Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi Redmi Pro: Duet Sony & Samsung

6 min read

Review Kamera Xiaomi Redmi Pro: Duet Sony & Samsung

Review Kamera Xiaomi Redmi Pro – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog membahas review kamera Xiaomi Redmi Pro yang mengusung dua buah kamera belakang. Istilah kerennya dual camera system hehehe… Kedua kamera tersebut mengusung sensor dari produsen yang nggak sembarangan lho, yakni Sony dan Samsung. Makanya Tuxlin Blog menyebut duet Sony dan Samsung sebagai judul review kali ini.

Ponsel Xiaomi Redmi Pro ini memang kurang terdengar suaranya, padahal spek yang diusungnya lumayan oke. Hanya saja masih bergaransi distributor. Harga ponsel Xiaomi Redmi Pro saat artikel ini dibuat adalah Rp 2,5 juta untuk varian 32GB. Varian lebih tinggi tentunya lebih mahal. Penasaran? Berikut ulasan review kamera Xiaomi Redmi Pro oleh Tuxlin Blog!

Review Kamera Xiaomi Redmi Pro: Duet Sony & Samsung

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi Pro

Spesifikasi menjadi satu hal yang cukup menonjol pada review kamera Xiaomi Redmi Pro kali ini. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Redmi Pro dengan dua buah kamera belakang, keren kan? 😎 Ini sebenarnya bukan hal yang baru karena dulu konsep seperti ini udah diterapkan oleh HTC M8. Akhir-akhir ini bermunculan Kamera dengan dua kamera lainnya, seperti iPhone 7 Plus, Huawei P9, LG V20, Xiaomi Mi 5S Plus, dan banyak lagi.

Kamera utama Xiaomi Redmi Pro ini mengusung resolusi 13 megapiksel yang menggunakan sensor Sony IMX258 berukuran 1/3.06 inci yang ditandemkan dengan lima elemen lensa dengan aperture f/2.0, dan didukung oleh teknologi Phase Detection Autofocus (PDAF). Sedangkan kamera belakang sekunder Redmi Pro ini mengusung resolusi 5 megapiksel menggunakan sensor Samsung S5K5E8YX fixed focus.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Pro 64GB di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Fungsi kamera utama ini adalah mengambil foto laiknya kamera belakang sebuah ponsel. Sedangkan kamera kedua yang menggunakan sensor Samsung tadi bertugas untuk men-capture atau mengambil depth of field, sehingga kombinasi keduanya dapat menghasilkan foto dengan blur bokeh yang dalam dan diklaim mirip dengan DSLR. Mirip dengan DSLR? Yah namanya juga iklan Sob 😆 Jangan berharap terlalu tinggi, nanti kena PHP lho 😛

Sedangkan kamera depan Xiaomi Redmi Pro ini masih mengusung resolusi 5 megapiksel menggunakan sensor Samsung S5K5E8YX fixed focus untuk mengakomodasi ritual foto selfie atau video call. Baik kamera depan maupun kamera belakang Xiaomi Redmi Pro ini dapat merekam video dengan resolusi full HD.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi 3S, Bersensor Samsung S5K3L8

Fitur & Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi Pro

Camera Xiaomi Redmi Pro

Pada review kamera Xiaomi Redmi Pro kali ini, Tuxlin Blog sudah menggunakan ROM MIUI 8 Official China. Saampai artikel ini ditulis memang belum tersedia ROM MIUI Global untuk ponsel Redmi Pro ini. Yah secara umum tampilan antarmuka aplikasi kameranya nggak jauh beda dengan kamera smartphone Xiaomi lainnya, contohnya kayak Redmi 3X yang Tuxlin Blog review sebelumnya. Kalau dibandingkan dengan MIUI 7 ya beda dikitlah 😀

Antarmuka kamera didominasi oleh  viewfinder Sob. Yah sekilas sama persis kayak Kamera kemarin, tapi ada beberapa perbedaan terkait fitur spesial dari review kamera Xiaomi Redmi Pro 😆 Sisi kiri viewfinder terdapat pengaturan LED flash (off, auto, on) dan HDR (On, Auto, dan Off).

Sedangkan pada sisi kanan terdapat ikon tiga lingkaran untuk mengaktifkan filter, modes untuk memilih mode kamera, dan ikon untuk switch ke kamera depan. Sedangkan di bawahnya lagi atau pada panel menu terdapat tombol shortcut untuk mengakses galeri, tombol shutter, dan tombol untuk mengaktifkan mode perekaman video.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi 3X dengan Sensor Samsung

Kayaknya ada yang kelupaan… Itu ada ikon kecil di tengah belum disebut 😆 Ikon kecil yang ditengah itu adalah salah satu fitur spesial dari kamera Xiaomi Redmi Pro. Kita bisa mengatur aperture atau bukaan secara manual dari f/0.95 hingga f/5.6. Makin kecil angkanya, bokeh atau blur yang dihasilkan makin mantap… Sebaliknya, kalau kita set f/5.6, maka bokeh atau blur nggak terlalu terlihat.

Camera Redmi Pro

Mode yang disediakan kamera Xiaomi Redmi Pro ini sama seperti Redmi 3X, yakni  Panorama, Timer, Audio, Manual, Straighten, Beautify, HHT, dan Scene. Nah Mode manual di Redmi Pro ini agak kampret Sob 😆 Soalnya cuma nyediain parameter White Balance sama ISO doang… Udah bawa gelar Pro, mode manualnya masih kayak gitu 🙁

Sensornya bagus lho, udah Sony IMX258 kan sayang banget nggak dikasih opsi untuk mengatur shutter speed dan focus distance. Kamera Redmi Pro juga menyediakan beberapa filter atau color effect, antara lain Normal, Lomo, Color pop, Rustic, Icy, Vivid, Analog, Matte, Mono, B&W, Sketch, Spread, Squeeze, Stretch, Fisheye, Mozaic, Mirror, dan Tunel.

Xiaomi Redmi Pro Camera

Mode Beautify di kamera depan Xiaomi Redmi Pro ini lumayan keceh lho! Cocok banget buat sista-sista yang suka selfie everywhere dan everytime wkwkwk… Pasti semboyannya Selfie is Everything *langsung dimassa sama sista-sista 😆 Mode ini menyediakan opsi Slim yang cocok buat mengempiskan pipi tembem, Tone, dan juga Skin. Pokoknya lumayan buat permak wajah 😛

Kamera Redmi Pro juga menyediakan beberapa opsi dasar pengaturan foto, seperti image adjustment (Contrast, Saturation, Sharpness), Face detection, Anti banding, camera frame, kualitas gambar, gridlines, camera sound dan sebagainya. Pembaca Tuxlin Blog udah penasaran sama hasil jepretannnya?  Langsung saja lanjut ke halaman berikutnya Sob! Hasil foto Tuxlin resize ke 800 x 600 piksel biar gampang uploadnya. 😀 Lanjut ke halaman 2 Sob!

Anda mungkin suka:Hands On Xiaomi Round 2 Steel Gun Bluetooth Speaker

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro HDR

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro HDR
HDR Off
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro HDR
HDR On

Ketika Tuxlin Blog mengaktifkan mode HDR, tak hanya dynamic range saja yang meningkat signifikan, tetapi juga saturasi warna. Bisa dilihat warna foto pada mode HDR lebih punchy warnanya 🙂

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Siang Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro HDR Siang Hari
Sampel 1 Siang Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro HDR Siang Hari
Sampel 1 Siang Hari di-crop

Foto di atas menunjukkan bahwa detail yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi Redmi Pro cukup baik. Noise juga terlihat coy, tapi masih tergolong aman dan terkendali menurut Tuxlin Blog 🙂 Berikut hasil jepretan lainnya. (klik untuk memperbesar).

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Stereo Mode (Dual Camera)

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Stereo Mode (Dual Camera)
Stereo Off
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Stereo Mode (Dual Camera)
Stereo On

Jika mode stereo diaktifkan, bokeh yang dihasilkan sangat dramatis. Namun pada kondisi tertentu, bokeh yang dihasilkan terlihat kurang akurat. Kadang terlihat sekali bahwa bokeh yang dihasilkan adalah buatan atau rekayasa. Tapi bukan teori konspirasi lho 😆

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Stereo Mode (Dual Camera)
Stereo aperture f/0.95
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Stereo Mode (Dual Camera)
Stereo aperture f/1.4
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Stereo Mode (Dual Camera)
Stereo aperture f/5.6

Foto di atas menunjukkanm beberapa tingkat bokeh atau efek blur yang dihasilkan dengan menggunakan beberapa setting aperture yang tersedia di Xiaomi Redmi Pro.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Stereo Mode (Dual Camera)
Bokeh Selfie wkwkwkw

Kemampuan mode stereo Xiaomi Redmi Pro ini tergolong ampuh untuk foto selfie coy! Mayan buat yang low-budget, tapi pengen bokeh 😆 Cekidot hasil jepretan mode stereo lainnya.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL: Flagship Class

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Macro
Sampel 1 Macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Macro
Sampel 1 Macro di-crop

Secara umum, karakter kamera Xiaomi Redmi Pro ini mirip dengan Xiaomi Mi 4c menurut Tuxlin. Pada foto macro di atas, detail yang dihasilkan sudah sangat baik untuk kelas 13MP. Noise terbilang aman dan terkendali, bebas sweeping 😆 Berikut jepretan mcro lainnya.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Malam Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Malam Hari
Sampel 1 Malam Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Malam Hari
Sampel 1 Malam Hari di-crop
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Malam Hari
Malam hari dengan Mode Stereo

Berdasarkan hasil foto di atas, Tuxlin Blog melihat noise yang cukup tinggi dari kamera Xiaomi Redmi Pro ini. Hal tersebut ditambah dengan penurunan detail yang cukup signifikan. Berikut foto malam hari lainnya dari Xiaomi Redmi Pro.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Malam Hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pro Malam Hari dengan LED Flash
LED flash off vs LED flash on

Dual-tone LED flash yang diusung oleh smartphone Xiaomi Redmi Pro ini ternyata sangat terang menurut Tuxlin Blog 🙂 Berikut hasil jepretan dengan LED flash aktif.

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Pro

Kesimpulan dan analisa review kamera Xiaomi Redmi Pro ala Tuxlin Blog lanjut di halaman 3 ya Sob 😀

Anda mungkin suka:Harga & Spesifikasi Oppo A39, Sudah Tersedia di Indonesia

Review Kamera Xiaomi Redmi Pro

Review Kamera Xiaomi Redmi Pro

Kayak gimana sih kesimpulan review kamera Xiaomi Redmi Pro ini menurut Tuxlin Blog? Yah setelah pemakaian selama hampir sebulan ini sih kameranya bisa diandalkan kok. Terlepas dari kemampuan kameranya, Tuxlin Blog merasa keren nenteng Redmi Pro ini, soalnya kan ada dua kamera belakang yang gede dan mencolok gitu, wkwkwkw… Trus pada nanya, itu kameranya dua? Hasil fotonya keren yak? 😆

Inilah kamera yang sudah menemukan pasangan, berdua nangkring mesra di belakang Redmi Pro. Bandingkan saja dengan kamera kebanyakan smartphone yang masih jomblo atau nangkring sendirian di belakang, pasti ngenes kan? *mulai ngaco ini 😆

Tuxlin Blog menjajal kamera Xiaomi Redmi Pro pada siang hari dengan cahaya yang memadai. Hasil jepretannya tajam , cukup terang, dan warnanya mendekati akurat. Nggak cuma itu, detail yang dihasilkan juga terbilang oke untuk kamera 13MP. Nggak salah GSM Arena bilang performa single camera Redmi Pro ini very nice 😎 Mode HDR juga mampu meningkatkan dynamic range yang signifikan dan diiringi peningkatan saturasi warna, sehingga warna terlihat lebih punchy 🙂

Baca juga:Review Kamera Lenovo Vibe C A2020

Bagaimana dengan mode stereo aka dual camera di Redmi Pro? Mengandalkan duet sensor Sony dan Samsung yang ditandemkan dengan chip Imagix untuk proses penggambungan dua foto tersebut. Xiaomi sih bilangnya bokeh yang dihasilkan setara DSLR *ngakak dulu 😆 Kenyataannya, bokeh yang dihasilkan memang bagus banget, tapi kadang nggak akurat.

Hal ini terlihat kalau kita pakai mode stereo untuk memotret bunga atau daun yang memiliki detail agak rumit. Hasilnya bakal kelihatan banget kalau itu bokeh rekayasa atau buatan. Eh tapi kalau buat foto selfie, bagus lho, bokeh yang dihasilkan mendekati akurat! Cek aja contoh jepretannya di halaman sebelumnya 🙂 Kita bakal memahami karakter dual kamera ponsel ini dan bisa menggunakan dual kamera saat kondisi tepat agar hasilnya oke.

Kemampuan foto macro kamera Xiaomi Redmi Pro ini bisa disejajarkan dengan Xiaomi Mi 4c dan setingkat di bawah Asus Zenfone 3 ZE520KL yang selama ini Tuxlin Blog gunakan. Foto macro yang dihasilkan mantap dengan bokeh yang memuaskan (single camera). Warna yang dihasilkan juga mendekati akurat, detail yang memadai, dan noise yang relatif aman terkendali 🙂

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Nah saat malam hari, kamera Xiaomi Redmi Pro ini menunjukkan hasil yang standar di kelas menengah. Foto yang dihasilkan banyak noise dan detailnya merosot tajam. Yah wajarlah, namanya juga kamera smartphone 😆 Namun, warna yang dihasilkan masih cukup memuaskan, nggak ada tanda-tanda kusam atau pudar 😀 Mode stereo juga berjalan baik pada malam hari, meski muncul noise juga 😛 dual-tone LED flash Redmi Pro ini sangat terang dan jelas membantu banget pas malam hari.

Sedangkan performa kamera depan untuk foto selfie relatif standar dan sudah lebih dari cukup untuk sekadar foto selfie berjamaah atau wefie. Tuxlin mencoba wefie pada malam hari dengan cahay lampu yang memadai, hasilnya oke kok… detail dan warnanya bagus 🙂

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Pro 64GB di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Secara umum, kamera Xiaomi Redmi Pro ini bisa dikatakan mantap di kelas 2 – 3 jutaan. Foto yang dihasilkan relatif memuaskan dan bisa diandalkan saat malam hari. Dukungan dual camera dengan mode stereo menjadi daya tarik tersendiri bagi smartphone Xiaomi Redmi Pro ini. Sampai di sini dulu review kamera Xiaomi Redmi Pro oleh Tuxlin Blog, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka:Harga & Spesifikasi Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL, Sudah Tersedia di Indonesia


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

24 Replies to “Review Kamera Xiaomi Redmi Pro: Duet Sony & Samsung”

      1. mas saya punya redmi note 3 pro versi 2015112..software yg pas dimaukin yg mana yg gan,,sudah shampir semua software dicoba tetep gk mau jalan.

  1. Mowahahaha… mungkin seharusnya pakai 2 kamera dengan type & spek yang sama biar hasil bokeh dual kameranya ndak kelihatan maksa 😀

    Difoto keliatan banget bokehnya kayak kurang rapi selectionnya. But, dengan harga segitu menurut saya “oke juga” dapat hp yang bisa ngeblur2 kece :mrgreen:

    Oiya, sekalian mau tanya nih. Mode “ngeblur” dual kamera itu bisa pakai saat ngerekam video gak sih? Atau saya kelewatan baca tulisannya ya? #cmiiw

    1. Yah kalau sepknya sama, harga pasti beda om 😀 memang perlu optimasi lagi biar efek blurnya lebih halus 🙂

      Stereo mode bisa kok dijalankan di video 🙂

  2. Baru tau ternyata Tuxlin udah pernah ngulas Xiaomi Redmi Pro hehehehe… Itu pakai IMX258, kalau sama Xiaomi Mi 4c bagaimana? Pas single kamera maksdnya

  3. Lumayan juga bokeh efferct nya ya, cuma kurang akurat aja… Kira2 udah ada ROM globalnya belum ya gan?

  4. Gan… Punya web apdetan terbaru ttg redmi pro ga ? Kya aplikasi, rom, atau apa gituu.. trims..

Leave a Reply

Your email address will not be published.