Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama

6 min read

Realme C25 Review

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama – Halo Pembaca! Malam minggu begini pada uwu-uwuan bareng pacar atau gebetan nggak nih? Kalau Tuxlin Blog cukup di rumah saja sambil bikin artikel Realme C25 review hehehe… Maklum, udah bukan anak muda lagi. Padahal pas masih mudah duku kalau malem minggu nggak kemana-mana juga, malah ngblog di Tuxlin juga hahahaha… 🤣😅 Oke, jadi Tuxlin Blog dapat pinjaman unit Realme C25 dari Laptophia untuk diulas secara mendalam. Smartphone ini bisa dikatakan sebagai penerus dari Realme C15 dengan beberapa peningkatan yang signifikan, terutama soal performa.

Kalau dulu Realme C15 pakai chipset ‘kentang’ Mediatek Helio G35 dan penonton langsung kecewa… 🤦‍♂️ Nah di Realme C25 review kali ini, chipsetnya balik lagi pakai Helio G70 dan performanya jelas bersaing dengan kompetitornya. Nggak cuma itu, smartphone ini juga mengunggulkan build quality yang solid dan kuat karena udah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland High Reliability! Jadi kalian yang suka nggak sengaja jatohin hape, pakai Realme C25 aja dijamijn bakalan kuat… Udah gitu smartphone harga 2 jutaan ini juga diperkuat dengan baterai 6000mAh, kece kan? Nah berikut ini Realme C25 review oleh Tuxlin Blog!

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama

Spesifikasi Realme C25

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI 2.0
  • Chipset MediaTek Helio G70 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,7GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2
  • Tiga kamera belakang, kamera utama 48 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL GM1 1/2 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (dedicated macro) + 2 megapiksel dengan sensor B/W 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (B/W retro)
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI 1/4 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 6,5 inci 2.5D Mini-Drop dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), 60Hz refresh rate, 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 4GB LPDDR4x, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD (dedicated)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (back mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6mm dengan berat 209gram
  • Baterai 6000mAh non-removable, fast charging 18W
  • Warna Water Blue dan Water Grey

Anda dapat membeli Realme C25 dengan harga lebih murah di Sini (Klik)

Paket Penjualan Realme C25

Paket Penjualan Realme C25
  • Handset Realme C25 4GB/64GB warna Water Blue
  • Charger 18W
  • Kabel USB Type-C
  • Softcase silicon
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Realme C25

Desain Realme C25

Desain atau tampang Realme C25 ini biasa aja dan cenderung agak ngebosenin menurut Tuxlin. Konsep desain smartphone ini masih sama dengan Realme C15, hanya saja desain casiing belakangnya yang agak berbeda. Jadi Realme C25 ini tampil dengan layar berponi minimalis alias water-drop design dengan bezel yang lumayan tipis. Sayangnya, bezel bawah alias dagunya lumayan tebel. Sementara casing belakangnya terdapat tiga buah kamera dengan susunan matrix atau dadu.

Nah yang bikin beda dengan Realme C15 adalah desain casing belakangnya. Realme menyebur casing belakang smartphone Realme C25 ini dengan gaya Geometric Art Design. Jadi casing belakangnya itu seolah dibagi menjadi dua bagian dengan tekstur yang berbeda. Sementara bagian kiri terdapat logo Realme yang berukuran besar dengan warna senada dengan casingnya. Btw casing bertekstur di smartphone ini bikin mantap menggenggamnya gaes… Nggak licin.

Soal build quality, Realme C25 ini seharusnya udah nggak perlu diragukan durabilitasnya lagi karena udah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland High Reliability. Untuk mendapatkan sertifikat itu, Realme C25 harus melalui pengujian ketat meliputi 10 skenario jatuh, 7 skenario lingkungan ekstrem, dan 6 komponen uji reliabilitas. Seluruh bodinya memang terbuat dari bahan plastik alias polikarbonat, jadi nggak berasa premium dan juga nggak berasa murahan. Berikut tampang lebih dekat Realme C25.

Baca juga:Choetech PD6008 100W Review, Charger Berteknologi Gallium Nitride (GaN)

Pada Realme C25 review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Layar smartphone kekinian Realme C15 sudah berkontur 2.5D dan udah terlindungi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik.

Tombol power dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C25 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas tidak terdapat tombol atau port apapun. Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C25 ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun dadu, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Realme. Realme menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme C25

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Realme C25

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 6

Pada Realme C25 review kali ini, sistem operasi yang digunakan adalah Android 11 dan sudah menggunakan antarmuka Realme UI 2.0. Sejauh ini sih Realme secara berkala ngasih update, entah berupa bugfix atau update security patch Android. Sejauh ini, Tuxlin Blog belum tahu apakah Realme C25 bakal dapat upgrade ke Android 12 di masa mendatang atau tidak. 🤔

Baca juga:Poco M3 Pro 5G Review, Smartphone 5G Terjangkau Bertenaga Dimensity 700

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 7

Realme UI yang diusung oleh Realme C25 menawarkan tampilan antarmuka yang enak dipandang, rapi, dan kostumisasi yang disediakan lengkap banget sob. Kita bisa atur semua item yang berkaitan soal tampilan melalui menu Settings > Personalization. Kalian bisa ganti Themes, Wallpaper, Icon Styles, App Layout, Colors, Font, dan juga notification drawer sesuai selera. 👍

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 8

Nggak cuma tampilannya aja yang bisa diatur sesuai selera, Realme UI ini juga menawarkan fitur yang lengkap lho menurut Tuxlin Blog. Beberapa fitur andalannya antara lain adalah Eye Care, Dark Mode, screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Split Screen, Smart Assistant, Game Space, App Cloner, dan banyak lagi. Kece kan? 😎

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 9

Aplikasi bawaan pada Realme C25 review ini cukup banyak, yakni Google Apps, Agoda, Baca Plus, App Market, iQiYi, JnT, TikTok, WPS Office, ORoaming, Facebook, HeyFun, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini dapat dihapus jika tidak dibutuhkan. Merasa nggak butuh dengan beberapa aplikasi bawaan ini? Sebagian bisa di-uninstal kok biar ruang simpannya bisa lebih lega…

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 10

Secara umum, Realme UI 2,0 yang digunakan oleh smartphone Realme C25 inii menawarkan performa yang ringan, gegas, dan fitur yang terbilang lengkap. Tuxlin nggak banyak komplain sih, soalnya nggak kelihatan ada iklan yag mengganggu. Nah yang sebenarnya mengganggu iitu adalah munculnya notifikasi spam dari aplikasi bawaan seperti Themes, App Market, dan sebagainya.

Baca juga:Infinix Hot 10s Review: Cocok untuk Penggemar Mobile Legends!

Performa Realme C25

Performa Realme C25

Soal performa, Realme kayaknya udah tobat dari chipset MediaTek Helio G35 seperti yang mereka terapkan di seri Realme C15. Nah di Realme C25 review kali ini udah kembali ke jalan yang benar pakai Helio G70 yang dulunya pernah digunakan di Realme C3. Jadi MediaTek Helio G70 ini mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) ARM Mali-G52 2EEMC2. 👍👍👍

Penggunaan chipset Helio G70 ini berasa banget perbedaannya dari Helio G35 untuk penggunaan sehari-hari. Buka tutup aplikasi, pindah-pindah menu, dan menjelajah fitur smartphone Realme C25 berasa gegas dan responsif. Tuxlin coba jalanin banyak aplikasi sekaligus juga nggak berasa ada penurunan performa yang signifikan. Thanks to 4GB of RAM 😁👍

Sebelumya Realme ini pernah pakai Helio G70 di seri C3 dan kemudian malah pindah ke Helio G35 di seri C berikutnya… Tuxlin nggak habis pikir, kok bisa ya Realme malah downgrade chipset di saat persaingan smartphone lagi ketat-ketatnya… Apalagi di kelas harga yang hampir sama ada saingan kuat kayak Galaxy M12, Redmi 9T, dan Poco M3. Setidaknya penggunaan Helio G70 di Realme C25 review kali ini nggak malu-maluin deh kalau musti berhadapan dengan pesaingnya itu… Apalagi sekarang udah keluar Realme C25s yang lebih kenceng lagi pakai Helio G85.

MediaTek Helio G70 di Realme C25 ini juga disematkan fitur  HyperEngine yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman gaming mobile melalui kualitas gambar yang menakjubkan, gerakan yang smooth di dunia online, dan koneksi jaringan tercepat dan paling andal. Pas main game gimana? Kalau buat game-game kayak Call of Duty Mobile, PUBG Mobile atau Mobile Legends sih enak… Kalau Genshin Impact ya agak ngos-ngosan meski udah pakai setting Lowest. 😅 Oiya, berikut hasil benchmark Realme C25.

Baca juga:Oppo Reno 5 Review: Paket Komplet dalam Bodi Tipis dan Ringkas

Device Info HW

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 11

Benchmark AnTuTu v9

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 12

Benchmark Geekbench 5

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 13

Benchmark PCMark

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 14

Benchmark 3DMark

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 15

Benchmark Basemark OS II

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 16

Benchmark Androbench

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 17

Sensorbox for Android dan Multitouch Tester

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 18

Realme C25 Review

Realme C25 Review

Layar

Btw kualitas layar smartphone Realme C25 ini emang nggak istimewa dan relatif standar untuk smartphone dengan harga 2 jutaan menurut Tuxlin Blog. Ini bisa dimaklumi sih soalnya ukurannya kan gede tuh, yakni 6,5 inci, tapi resolusinya cuma HD+ 😅 Untungnya sih layar Realme C25 bisa menampilkan warna yang memuaskan, meski kurang tajam atau padat.

Respon touchscreen Realme C25 ini lumayan gegas kok untuk kebutuhan sehari-hari seperti sosmed, ngetik teks, dan sekadar browsing. Eh tapi kalau buat ngegame yang butuh perpindahan sentuhan yang ngebut, ya berasa kurang gegas sih… hehehe… Viewing angle luas, tapi kalau pas dilihat di bawah sinar matahari, brightness-nya kurang terang dikit… 

Baca juga:Vivo V20 2021 Review: Cantik, Ringkas dan Cocok untuk Selfie

Audio

Loudspeaker bawaan Realme C25 ini lumayan keras suaranya, tapi kualitasnya sih biasa aja nggak ada yang sitimewa untuk harga segini. Seperti kebanyakan hape kelas entry-level dan menengah, suara speakernya didominasi mid dan treble, serta bass-nya kurang bertenaga. Kalau pakai headset Senfer DT6 Pro yang jadi andalan Tuxlin, suara Realme C25 ini lumayan memuaskan dengan karakter suara yang lebih balance.

Memori

Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama 19

Pada Realme C25 review kali ini yang mengunggulkan bodi yang tangguh dengan baterai besardi kelasnya, memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 46,5GB. Sedangkan free RAM ponsel dengan kamera andal besutan vendor asal Tiongkok ini rata-rata 2GB – 2,1GB. Ponsel ini juga udah mendukung USB OTG.

Baterai

Keunggulan utama dari Realme C25 review kali ini sebenarnya ada pada sektor baterai yang awet banget karena dibekali baterai berkapasitas 6000mAh! Selama proses review yang berlangsung sekitar dua minggu, rata-rata baterai Realme C25 ini bisa bertahan hingga 1 hari dengan pola penggunaan sosial media intensif, kamera, streaming video, dan juga komunikasi standar, non gaming.

Screen on Time yang Tuxlin dapat saat mengulas Realme C25 ini juga rata-rata lebih dari 8 jam, kece kan? 😎👍 Sayangnya nih, fast charge yang diusungnya cuma 18W, terlalu kecil untuk smartphone dengan baterai 6000mAh. Benar saja, proses charging butuh waktu 2,5 jam lebih untuk penuh. 😅

Lain-Lain

Konektivitas yang diusung oleh Realme C25 ini terbilang lengkap dan semuanya dapat berfungsi dengan baik. Lock GPS terbilang gegas dan akurat. Sedangkan sensor sidik jarinya lumayan sensitif dan enak digunakan.

Kesimpulan

Secara umum, Realme C25 merupakan sebuah smartphone yang menawarkan bodi tangguh dan durabel dengan sertifikat TÜV Rheinland High Reliability, kinerja tinggi dengan Helio G70 dan baterai berkapasitas besar. Nah buat kalian yang sering jatohin hape, mungkin cocok pakai hape ini, soalnya udah teruji hehehe… Tapi ya jangan main banting aja 😁👍

Baca review kamera Realme C25 di sini: Review Kamera Realme C25 Berkekuatan 48 Megapiksel

Kelebihan Realme C25

  • Daya tahan baterai awet banget
  • Bodi tangguh dengan TÜV Rheinland High Reliability
  • Performa kencang

Kekurangan Realme C25

  • Ngecharge-nya lama
  • Resolusi layarnya belum HD+
  • Nggak bisa rekam video 4K, mentok di Full HD

Anda mungkin suka:Nostalgia Game Klasik Penghilang Stres di Plays.org


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

2 Replies to “Realme C25 Review: Bodi Kuat, Baterai Tahan lama”

Leave a Reply

Your email address will not be published.