Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja…

8 min read

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja...

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja… – Halo Pembaca! Di tengah dahsyatnya gempuran smartphone merk Tiongkok yang murah meriah tapi spek dan kualitas joss, masih ada beberapa merk lokal yang bertahan. Salah satu merk lokal yang masih bertahan di tengah persaingan yang berdarah-darah ini adalah Evercoss. Merk lokal yang dulunya mengusung nama Cross menunjukkan eksistensinya dengan kehadiran Evercoss Tera S6 dan M6. 😏 Kedua smartphone ini sama-sama membidik kelas entry-level dengan segmen yang berbeda.

Dulu zaman merk lokal masih berjaya, Tuxlin Blog masih menyempatkan review beberapa tipe dari Mito, Nexian, Advan, Genpro, dan juga Evercoss. Nah sekarang Tuxlin penasaran nih apakah smartphone merk lokal itu masih gitu-gitu aja kayak dulu? Guna mengobati rasa penasaran, Tuxlin Blog beli Evercoss Tera S6 yang menawarkan spesifikasi yang menggoda dengan harga 1 juta-an lebih dikit. Setelah pakai sekitar sebulan, Tuxlin paham kenapa merk lokal ini sulit bersaing hehehe… Apa sih alasannya? Ya sudah, mending simak Evercoss Tera S6 review oleh Tuxlin Blog kali ini! πŸ˜πŸ‘

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja...

Spesifikasi Evercoss Tera S6

  • Sistem Operasi Android 10 dengan Evercoss UI
  • Chipset Spreadtrum Unisoc SC9863A dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A55 yang terdiri dari quad-core 1,6GHz dan quad-core 1,2GHz
  • Grafis PowerVR GE8322
  • Quad camera belakang dengan kamera utama 13 megapiksel sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2, autofokus, LED flash + 2 megapiksel + 2 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel, fixed focus sensor BSI CMOS, aperture f/2.2, LED flash
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1600 x 720 piksels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, Face Unlock, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 141.40 x 66.3 x 9.2 mm dengan berat 140 gram
  • Baterai 4500mAh
  • Warna Blue

Anda dapat membeli atau cek promo + voucher Evercoss Tera S6 RAM 4GB ROM 32GB di Sini (Klik)

Paket Penjualan Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 1
  • Handset Evercoss Tera S6 warna Blue
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Silicon case
  • Manual dan kartu garansi

Desain Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 2

Sebagai smartphone murah meriah, sisi desain pun nggak bisa dijadikan keunggulan pada Evercoss Tera S6 review kali ini… Konsep desain Evercoss Tera S6 ini biasa aja, yakni mengusung layar dengan poni minimalis pada bagian atas layar dan bezel yag agak tebel pada bagian bawahnya. Tuxlin Blog nggak tahu Evercoss Tera S6 ini ada berapa warna, tetapi yang Tuxlin dapat adalah warna biru.

Casing belakangnya agak unik karena sedikit bergelombang pada bagian housing kamera. Selain itu, casing belakang pada Evercoss Tera S6 review ini menggunakan bahan plastik aka polikarbonat dengan finishing glossy yang dipercantik dengan glitter yang bling-bling gitu… Aneh sih, tapi ya soal selera itu sih. Bagusnya, casing belakang nggak terlalu licin dan warnanya yang gelap bikin baret nggak terlihat. πŸ€” Housing kamera Evercoss Tera S6 sekilas mengingatkan Tuxlin pada Realme 8, bedanya nggak timbul lingkaran lensanya. Ya nggak sih? πŸ˜…

Ukuran smartphone Evercoss Tera S6 ini lumayan besar dan tebal, tetapi masih enak digenggam. Mengingat seluruh bodi smartphone merk lokal ini terbuat dari bahan plastik alias polikarbonat, jadi sama sekali nggak berasa premium. Meski demikian, build quality Evercoss Tera S6 ini terbilang solid kok… Nggak ringkih gitu. Btw cuma tombol power dan volume rocker-nya aja yang berasa agak keras. Berikut desain lebih detail Evercoss Tera S6.

Baca juga:Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!

Nah pada Evercoss Tera S6 review kali ini sisi depan terdapat layar sentuh berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+ dengan poni minimalis di atasnya, serta udah terpasang screenguard. Sementara pada bagian belakang terdapat empat buah kamera, LED flash, dan logo Evercoss.

Sedangkan sisi kanan Evercoss Tera S6 terdapat volume rocker dan tombol power, serta tray triple slot pada sisi kirinya. Sedangkan pada sisi bawah ponsel Evercoss Tera S6 ini terdapat port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone.

Video Unboxing Evercoss Tera S6

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yaΒ di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 9

Sejak zaman dulu Tuxlin suka review smartphone merk lokal, sisi perangkat lunak alias software ini biasanya jadi kekurangannya. Kalau di Evercoss Tera S6 review ini gimana? Sama saja. Evercoss Tera S6 ini menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka yang mendekati Android stock. Selama uji pakai, smartphone merk lokal ini nggak ada update… Mungkin seumur hidupnya nggak bakalan ada update kali ya? πŸ˜…

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 10

Sentuhan antarmuka khas Android stock di Evercoss Tera S6 memang simpel, jadi mayan gampang dimengerti. Ada lockscreen, homescreen, dan juga app drawer. Menu kostumisasi yang ada di hape ini juga minim sob… Paling cuma bisa ganti wallpaper doang hehehe… Kalau bosen banget ya paling instal aplikasi launcher buatan pihak ketiga.😏 Aplikasi kayak message, dialpad, dan sebagainya juga bawaan Android semua… Bahkan aplikasi galeri pun pakai Google Photos, berasa pakai Android One *minus jaminan update tentunya 🀣

Baca juga:Merintis Bisnis Rumah Roti Bersama ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 11

Kalau ngomongin fitur, Evercoss Tera S6 ini ya standar banget kayak Android stock. Jadi fitur yang ada tuh cuma fitur bawaan Android 10 yang ditambahin dikitlah, yakni Β dark theme, eye comfort, smart motion, gesture smart access, digital wellbeing, parental control, gesture control, face unlock, screen capture, scheduled power on/off, dan sebagainya.Β πŸ€” Oiya, hape ini nggak ada fingerprint sensor, jadi pakai face unlock yang kelihatannya lebih keren… πŸ˜‹ Kinerjha face unlocknya ya apadanya dan sesuai dengan harganya.

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 12

Aplikasi bawaan pada Evercoss Tera S6 review kali ini juga nggak banyak dan beberapa bisa kalian hapus kalau nggak kepakai, yakni Google Apps, ECBook, UBox Universal, dan Toko1001 saja. Yah memang secara umum UI di smartphone murah meriah ini lumayan enak dipakai dan minim bug juga, tetapi kayak kurang berkesan gitu. Selain itu, nggak dapat update juga. Kayaknya sih Evercoss ini yang penting laku dulu, masalah user experience ya belakangan.πŸ€”

Performa Evercoss Tera S6

Performa Evercoss Tera S6

Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang menggunakan chipset dari MediaTek atau Qualcomm, Evercoss telah menempuh jalan ninjanya sendiri dengan menggunakan chipset Unisoc SC9863A yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A55 yang terdiri dari quad-core 1,6Ghz dan quad-core 1,2GHz. Kemampuan Unisoc SC9863A dalam memainkan game cukup standar dengan dukungan grafis dari Imagination PowerVR GE8322 dengan kecepatan 550MHz.

Sebenarnya Unisoc itu bukan pemain baru kok di pasar chipset smartphone dan udah ada sejak dulu dengan nama Spreadtrum. Dulu juga sering dipakai di smartphone murah juga hehehe… Kalau ngomongin soal teknologi, Unisoc SC9863A yang dipakai Evercoss Tera S6 ini udah ketinggalan banget karena masih pakai teknologi 28nm HPC+! Padahal chipset murah mainstream semacam Helio G35 udah pakai teknologi fabrikasi 12nm atau bahkan Exynos 850 udah pakai 8nm EUV πŸ˜…

Baca juga:Beli Samsung Galaxy A32 dan Oppo Reno 5 di E-Commerce, Dapat Barang Repack! Aman Nggak?

Mengandalkan prosesor dengan arsitektur ARM Cortex-A55 octa-core (bukanb big.LITTLE) bikin performanya pas-pasan gaes… Yah kalau dilihat dari hasil benchmark, kinerja Unisoc SC9863A ini setara dengan chipset lawas Snapdragon 450 atau mungkin MediaTek Helio P22. Selama proses Evercoss Tera S6 review, performa yang ditawarkan relatif memadai kok buat komunikasi sehari-hari. Ya memang nggak terlalu responsif buat pindah-pindah aplikasi atau multitasking, meski RAM nya udah 4GB.

Kalau buat kebutuhan gaming gimana? Yah Evercoss Tera S6 ini masih mampu kok buat mainin game-game kasual kayak Free Fire, Mobile Legends, dan sebagainya. Kalau Genshin Impact bisa nggak? Bisa banget… Bisa menimbulkan emosi hahahaa… πŸ˜‚ Berikut hasil benchmark smartphone Evercoss Tera S6 oleh Tuxlin Blog!

Device Info HW Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 13

Benchmark AnTuTu v8 Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 14

Benchmark Geekbench 5 Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 15

Benchmark PCMark Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 16

Benchmark 3DMark Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 17

Benchmark Basemark OS II Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 18

Baca juga:Perdana Nyobain IEM Hi-Res Audio Philips Fidelio TX2, Sejernih Apa?

Benchmark Androbench Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 19

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 20

Review Kamera Evercoss Tera S6

Review Kamera Evercoss Tera S6

Mengikuti tren yang berkembang saat ini, Evercoss Tera S6 ini dibekali dengan empat buah kamera belakang! Yah ini termasuk banyak untuk sebuah smartphone dengan harga 1 juta-an. Biasanya kalau harga segini cuma dapat satu atau dua kamera doang, tapi Evercoss Tera S6 ini kasih 4 lho! πŸ˜ŽπŸ‘

Btw keempat kamera belakang Evercoss Tera S6 ini fungsinya apaan? Nah ini juga yang Tuxlin Blog nggak tahu hahahaha… Nggak ada informasi yang jelas apa aja fungsi dan fiturnya. Jangan-jangan cuma pajangan lagi… πŸ€¦β€β™‚οΈ Kamera utama Evercoss Tera S6 ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor berukuran 1/3 inci 1.12um piksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.2 yang dibekali dengan kemampuan autofokus.

Sedangkan kamera kedua, ketiga, dan keempat dari Evercoss Tera S6 ini nggak tahu apa fungsinya dan berapa resolusinya. Lha ini salah satu alesan kenapa merk lokal nggak maju-maju, kebanyakan gimmik doang… πŸ€¦β€β™‚οΈ Daripada kasih empat kamera belakang dengan fungsi yang nggak jelas, mending kasih satu kamera dengan sensor yang lebih gede dan optimasi yang lebih matang. πŸ€” Sedangkan kamera depannya berkekuatan 8 megapiksel fixed focus, cukuplah ya buat selfie atau sekolah daring.

Baca juga:Realme C15 Review: Baterai 6000mAh Buat Apa?

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 21

Aplikasi kamera bawaan Evercoss Tera S6 ini lumayan simpel tampilan antarmukanya, mudah dimengerti. Ada beberapa mode yang disediakan, yakni Auto, Manual, Burst, Panorama, Audio Note, Filter, QR Code, Night Shot, dan Blur. Mode manualnya gimana? Yah kayak kamu sama gebetanmu itu, jangan ngarep… 🀣 Mode manualnya basic banget, nggak ada pengatruran fokus dan shutter speed.

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 22

Aplikasi kamera Evercoss Tera S6 ini juga nyediain aneka filter bawaan dan juga fitur beautify yang bisa disesuaikan parameternya. Canggihnya lagi, ada mode Night lho di Evercoss Tera S6… Tapi nggak guna sih, soalnya hasil jepretan mode night-nya nggak jauh beda dengan mode auto. *gimmick maning 🀣

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 23

Memang banyak vendor smartphone yang menawarkan aneka macam fitur gimmik di smartphone besutannya, tapi ya nggak gini juga ya… Masak empat kamera belakang, pas di cek di aplikasi kameranya nggak ada fitur yang mengarah pada pemanfaatan ketiga kamera sekunder itu. πŸ€¦β€β™‚οΈ Hasil jepretan kamera Evercoss Tera S6 juga nggak istimewa, yah seperti yang biasa kita temui di smartphone merk lokal yang gitu-gitu aja… Cekidot deh sampel foto hasil jepretan kamera Evercoss Tera S6 oleh Tuxlin Blog di bawah ini.

Hasil Foto Kamera Evercoss Tera S6 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Evercoss Tera S6 Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Evercoss Tera S6 Macro

Baca juga:Review Poco X3 NFC: Beneran Mid Range Killer?

Hasil Foto Kamera Evercoss Tera S6 Malam Hari

Hasil Foto Kamera Evercoss Tera S6 Malam Hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Evercoss Tera S6

Udah lihat kan hasil jepretan kamera Evercoss Tera S6 di atas? Quad camera emang kece wkwkwkw… 🀣🀣🀣 Kalau ngomongin kualitas foito saat siang hari, yah lumayan gitu aja sih. Hasilnya nggak terlalu jelek untuk sebuah smartphone dengan harga 1 juta lebih dikit karena mampu menampilkan saturasi dan tingkat detail yang memadai. Cuma dynamic range emang payah banget ya, sering tuh langit cuma putih doang (overexposed) dan bayangan terlihat lebih gelap dari aslinya. Meski demikian, masih pantes kok dibagikan di sosial media.

Sedangkan mode portrait yang dihasilkan kamera Evercoss Tera S6 ini kok berasa dagelan yak… Bokehnya nggak jelas gitu, berasa cuma pakai filter yang bikin keseluruhan foto jadi soft. Saturasi warnanya jadi agak aneh juga. πŸ€¦β€β™‚οΈ Ya untungnya sih kemampuan autofokus kamera Evercoss Tera S6 ini masih bisa diandalkan buat foto macro yang berkelas menurut Tuxlin Blog.

Baca juga:Haylou T19 Review, Headset TWS Jernih yang Dukung aptX

Kalau kebanyakan smartphone mainstream dengan harga di bawah 3 juta dianggap kurang kompeten buat pepotoan pas malam hari, lalu Evercoss Tera S6 ini kayak gimana? Ini yang paling memprihatinkan hehehe… Foto malam harinya sangat gelap banget, nggak detail, dan noise-nya ampun-ampunan… Belum lagi kalau kena sumber cahaya, wah efeknya bisa meluber kemana-mana… Dan muncul semacam lens flare warna pink yang mengganggu kalau kita motret sumber cahaya. Ambyar pokoknya… πŸ€¦β€β™‚οΈ Hah, mode night? Pajangan doang itu, nggak ngaruh ehehehe… 🀣

Cuma kamera depan Evercoss Tera S6 yang cuma 8 megapiksel ini yang bisa dimaafkan kualitasnya. Foto selfie yang dihasilkan paling bener dah… Detailnya bagus, nggak terlalu soft untuk kamera depan. Saturasi warnanya agak punchy dikit, tapi masih oke. Kamera depan Evercoss Tera S6 juga menyediakan mode portrait yang hasilnya sama dagelannya dengan kamera belakang. 🀣🀣🀣

Evercoss Tera S6 Review

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 61

Layar

Sebagai smartphone yang dijual dengan harga terjangkau, Tuxlin memaklumi Evercoss Tera S6 ini yang dibekali layar resolusi HD+ saja dengan ukuran yang cukup gede, yakni 6,6 inci. Layarnya mampu menampilkan saturasi warna yang oke dan lumayan tajam kok… Masalahnya adalah adaptive brightness-nya itu suka ngaco. Di tempat gelap, layarnya berasa terang banget bikin mata silau. Giliran di luar ruangan malah nggak kelihatan πŸ€¦β€β™‚οΈ Masalah respon touchscreen sih lumayan, tapi nggak terlalu responsif juga.

Audio

Kualitas loudspeaker Evercoss Tera S6 ini nbggak terlalu jernih dan volumenya memang lumayan kenceng. jadi kalau dengerin musik atau streaming YouTube di hape lokal ini volumenya jangan dimaksimalin, karena bakalan agak pecah. Kalau dengerin musik pakai headset di Evercoss Tera S6 sih lumayan enak dan enjoyable.

Memori

Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu Aja... 62

Pada Evercoss Tera S6 review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 25,12GB. Sedangkan free RAM ponsel besutan merk lokal ini rata-rata 1,5 – 1,7GB. Ponsel ini mendukung USB OTG melalui port microUSB, dan masih dilengkapi slot microSD.

Baca juga:Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail!

Baterai

Evercoss Tera S6 dibekali baterai berkapasitas lumayan gede, yakni 4500mAh dan nggak ada fitur fast charge atau sejenisnya. Awalnya sih Tuxlin Blog kira daya tahan baterainya bakalan mantap surantap karena kapasitasnya yang gede, eh ternyata biasa saja. selama proses pengujian, Evercoss Tera S6 jarang mampu bertahan hingga seharian lho buat sosial media sama komunikasi sehari-hari. Udah gitu ngecharge-nya butuh waktu 2 jam lebih untuk penuh. πŸ˜… Mungkin gegara pakai chipset yang masih 28nm yang konsumsi dayanya nggak seefisien chipset yang lebih canggih seperti 12nm atau 8nm.

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Evercoss Tera S6 ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga terbilang agak lambat sih, meski lumayan akurat. Performa face unlock-nya standar aja sih, namanya juga smartphone murah meriyah… 😏

Kesimpulan

Secara umum, Evercoss Tera S6 adalah sebuah smartphone murah yang memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Nggak banyak sih yang bisa diunggulkan dari smartphone lokal yang cuma gitu-gitu doang dan nggak ada perkembangan signifikan. Andai brand lokal ini mau memikirkan user experience, dukungan update, optimasi, dll mungkin bisa bersaing sama brand Tiongkok. Ya itu juga butuh modal, sih. πŸ˜…

Kelebihan Evercoss Tera S6

  • Harga murah
  • Performa oke buat komunikasi sehari-hari
  • RAM besar, enak buat jalanin banyak aplikasi sekaligus

Kekurangan Evercoss Tera S6

  • Kamera cuma gimmik
  • Brightness layar suka ngaco
  • Nggak ada dukungan update

Anda mungkin suka:Poco M3 Review: Smartphone 1 Juta-an yang Nyaris Sempurna…!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

4 Replies to “Evercoss Tera S6 Review: Smartphone Merk Lokal yang Gitu-Gitu…”

  1. Wah aku sih belum pernah coba pakai merk lokal hihihi… Awal2 pakai android ya Samsung. Kayak nggak yakin mau beli merk lokal hehhe

  2. Lho dulu Evercoss ini udah mulai oke lho pas pegang Luna sama Genpro… apalagi Luna UI nya kece, cuma ya nggak ada dukungan update itu πŸ˜…

    1. Luna sebenernya saya udah pernah nyoba, Luna X Prime. UI dan build quality udah bagus sebenernya, tapi nggak ada dukungan update πŸ€¦β€β™‚οΈ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *