Review Xiaomi Redmi 3X: Different Design

Review Xiaomi Redmi 3X – Halo Pembaca! Setelah sebelumnya sudah membahas kamera, kini Tuxlin BLog membahas review Xiaomi Redmi 3X secara keseluruhan! Sebenarnya sih Xiaomi Redmi 3X ini bisa dikatakan saudara kembar dari Redmi 3S (btw emaknya siapa yak?), hanya saja hadir dengan desain berbeda.

Makanya pada ulasan Xiaomi Redmi 3X ini Tuxlin Blog menggunakan tagline ‘different design’ soalnya desainnya sedikit berbeda dari Redmi 3S. Harus diakui kalau Xiaomi Redmi 3X ini kalah populer ketimbang Redmi 3S. Saat artikel ini ditulis harga Xiaomi Redmi 3X di pasaran adalah Rp 1,5 – 1,7 juta. Penasaran? Simak deh review Xiaomi Redmi 3X oleh Tuxlin Blog kali ini!


Review Xiaomi Redmi 3X

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3X

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB ROM 32GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion
  • Warna Silver, Gold, dan Dark Grey

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3X di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Paket Penjualan Xiaomi Redmi 3X

Paket Penjualan Xiaomi Redmi 3X

  • Handset Xiaomi Redmi 3X 2GB/32GB Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi 3X

Desain Xiaomi Redmi 3X

Desain adalah bagian yang paling Tuxlin Blog sorot pada review Xiaomi Redmi 3X kali ini, mengapa? Soalnya di sektor inilah ada faktor membeda dari Redmi 3S. yah sekilas sih karakter desainnya emang sama Sob! Ponsel Xiaomi Redmi 3X ini dibalut dengan casing metal unibody dengan desain yang sangat mirip dengan Redmi 3S atau Redmi 3 Pro jika dilihat dari depan.

Namun, jika kita melihat kebelakang (bukan melihat masa lalu lho 😆 ), maka terlihat perbedaan pada Redmi 3X ini. Smartphone Xiaomi Redmi 3X ini lebih kotak dan sudutnya lebih tegas. Nggak cuma itu, pinggiran Redmi 3X lebih edgy alias lebih kotak. Beda dengan Redmi 3S yang pinggirannya membulat kayak tahu bulat (rounded).

Baca juga:Review Xiaomi Redmi 3S: Hampir Sempurna

Susah bayanginnya yak? Bayangin saja pinggiran Redmi 3X ini kayak Xiomi Mi4 atau iPhone 5S series. Nah kalau Redmi 3S pinggirannya kayak Hisense F20 atau iPhone 6 series, paham? Harus paham dong 😆 Desain yang seperti itu membuat Xiaomi Redmi 3X terkesan lebih tebal. Berikut ini beberapa foto Xiaomi Redmi 3X Gold yang Tuxlin gunakan.

Nah pada review Xiaomi Redmi 3X kali ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back pada sisi depan.

Sebagai tambahan informasi, ketiga tombol kapasitif di bawah layar Redmi 3X ini nggak dilengkapi backlight… Jadi kalau dipake pas mati lampu jadi lebih menantang… Asal nggak salah pencet aja sih 😆 Layarnya juga nggak disebutin adanya proteksi antigores.

Pada sisi belakang Xiaomi Redmi 3X ini terdapat masa lalu yang kelam LED flash, kamera utama , sensor sidik jari, logo Xiaomi, dan speaker grill. Pada atas ponsel 4G Redmi 3S ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Sedangkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel. Sisi kiri terdapat slot hybrid (SIM card & microSD). Nah slot ini bisa diakses dengan bantuan SIM ejector yang ada di paket pembelian.  Sisi bawah Xiaomi Redmi 3X ini terdapat microphone dan port microUSB.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro: Powerful

Secara umum, review Xiaomi Redmi 3X pada sisi desain ini udah oke. Feel-nya saat menggenggam beda dengan Redmi 3S. Smartphone ini terasa agak tebal tapi solid banget Sob. Desainnya Redmi 3X vs Redmi 3S bagus mana? Tergantung selera sih 🙂

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3X

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3X

Pada review Xiaomi Redmi 3X kali ini, Tuxlin Blog sudah melakukan update ke MIUI 8.0 yang masih menggunakan basis Android 6.0 Marshmallow. Berhubung Redmi 3X ini nggak ada varian globalnya, Tuxlin Blog akhirnya pake ROM global milik Redmi 3S dan ini membuat smartphone yang Tuxlin review terdeteksi sebagai Redmi 3S.

MIUI 8 sebenarnya membawa perubahan tampilan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan MIUI 7. Nggak cuma soal tampang, MIUI 8 juga membawa beberapa fitur baru yang lumayan membantu lho 😀

Seperti biasa, kita akan disambut dengan tampilan Lockscreen dan Homescreen khas MIUI yang khas dan memiliki opsi kostumisasi yang banyal. MIUI pada jajaran smartphone Xiaomi, termasuk Redmi 3X ini tidak dilengkapi dengan menu drawer, sehingga semua aplikasi yang sudah diinstal bakal tampil semuanya di Homescreen.

home2

Jika dilihat dari Homescreennnya sih nggak beda jauh dengan MIUI 7. Akan tetapi kalau lihat pada notification center dan menu setting, baru deh terlihat perbedaannya . Secara umum, MIUI 8 ini menyediakan opsi kostumisasi yang sama lengkapnya dengan MIUI 7.

Kita dapat melakukan kostumisasi wallpaper, themes (termasuk icon pack), animasi transisi, dan widget. Tambah theme dan wallpaper juga gampang banget, tinggl download dan nggak usah bayar 😆 Meski ada juga theme yang harus bayar pakai Mi Credit 😀

home3

MIUI pada smartphone Xiaomi Redmi 3X ini nggak cuma menawarkan tampilan yang oke punya, tetapi juga didukung fitur yang lengkap Sob. Beberapa fitur andalan MIUI antara lain Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, dan sebagainya.

Dua fitur andalan MIUI 8 yang lumayan ‘killer’ adalah Dual Apps dan Second Space. Buat yang punya banyak selingkuhan *ups 😆 buat yang punya olshop dan butuh dua aplikasi BBM/WA/Facebook nggak perlu beli hape baru, karena fitur Dual Apps memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi yang sama dalam satu hape.

Kalau Second Space memungkinkan kita punya dua Homescreen dengan setting dan aplikasi yang berbeda, enak bukan? Yah semacam multi desktop di Linux atau Mac OS X gitu 🙂

home4

Secara umum, MIUI 8 yang terdapat pada smartphone Xiaomi Redmi 3X ini menawarkan tampilan yang menawan, performa yang smooth, dan fitur yang melimpah. Satu lagi Sob, MIUI ini menawarkan update yang teratur 🙂 Eh tapi MIUI makan RAM banyak kan? Yep, separuh RAM Redmi 3X ditempati MIUI. Kalau mau free RAM banyak ya ganti pake sistem operasi DOS saja 😆 Performanya kayak gimana? Lanjut halaman berikutnya Sob 😛

Baca juga:Harga Xiaomi Redmi 4A Terbaru, Mulai Dijual di Indonesia


16 Comments

  1. Dwi December 2, 2016
    • Tuxlin December 2, 2016
  2. Fauzan December 2, 2016
    • Tuxlin December 2, 2016
  3. arief December 2, 2016
    • Tuxlin December 2, 2016
      • arief December 3, 2016
        • Tuxlin December 4, 2016
  4. Deddy Huang December 9, 2016
    • Tuxlin December 9, 2016
  5. Jendra December 11, 2016
    • Tuxlin December 11, 2016
  6. yulius March 15, 2017
    • Tuxlin March 15, 2017
  7. anonim May 2, 2017
    • Tuxlin May 2, 2017

Add Comment

*