Smartphone 4G LTE andalan Asus ini dibekali dengan memori RAM berkapasitas 3GB. Saat pertama kali dihidupkan, free RAM berkisan antara 1,5 – 1,6GB.

Bagi yang merasa kurang memorinya, bisa ditambahkan microSD dengan konsekuensi nggak bisa dual SIM. Maklum, jama sekarang modelnya hybrid slot. Asus Zenfone 3 ZE520KL udah dukung USB OTG kok, cuma flash disk OTG dengan port USB Type-C emang masih jarang di pasaran 😀

Asus membekali ponsel ini dengan sensor sidik jari berbentuk persegi panjang di sisi belakang ponsel. Kemampuan fingerprint milik Zenfone 3 ZE520KL terbilang sensitif dan mampu mengenai sidik jari dengan cepat.

Baca juga:Review Asus ZenPower 9600mAh Gold

Seektor baterai awalnya bikin Tuxlin Blog ragu, mengapa? Asus Zenfone 3 ZE520KL dengan spesifikasi seperti ini kok baterainya cuma 2600mAh? Setelah sebulan pakai, ternyata keraguan itu pupus coy, sama pupusnya dengan kisah cintaku… hiks 🙁

Baterai ponsel ini ternyata mampu bertahan hingga seharian lho! Contohnya kemarin, baterai cas penuh pada malam hari, siangnya dipake buat ngeliput acara talkshow diselingi dengar musik dan live tweet sampai sore. Penggunaan yang cukup intensif tersebut menyisakan baterai 22% ketika sore hari, tepatnya setelah adzan maghrib. Cas baterai juga ngebut, rata-rata 1,5 jam udah penuh.

Panas nggak? Ponsel ini cuma hangat doang setelah dipakai main game Pokemon Go lebih dari satu jam. Snapdragon 625 ini nggak kayak 615 karena teknologi yang dipakai lebih kecil, yakni 14nm jadi lebih efisien dalam hal konsumsi daya maupun panas yang dihasilkan.

Secara umum, kesimpulan review Asus Zenfone 3 ZE520KL ini bisa dikatakan mantap dan sangat kompetitif di kelasnya. Ponsel 4G ini hadir dengan desain yang cantik, mewah, dan build quality yang solid. meski bukan yang tercepat di kelasnya, performa Asus Zenfone 3 ZE520KL sudah bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, multitasking, dan gaming.

Kamera yang mumpuni dan kaya fitur menjadi andalan Zenfone 3 ZE520KL. Nggak heran Asus menyematkan tagline ‘Built for Photography’. Minusnya ya hybrid slot dan licin ketika digenggam. Asus Zenfone 3 ZE520KL laik dipertimbangkan di kelasnya.

Review kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL baca di Sini: Review Kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL: Flagship Class

Kelebihan Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Desain mewah dan build quality mantap!
  • Kamera diatas rata-rata, bisa diandalkan di segala kondisi cahaya
  • Fitur lengkap, sensor sidik jari
  • Performa bisa diandalkan

Kekurangan Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Casing licin (rawan lepas dari genggaman coy!)
  • Menggunakan hybrid slot
  • Nggak ada backlight di tombol kapasitifnya

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 3 ZE520KL di Sini (Klik)

Outro…

Awalnya review Asus Zenfone 3 ZE520KL ini bakal dipublish lebih awal, tetapi malah nggak bisa. Maklum, kemarin yang punya Accesgo Gotune 3i dan Xiaomi Redmi 3S udah nagih… Alhasil, dua ponsel itu duluan deh review duluan. Semenjak kehadiran Asus Zenfone 3 ZE520KL, Tuxlin Blog memutuskan untuk memensiunkan Infinix Zero 3. Kini Asus akan menemani Xiaomi Mi 4c untuk komunikasi dan kerja Tuxlin Blog sehari-hari.

Anda mungkin suka:Harga Asus A456UR Terbaru dengan Prosesor Intel Core i5-6198DU

26 COMMENTS

  1. Min, numpang request..
    Kapan akan review asus zenfone 3 max 5,2inch dan zenfone Go ZB550KL 5,5 inch?
    ditunggu ya min..seperti menanti seorang kekasih yang tercantik yang datang dihari ini, hahahaha…

  2. mas dityatuxlin, zenfone 3 ini kualitas GPS-nya bagaimana ? apakah cepet ngelock dan stabil(gak lepas lock-nya) atau mengecewakan spt seri zenfone 2,5,6 .

    thx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here