Review Kamera BenQ B502, Ponsel Selfie Murah Meriah

4

Review Kamera BenQ B502

Gimana? Sudah lihatkan hasil jepretan kameta ponsel BenQ B502 ini? Namanya juga ponsel selfie murah meriah gan, hehehehe… Tuxlin sudah menjajal kamera smartphone BenQ B502 ini selama seminggu lebih dan hasilnya memang di bawah ekspektasi Tuxlin Blog. Saat digunakan untuk memotret dengan kondisi cahaya yang melimpah atau siang hari, BenQ B502 ini menghasilkan foto yang agak warm, ini sangat terlihat pada sampel foto siang hari pertama dan kedua.

Tak hanya itu, kadang jepretan BenQ B502 ini agak overexpose dan agak bluish pada kondsi tertentu, seperti pada sampel foto siang hari yang ketiga. Secara umum, foto yang dihasilkan kamera BenQ B502 ini wrananya kurang akurat, kurang jernih, dan detailnya bisa dikatakan di bawah rata-rata kamera 13 megapiksel. Kecepatan fokus kamera BenQ B502 menurut Tuxlin nggak jauh beda dengan ponsel lain din kelasnya.

Meski demikian, kamera BenQ B502 ini juga dapat menghasilkan foto yang bagus dengan warna akurat lho, seperti ada sampel foto siang hari yang keempat, gambar pohon dan buah pepaya. Foto HDR (High Dynamic Range) ponsel ini juga agak mengecewakan gan… Kamera BenQ B502 ini tidak mampu menetralisir cahaya matahari ketika berhadapan langsung dengan sinar matahari. Tuxlin Blog maklum mengingat ponsel ini harganya terjangkau. 🙂

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Mi 4i Berkekuatan 13 MP Terbaik di Kelasnya

Sedangkan kemampuan memotret macro pada ponsel BenQ B502 ini bisa dikatakan lumayan. Namun, mengatur fokus kamera saat memotret macro pada BenQ B502 cukup sulit gan… Ruxlin Blog sendiri harus lebih sabar dan telaten untuk menghasilkan sampel foto macro di atas…. Intinya, kamera ponsel BenQ B502 ini agak susah diajak motret macro, hehehehe… hasil foto macro ponsel ini sebenarnya bisa dikatakan lumayan lho di kelasnya, meski masih mengusung karakter gambar yang agak warm.

Detail foto macro ponsel ini cukup bagus dan warna yang cukup baik, meski kadang tidak akurat. Bokeh atau blur yang dihasilkan saat memotret macro juga lumayan mantap gan, seperti pada sampel foto macro yang ketiga dan keempat. Bagi pengguna yang gemar memotret close up atau macro, tampaknya BenQ B502 bukan pilihan yang tepat.

Kemampuan kamera ponsel BenQ B502 untuk memotret malam hari cukup mengecewakan menurut Tuxlin Blog. Hasil jepretan kamera 13 megapikselnya masih kalah jika dibandingkan dengan Himax Polymer 2 yang Tuxlin review sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa resolusi bukanlah segalanya. Sensor, bukaan atau aperture, dan optimasi perangkat lunak lebih berperan dalam hal kualitas jepretan.

Emang hasil foto kamera BenQ B502 di malam hari kayak gimana bro? Seperti pada sampel di atas, hasil foto kamera ponsel ini dimalam hari terlihat gelap, noise yang cukup mengganggu, dan kehilangan detail secara signifikan. Beruntung, warna yang dihasilkan saat malam hari masih terbilang bagus. Anehnya, ukuran file foto saat malam hari lebih kecil dari siang hari gan.

Rata-rata ukuran file foto yang dihasilkan oleh BenQ B502 adalah 1,5MB – 2,5MB. Namun, foto malam yang dihasilkan hanya berukuran ratusan KB saja, padahal masih mengusung resolusi 13 megapiksel. LED flash kamera BenQ B502 cukup terang dan membantu saat memotret di tempat kurang cahaya. Sedangkan Night mode yang disediakan oleh kamera ponsel ini kurang signifikan performanya.

Kamera depan ponsel BenQ B502 ini gimana gan? Bagian ini pasti yang paling ditunggu-tunggu ya? hahahaha… Kamera depan ponsel BenQ B502 ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik untuk sekadar foto selfie gan… Warna dan detail yang dihasilkan juga bisa dikatakan cukup. Secara umum, smartphone BenQ B502 ini cukup bisa diandalkan untuk urusan selfie baik sendiri maupun rame-rame 😆

Secara umum, kualitas foto yang dihasilkan kamera ponsel BenQ B502 bisa dikatakan standar untuk kelas sejutaan. Namun, jika dibandingkan dengan kamera ponsel 13 megapiksel lain yang pernah Tuxlin coba, BenQ B502 ini dibawah rata-rata. Karakter foto yang dihasilkan oleh BenQ B502 ini agak warm atau kuning dan warna yang dihasilkan juga kurang akurat.

Performa kamera ponsel BenQ B502 saat malam hari menurut Tuxlin Blog mengecewakan dan kurang bisa diandalkan bagi pembaca yang suka motret-motret pas ronda hehehehehe… :mrgreen: Meski performa kamera belakang kurang josss, kamera depan BenQ B502 ini cukup bisa diandalkan kalau cuma buat ritual selfie hahahaha…

Bagi pengguna yang menginginkan ponsel sejutaan dengan kamera mumpuni, BenQ B502 bukan pilihan bijak gan… Tapi kalau nyari smartphone untuk selfie, BenQ B502 bisa dipertimbangkan. Sampai di sini dulu artikel mengenai review kamera BenQ B502 yang merupakan ponsel khusus selfie murah meriah, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka:Infinix Zero 2 Diluncurkan di Indonesia, Ponsel 4G LTE dengan RAM 3GB Termurah!

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here